Home news Jenis Rumput Pakan Ternak yang Bagus

Jenis Rumput Pakan Ternak yang Bagus

69
0
jenis rumput pakan ternak

Jenis Rumput Pakan Ternak-Rumput adalah sumber nutrisi hewan yang banyak digunakan. Pakan ternak berupa rumput biasanya berasal dari rumput liar di sepanjang tepian sungai, hutan, dan sawah.

diperkirakan ada sekitar 10.000 jenis rumput di dunia. Kisaran biomassa yang dihasilkan dengan jumlah tersebut sangat beragam, begitu juga dengan nilai gizinya.

Rumput merupakan makanan pokok ruminansia seperti sapi, kambing dan domba. menggunakan kandungan serat kasarnya, rumput memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan serta fungsi rumen.

Adanya serat dalam pakan (selulosa dan hemiselulosa) merupakan sumber energi bagi mikroba rumen. Selain itu, mineral dan protein (terutama dari kacang-kacangan) merupakan sumber nitrogen untuk bakteri dan produk protein.

Oleh karena itu, keberhasilan usaha ternak sapi, kambing dan domba sangat tergantung pada ketersediaan pakan ternak. Nutrisi yang cukup dan nutrisi yang baik diperlukan untuk mencapai produktivitas ternak yang tinggi.

tanaman hijauan juga bisa digolongkan menjadi asal serat kasar, sumber tenaga, dan sumber protein. Serat dan sumber energi diklasifikasikan sebagai rumput (keluarga Graminae), seperti rumput liar, rumput gajah, rumput kerajaan, daun jagung, dll.

Sumber protein antara lain kacang-kacangan (famili Leguminosae) seperti Gamal (Glirisidae), indigofera, turi, lamtoro, stil, daun kacang, dll.

Pada komponen pakan ternak ruminansia, pakan selalu mendapatkan dosis tertinggi yaitu 60-100 persen. Di antara semua jenis hijauan, ada yang mengandung banyak unsur hara, mudah tumbuh dan memiliki biomassa yang tinggi.

Jenis Rumput Pakan Ternak

jenis rumput pakan ternak

1. Gamal (Glirisidae)

Gamal atau Glirisidae juga biasa disebut dadap. Gamal sering digunakan sebagai tiang panjatan dan peneduh tanaman lada, karena tanamannya berupa pohon.

Namun, tidak banyak yang diketahui penggunaannya sebagai sumber makanan berprotein. Kandungan protein kasar gamalehti bervariasi antara 18-2%. Gamal tidak dianjurkan dalam jumlah banyak karena rendah serat kasar dan dapat menyebabkan kembung.

Gamal dapat diberikan sebagai ransum daging sapi dengan komposisi maksimal 10 persen. Itu dapat diperbanyak dengan biji dan stek. Gamal mudah tumbuh dan cocok untuk daerah tropis.

2. Indigofera (Indigofera sp.)

Indigofera termasuk dalam kelompok sayuran. Saat ini Indigofera sp telah dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak ruminansia, termasuk kambing.Legum ini memiliki produktivitas yang tinggi dan kandungan nutrisi yang baik, terutama kandungan protein yang tinggi.

Nilai gizi tepung daun indigofera adalah protein kasar 27,97 persen, serat kasar 15,25 persen, Ca 0,22 persen dan P 0,18 persen. Sumber proteinnya adalah Indigofera sp. mengandung pigmen yang cukup seperti xantofil dan karotenoid. Kambing dan sapi sangat menyukai persembahan nila.

3. Rumput raja atau king grass (Pennisetum purpureophoides)

Rumput perbatasan merupakan tumbuhan tahunan yang membentuk rumpun, beradaptasi dengan baik di daerah tropis, tumbuh baik di tanah yang tidak terlalu basah. Fenugreek merupakan sumber serat kasar, mengandung 32,6 persen.
Selain itu, protein kasar cukup tinggi yaitu 15,67 persen.

Rumput kerajaan dapat diperbanyak dengan stek. Rumput raja memiliki lebih banyak cabang daripada rumput gajah, dengan jumlah pelepah bervariasi antara 15 dan 25 batang.

4. Rumput gajah (Pennisetum purpureum)

Rumput gajah adalah rumput tropis yang beradaptasi dengan baik dengan kondisi lingkungan yang berbeda dan toleran terhadap kekeringan dan terlindung. Ramuan itu produktif, enak dan cepat tumbuh.

Penanaman dengan stek, dapat dipanen 60 hari setelah tanam (HST). Panen berikutnya setiap 40 hari.Tumbuhan dapat mencapai ketinggian 8-4,5 meter. Gading adalah sumber serat mentah dan energi.

Ini memiliki kandungan serat kasar 34,2 persen dan kandungan protein 10,2 persen. Di Indonesia, produksi segar rumput gajah Hawaii mencapai 277 ton per hektar per tahun atau 36 ton per hektar per tahun dalam bahan kering.

5. Rumput gajah odot atau gajah dwarf (Pennisetum purpureum cv. Mott)

Rumput gajah kerdil adalah salah satu rumput tertinggi asli Filipina. Produksi ramuan ini cukup tinggi. Selain itu rumput ini menghasilkan anakan yang banyak, memiliki akar yang kuat bukan batang yang keras, ruas daun yang banyak dan struktur daun yang masih muda sehingga menjadi favorit ternak.

Meskipun rumput ini lebih pendek yaitu 1-1,5 meter, namun semaknya lebih banyak yaitu 20-30 batang atau tandan.

Nah itu dia jenis jenis rumput yang bagus dan berkualitas jika kamu membutuhkan mesin pencacah rumput multifungsi kunjungi saja rumahmesin.com