Home Uncategorized Jenis-Jenis Bunga yang Cocok Ditanam Di Halaman Rumah Untuk Mempercantik Rumah Kamu!

Jenis-Jenis Bunga yang Cocok Ditanam Di Halaman Rumah Untuk Mempercantik Rumah Kamu!

85
0

Hampir semua orang menyukai tanaman hias meskipun dari segi harga tanaman hias cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Tanaman ini bisa membuat bangunan, taman, kolam bahkan dekorasi suatu tempat menjadi lebih indah.

Semua tanaman hias bisa dikatakan memiliki keunikan tersendiri mulai dari bunga, daun, batang, bahkan pepagannya. Tak sekedar indah beberapa jenis tanaman hias juga diketahui mampu mengeluarkan aroma segar untuk mengharumkan ruangan.

Di bawah ini ada 12 jenis bunga hias untuk mempercantik halaman rumah telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1. Bunga Mawar

Tanaman mawar bisa dibilang merupakan jenis tumbuhan golongan tinggi karena memiliki biji tertutup. Tumbuhan dikotil ini memiliki batang yang bertekstur kayu dan berakar tunggang yang bisa membesar karena memiliki cambium.

Kamu bisa memilih bunga mawar sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan. Selain indah tanaman ini juga memiliki lebih dari 100 spesies, bunga mawar memiliki nama latin Rosa sp dari genus Rosaceae. Kamu bisa juga mendapatkan di toko bunga Jakarta.

2. Bunga Bogenville

Bunga bogenville merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling sering kita jumpai entah di pekarangan rumah keluarga atau teman, di taman kota maupun di pinggir jalan. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Antonio De Bougainville yang merupakan seorang pelaut berkebangsaan Peransi di Brasil pada tahun 1769-1776.

Dalam masyarakat Indonesia bunga ini kerap dikenal dengan sebutan bunga kertas. Hal itu tentu tak lepas dari kelopak bunga bougenville yang cenderung tipis dan menyerupai kertas. Selain cantik bunga ini juga bermanfaat untuk menyerap polusi jalan dan kebisingan.

3. Bunga Anggrek

Dari sekian banyak tanaman hias bunga anggrek tetap memiliki daya tarik yang kuat di mata para pencinta tanaman hias. Kerap dipilih untuk mempercantik pekarangan rumah ternyata harga bunga anggrek relatif mahal. Hal itu sebanding dengan bentuk bunga anggrek yang memang sangat cantik dan unik.

4. Bunga Sepatu

Bunga sepatu termasuk dalam keluarga Malvaceae, mudah di temukan karena biasanya sering dijadikan tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. Bunga yang indah dengan warna yang mencolok ini bisa memberi kesegaran mata saat memandangnya.

Selain indah bunga ini juga memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menyembuhkan sakit kepala, bronkitis, dan gondokan. Tak heran bila sekarang manfaat daun sepatu bisa ditemui secara instan di pasaran dalam bentuk rajangan teh yang terbuat dari bunga sepatu.

5. Bunga Geranium

Memiliki ciri khas kelopak yang saling bertumpuk membuat bunga geranium amat sangat cantik. Biasanya bunga ini hadir dalam beragam warna mulai dari putih, merah muda, dan ungu.

Tanaman geranium ini bisa tumbuh sekitar 20 cm hingga 40 cm jika di tanam dalam pot tanaman. Namun jika dibiarkan tumbuh liar di pekarangan rumah tingginya bisa mencapai empat meter. Selain cantik bunga geranium juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

6. Bunga Teratai
Kalau kamu memiliki kolam ikan di pekarangan rumah memilih bunga teratai sebagai tanaman hias adalah suatu pilihan yang tepat. Mengingat bunga teratai merupakan salah satu jenis bunga yang unik karena bunga itu hidup di atas permukaan air.

Selain unik teratai memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti menjaga kesehatan kulit. Pasalnya teratai memiliki kandungan antioksidan dan vitamin A yang baik untuk kulit.

7. Bunga Lotus
Bunga lotus bisa jadi salah satu alternatif tanaman hias bagi kamu yang menyukai keindahan. Bunga lotus kerap dikenal dengan nama bunga seroja dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera geratn yang berasal dari wilayah India.

8. Lili Paris (Chlorophytum Comosum)
Lili paris memiliki kumpulan daun mirip rumput yang melengkung, namanya berasal dari tunas tanaman yang terbentuk pada batangnya yang menggantung. Selain mudah di tanam lili paris juga merupakan jenis tanaman rumah yang paling mudah beradaptasi.

Bagi kamu yang ingin mempercantik pekerangan rumah dengan tanaman hias, namun tidak ingin kerepotan dengan perawatannya maka pililah tanaman lili paris karena bisa tumbuh dengan baik tanpa membutuhkan sinar matahari yang perlimpah.

9. Bunga Kemuning

Salah satu tanaman hias yang memiliki bau wangi yang tajam adalah bunga kemuning, semakin malam baunya akan semakin tajam. Selain untuk menghiasi pekarangan rumah, kerap kali dipakai untuk dekorasi dalam acara perkawinan.

Tumbuhan tropis ini sangat terkenal dalam beberapa cerita legenda atau dongeng di Indonesia seperti legenda rakyat Riau, Asal Usul Bunga Kemuning. Saking terkenalnya kemuning tanaman ini juga ditanam di halaman Rumah Gadang di Minangkabau.

10. Bunga lili
Bunga lili merupakan bunga musim panas dengan nama latin marganya (genus) adalah lilium. Bunga yang tumbuh dari umbi ini memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar seperti terompet, selain itu juga memiliki putik yang tumbuh seperti korek api.

Bunga lili berasal dari Asia Barat dan Mediterania dengan beragam macam-macam warna yang menarik. Maka dari itu tak heran bila banyak orang mengagumi keindahannya dan memilihnya sebagai salah satu tanaman yang menghiasi pekarangan rumah.

11. Bunga Matahari

Bisa dibilang bunga matahari merupakan salah satu bunga yang paling populer di dunia, hampir semua orang mengetahuinya tidak jarang juga mengaguminya dan menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias di rumah.

Bunga matahari merupakan jenis bunga majemuk yang terdiri dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada tongkolnya. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yakni selalu mengikuti arah sinar matahari. Karena perilakunya tersebut bunga matahari kerap dihubungkan dengan kesetiaan.

12. Bunga Asoka

Bunga asoka (Ixora paludosa) masuk ke dalam keluarga Rubiaceae atau soka-sokaan. Kata asoka sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti bebas dari kesedihan. Umumnya tinggi dari pohon asoka lebih dari 4 meter dan lingkar pangkal batang bisa mencapai 40 cm.

Tanaman hias ini memiliki beragam warna diantaranya seperti merah muda, merah terang, kuning hingga oranye. Bunga tersusun secara bergerombol. Perawatan yang mudah serta tampilan bunga yang cantik membuat banyak orang menyukainya.