Home news Cara Penggemukan Sapi Limosin yang Baik

Cara Penggemukan Sapi Limosin yang Baik

76
0

Cara Penggemukan Sapi Limosin – Sapi limosin merupakan usaha yang terbilang menguntungkan karena harga jualnya bisa mencapai 20 juta per ekor. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis peternakan, ikuti tips lengkap berikut ini. Kiat-kiat ini mencakup karakteristik breed Limousin, breed Limousin, breed yang tepat dan nutrisi Limousin. Sapi limosin merupakan jenis sapi yang sering dijadikan hewan ternak. Karena sapi ini sangat digemari di berbagai lapisan masyarakat.

Sapi limosin memiliki karakteristik yang unik dengan jenis ayam pedaging coklat tua kecuali area putih di sekitar dada dan warna lebih terang di lutut dan di sekitar mata. Sapi ini pertama kali diternakan di Perancis dan baru ditemukan di Indonesia.

Cara Penggemukan Sapi Limosin

Cara Penggemukan Sapi Limosin

1. Pemilihan bibit terbaik untuk ternak Limousin

Jika anda ingin beternak sapi Limousin yang baik maka diperlukan bibit yang baik dan berkualitas karena bibit merupakan faktor kunci dalam keberhasilan usaha pembibitan sapi untuk menghasilkan sapi yang berkualitas dan berkualitas. Kriteria seleksi bibit yang baik dan unggul dalam pembibitan sapi Limoges di bawah ini:

  • Pilih jenis sapi Limousin yang memiliki ciri-ciri berbadan  besar, berleher tebal, bergelantungan dan tidak lemah (kuat).
  • Benih harus memiliki proporsi tubuh yang ideal.
  • Sortir sapi Limousin berdasarkan jenis kelamin.
  • Kepala bibit harus agak besar, tetapi tetap proporsional dengan badannya.
  • Ras sapi limosin memiliki moncong yang tidak melengkung atau datar. Bibit berkaki betis memiliki kaki yang tidak kerdil (kuat).

Kawanan Limoges besar terpilih kemudian diberi perawatan lebih untuk menghasilkan benih berkualitas tinggi.

baca juga : keunggulan sapi brahman dan ciri cirinya sapi brahman

2. Sapi Limousin Acak

Selain pemilihan sapi Limousin, hal lain yang juga harus diperhatikan dalam memelihara sapi Limousin adalah pembuatan kandang yang senyaman mungkin bagi sapi untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitasnya.

Kandang yang baik harus mampu melindungi ternak dari segala macam bahaya seperti cuaca buruk dan predator. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas secara detail cara beternak sapi Limousin salah satunya cara membuat kandang.

Adapun cara membuat kandang yang baik dan benar yaitu :

  • Tentukan lokasi kandang yang akan dibuat. Usahakan agar lokasi dapat dijangkau oleh kendaraan dan jauh dari pemukiman penduduk.
  • Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  • Buatlah model atau rangka kandang sesuai kebutuhan. Ukuran kandang yang ideal adalah antara 3 sampai 5 m, tergantung dari jumlah sapi yang ada di kandang tersebut. Buat rangka kandang kemudian atap dan pondasinya.

Kandang sudah siap!

3. Beri makan Limousine Ox untuk membuatnya besar

Pakan mendukung pertumbuhan dan produktivitas ternak yang berkelanjutan dalam kondisi yang sehat dan sesuai. Pakan merupakan salah satu sarana penggemukan sapi untuk mendapatkan daging yang banyak dan berkualitas. Pakan tersebut biasanya tidak mengandung nutrisi yang lengkap untuk sapi, sehingga perlu ditambahkan vitamin pada sapi. dan jika anda membutuhan mesin pencacah rumput hubungi web ini

Makanan sapi Limousin mungkin termasuk kacang-kacangan atau polong-polongan, rerumputan seperti rumput gajah dan rumput kelinci. Jika sapi Limousin ingin menambah berat badan, salah satu pilihannya adalah memberi makan konsentratnya. dan juga jangan lupa kunjungi rumah mesin

4. Perawatan maksimal

Agar ternak Limousin dapat tumbuh dengan baik diperlukan kehati-hatian mulai dari pemilihan bibit unggul hingga pemasarannya. Saat mengantarkan sedan, sapi bisa diberi makan 2 kali sehari, tergantung umur sapi.

Kemudian pembersihan kandang bisa dilakukan 1 atau 2 kali sehari. Jika sapi Limousin sakit, segera lakukan pengobatan intensif dengan pemberian obat-obatan atau pisahkan sapi dari koloninya agar tidak menulari sapi lainnya.

Penyebab kegagalan metode pembibitan sapi Limousin

Kegagalan adalah sesuatu yang tidak diharapkan oleh peternak. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail penyebab kegagalan herd limousine, sehingga Anda dapat mengantisipasi dan memikirkan cara yang tepat untuk mencegah dan mengatasi kegagalan tersebut. Penyebab kegagalan sapi Limousin adalah bibit tidak lengkap (cacat), pakan yang diberikan pada sapi Limousin tidak memiliki kandungan nutrisi sehingga sapi tidak dapat tumbuh maksimal, kandang yang digunakan tidak memenuhi syarat minimal kandang permanen dan kurangnya modal yang cukup.