Home news Ide Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan

Ide Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan

75
0
ide bisnis digital

Untuk memulai bisnis digital Anda harus memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda tahu cara menemukan ide bisnis digital yang tepat dan membangunnya dengan kecepatan yang tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih hasil terbaik.

Lantas apa saja perusahaan yang menjanjikan di era digital di tahun 2023? Kemungkinannya tidak terbatas, tetapi Anda tidak perlu melakukan riset sendiri. Kami telah menyusunnya untuk Anda di artikel ini. Namun sebelum kita mendalami hal tersebut, mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu bisnis digital dan apa manfaatnya.

Pengertian Bisnis Digital

ide bisnis digital

Bisnis digital adalah bentuk bisnis yang menggunakan kecanggihan teknologi digital dalam penciptaan atau pemasaran suatu produk.

Oh iya, bisnis digital bukan hanya tentang produk digital seperti software atau produk fisik dalam bentuk digital seperti e-book (buku elektronik).

Oleh karena itu, semua jenis bisnis yang menjual produknya secara online atau melalui situs web atau aplikasi termasuk dalam kategori bisnis digital. Belanja online adalah contoh perdagangan digital.

Produk bisnis digital bisa berupa barang atau jasa. Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri, Anda bisa menjadi influencer online yang sukses. Keterampilan ini dapat menjadi inti dari bisnis digital yang Anda tekuni.

Ide Bisnis Digital

 1. Membangun Toko Online

Membuat toko online adalah membuat website atau platform sebagai alat untuk transaksi belanja online. Karena potensi besar perusahaan bisnis Indonesia, berjualan online adalah salah satu contoh terbaik bisnis digital.

Anda bisa langsung membayangkan platform e-commerce seperti Tokopedia, bukan? Anda tidak salah Namun, Anda harus mencatat satu hal: Membangun toko online Anda sendiri adalah pilihan cerdas. Apa manfaatnya?

Pertama, toko online Anda akan terlihat berbeda. Baik dari segi branding maupun customer experience yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Anda bebas menyetujui bagaimana produk akan disajikan. Selain itu, menjalankan toko online menunjukkan bahwa Anda adalah penjual yang berpengalaman. Kesan ini tidak dapat diciptakan saat Anda bergabung dengan pasar.

Kedua, Anda tidak bergantung pada pihak lain. Memiliki toko online Anda sendiri memberi Anda kekuatan penuh untuk menyelesaikan masalah apa pun. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan cara memulai bisnis dari awal sesuai dengan rencana Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ketiga, mudah membuat toko online sendiri. Anda dapat membuat toko online profesional tanpa pemrograman apa pun. Saat ini, ada banyak platform manajemen konten dengan hosting WordPress yang memudahkan bahkan pemula untuk membuat situs web.

2. Menjadi Seorang Youtuber

Apakah Anda tahu berapa penghasilan YouTuber? Rp. 43 miliar setahun! Ya, Anda mendengarnya dengan benar. Ria Ricis menjadi YouTuber dengan penghasilan sebesar itu.

Kegigihannya menyajikan konten-konten menarik di akun YouTube-nya membuatnya mendapatkan hingga 17 juta subscriber. Mengelola akun YouTube dengan berbagai konten unik terbukti bisa menjadi contoh bisnis digital yang menjanjikan.

Satu hal yang menarik tentang YouTube adalah bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses. Cara berpikir untuk menjadi Youtuber adalah keahlian Anda dan minat Anda dalam membuat konten.

3. Menjadi Blogger Terkenal

Anda pasti mengenal Raditya Dika, penulis dan aktris film. Jalan menuju kesuksesan dimulai dengan menulis di halaman blog pribadinya: goatjantan.com.

Jika Anda sudah memiliki blog, pastikan Anda memiliki konten menarik yang dapat menarik pengunjung. Jika belum, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan lengkap pembuatan blog kami.

Langkah selanjutnya yang perlu Anda ambil adalah mengubah blog Anda menjadi aliran pendapatan. Metode? Anda dapat menyewakan ruang blog Anda untuk beriklan, seperti yang dilakukan oleh blogger terkenal Ivan Banaran.

Jika Anda tidak yakin apakah blogging adalah bisnis digital Anda, kisah sukses para blogger Indonesia ini dapat menginspirasi Anda.

4. Menjadi Instagram Influencer

Jika Anda adalah pengguna Instagram dengan banyak pengikut, menjadi influencer bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Mari kita lihat MgdalenaF. Ia sibuk membuat konten untuk Instagram sambil mencoba makanan di restoran.

Cara penyampaian yang menarik dan pilihan makanan super pedas menarik banyak orang. Jumlah pengikutnya mencapai 1,4 juta pengguna. Pada awalnya Anda hanya fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan.

Seiring bertambahnya jumlah pengikut Anda, tawaran kolaborasi dapat datang baik dengan mengirimkan iklan produk atau melalui ulasan berbayar.

5. Menulis Konten Digital

Apakah Anda memiliki bakat menulis? Dengan ide bisnis jasa ini Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital sekarang ini. Banyak situs bersedia membayar Anda untuk barang berkualitas. Di tingkat bahasa Inggris global, pilihannya termasuk Writers Weekly.

Untuk Indonesia, portal berita seperti BaBe menawarkan kesempatan serupa. Namun, jika Anda memiliki blog yang pengunjungnya cukup banyak, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di blog. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan tawaran menulis konten.

6. Menjual Produk Digital

Produk digital adalah produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan dijual secara online. Contoh produk digital adalah e-book, video, audio, dll.

Jika Anda memiliki kemampuan bermusik yang bagus dan bisa menghasilkan lagu yang berkualitas, Anda bisa menjual karya Anda. Situs yang dapat membantu Anda menjual musik secara online termasuk Tunecore dan Songcast.

Atau jika Anda seorang penulis, Anda dapat menjual e-book Anda di Amazon atau Apple Book. Tentu saja, Anda dapat dengan mudah menjual produk digital ini di situs web Anda sendiri. Selain tidak mengklaim keuntungan apa pun, Anda berhak menentukan model bisnis, harga, dan rencana pemasaran yang layak.

Dan apabila anda perlu berbagai informasi atau usaha anda dapat mengunujungi situs tarijame Anda akan menemui tentang artikel-artikel lainnya yang bermanfaat.