Home news Fungsi Jersey Bola

Fungsi Jersey Bola

94
0
Fungsi Fersey Bola

Fungsi jersey bola saat ini cukup banyak yang keren dan didesain dalam berbsgsi model dan warna, tetapi pada intinya semua mempunyai fungsi yang sama. Beberapa fungsi utama dan jersey bola yang perlu Anda ketahui diantaranya:

Fungsi Jersey Bola

sebagai tanda pengenal antara lawan dan juga kawan, maka para pemain bola tidak akan salah jika nantinya ingin mengoper bola kepada kawan.

Membuat pemain menjadi lebih nyaman karena itulah jersey untuk bermain bola pada umumnya terbuat dari bahan dasar kain yang tipis dan juga ringan.

Jersey bola juga dapat menjadi ciri khas seorang pemain, sehingga memudahkan para penggemar untuk mengenenali pemain bola yang nantinya akan mereka dukung di dalam arena pertandingan.

Bagi para penggila bola, jersey juga menjadi sarana untuk menunjukkan rasa kembanggaan akan waktu favoritnya.

Perngertian Jersey Bola

Jersey bola adalah sebuah pakaian yang dirancang khusus untuk olarahraga sepak bola. Sebagai perlengkap standar yang wajib digunakan oleh oara pemain bola saat bertanding di lapangan, jersey bola sendiri pada umumnya mempuyai fungsi yang cukup penting yaitu sebagai pembeda antara satu kesebelasan dengan yang lainnya.

Lebih lengkapnya baca juga konveksi jersey jogja

Selain digunakan untuk berolaraga pada perkembangannya juga banyak yang menjadikan jersey bola sebagao pelengkap kebutuhan fashion layaknya pakaian sehari hari. Juga dapat dipakai sebaga ke acara santa atau sekedar jalan jalan, dan baju jersey bola akan tetap membuat Anda tampil keren dan menawan.

Fakta Seputar Jersey Bola

Awal Mula Penggunaan Jersey

Aturan mengenai penggunaan jersey dalam pertandingan sepak bola pertama kali keluar pada tahun 1891, saat otoritas sepak bola Inggris (FA) memutuskaan bahawa klub wajib mengenakan pakaian yang mereka suka.

Sejak ditetapkannya aturan tersebut setiap klub bola kemudian didata untuk mendaftarkan warna kaos mereka.

Desain jersey bola

  • Jersey bola yang digunakan pertama kali pada tahun 1891 awalnya mempunyai desain yang serba tertutup karena dibuat dalam ukuran Panjang. Istilah yang dipakai untuk menyebutkan celana Panjang tersebut alah knickerbocker.
  • Dari awalnya mempunyai berntk serba besar dan tertutup, jersey bola tersebut selanjutnya berubah menjadi serba menjadi mini walaupun modelnya tidak bertahan lama, model jersey kembalu ke bentuk longgar dan besar.
  • Kemudian, pada abad 20, jersey mengalami perubahan menjadi desain yang lebih slim-fit. Jersey slim-fit sering disebut lebih sesuai dapat menempel pada tubuh pemain, sehingga memudahkan pergerakan dan meminimalisir pemain lawan untuk menarik baju.
  • Selajan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, jersey bola tersebut kini mulai diengkapi dengan distribusi luas angin lewat panel berongga pada kain jersey.

Bahan jersey

Dari awal diperkenalkannya sebagai seragam sepak bola, baju jersey telah mengalami banyak perubahan bahan atau material.

  • Jersey bola yang dipakai pada masa 1891 awalnya mempunya kerakteristik yang berat karen dibuat dari bahan wol.
  • Memasuki abad ke 19 barulah kaos jerey yang digunakam untuk seragam sepak bola selanjutnya mulai dari kain katun yang lebih ringan.
  • Berikutnya pada pertengahan abad 19 tepatnya pada dekade 50 sampai 60 dan mulai bahan sintetis digunakan dalam jersey bola.
  • Terkait dengan bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak jenis kain yang pada umumnya dijadikan jersey sepeda, yaitu dari kain drifit, hyget, lotto, dan kan paragon.

Warna Jersey Bola

  • Jersey adalah identitas sebuah klub olahraga, dan setiap klub olahraga mempunyai corak dan warna jersey yang berbeda yang didasarkan pada sejarah dan latar belakang klub bola tersebut.
  • Pada awal digunakan untuk bermain bola belum terdapat ketentuan yang mengatur pemilihan warna jersey
  • Pengaturan mengenai penggunaan warna jersey baru ditetapkan pada tahun 1920, aturan tersebut diberlakukan agar dua tim yang bertanding tidak memekai warna jersey yang sama.
  • Dalam sepak bola beberapa klub khususnya yang bermain di Liga Italia da dapat dijuluki sesuai warna jersey mereka.