Home news Fungsi Iklan yang Menarik di Jaman Modern

Fungsi Iklan yang Menarik di Jaman Modern

89
0
Fungsi Iklan yang Menarik

Fungsi iklan yang menarik – Iklan adalah informasi yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai komunikasi kepada masyarakat tentang suatu produk atau jasa.

7 Fungsi Iklan yang Menarik

Untuk melanjutkan fungsi iklan yang menarik anda harus membaca cara membuat iklan yang menarik terlebih dahulu.Berikut fungsi iklan yang menarik

1. Memberikan Informasi Kepada Konsumen

Tujuan pertama dari iklan adalah untuk menyediakan konsumen dengan informasi yang komprehensif. Terkadang perusahaan perlu menjelaskan bagaimana produk tersebut akan digunakan, bagaimana produk tersebut dapat dinikmati atau apa fungsi dari produk tersebut dan jasa apa yang dipasarkan. Daripada berbicara langsung dan menginvestasikan banyak waktu, lebih baik menempatkan konteks ini dalam sebuah iklan. Selain memperjelas informasi kunci yang ingin Anda sampaikan, iklan ini juga bisa menjadi alat untuk memasarkan produk yang Anda jual.

Pengiriman data dapat bervariasi. Bentuk produk, warna, ukuran, isi, pilihan dan tempat pembelian. Mulai sekarang, orang dapat lebih memahami produk dalam waktu yang lebih singkat dan lebih efisien. Iklan yang ditargetkan pada fitur ini dapat muncul di televisi nasional, video, atau media sosial.

2. Mengenalkan Produk atau Jasa

Iklan berfungsi sebagai pengantar ketika perusahaan baru saja meluncurkan produk atau layanan baru. Iklan ini bisa berupa brosur atau spanduk di website atau dalam bentuk cetak. Iklan yang ditujukan untuk tujuan tersebut biasanya ditempatkan pada media yang dapat dengan mudah dikunjungi oleh pengguna atau masyarakat. Dengan menempatkan iklan di area yang dapat diakses publik, Anda memperoleh lebih banyak keterpaparan dan peluang bagi calon pelanggan untuk menggunakan produk Anda.

3. Mengajak Konsumen untuk Membeli Produk

Terkadang ketika produk Anda sudah dijual di toko atau online, banyak orang yang mengenali produk tersebut namun belum membelinya. Iklan memungkinkan Anda mengundang calon pelanggan ini untuk berbisnis dengan Anda. Selain itu, dengan citra yang kuat, Anda dapat memikat konsumen untuk mencoba produk atau jasa Anda.

Jelajahi konsep kreatif yang dapat Anda hubungkan dengan penggunaan produk, pastikan pesan yang menarik untuk membeli produk terus disampaikan, dan tempatkan dalam konteks strategis. Jika Anda mengajak konsumen untuk mencoba manfaat dan kegunaan dari produk tersebut, bisa jadi konsumen tertarik untuk berbisnis.

fungsi iklan yang menarik

4. Mencakup Target Calon Pelanggan Baru

Bayangkan ada perusahaan peralatan rumah tangga yang awalnya hanya menawarkan peralatan dengan harga mahal dan kualitas terbaik. Perseroan kemudian meluncurkan produk baru yang berkualitas baik namun dengan harga yang lebih murah karena menyasar target pasar ibu rumah tangga kelas menengah ke bawah.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan iklan dan menempatkannya di tempat-tempat yang sering Anda kunjungi atau di mana target pasar Anda berada. Misalnya di area pasar tradisional, supermarket atau platform digital seperti Facebook.

Tentunya konten iklan yang anda buat berbeda dengan produk sebelumnya, mengatakan bahwa produk ini memiliki harga yang lebih murah tanpa mempengaruhi kualitas barang. Jika sebelumnya Anda menargetkan iklan kelas menengah dan premium, kini Anda dapat menargetkan iklan ke target pasar baru. Untuk tujuan ini, iklan dapat diadaptasi sesuai kebutuhan atau kampanye dapat dilakukan.

5. Memberikan Solusi yang Dibutuhkan Pelanggan

Setiap produk dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Namun, tidak jarang orang sama sekali tidak mengetahui produk Anda. Iklan memungkinkan Anda menyajikan solusi atas masalah yang Anda hadapi. Tekankan penggunaan produk Anda dalam materi promosi untuk membantu orang memahami bahwa barang atau jasa ini adalah solusi terbaik untuk masalah mereka.

6. Menampilkan Harga yang Kompetitif

Salah satu cara yang paling banyak digunakan oleh para pemilik usaha adalah dengan mempermainkan harga produk yang mereka jual dan mengedukasi masyarakat untuk membeli produk dengan harga yang pas, tidak mahal atau murah. Iklan bisa menjadi cara yang tepat untuk menunjukkan harga yang tepat dan mengarahkan orang untuk membeli produk Anda karena harga yang ditawarkan bersaing dengan kualitas produk yang baik.

Itulah beberapa fungsi iklan yang menarik