Home news Definisi Landing Page Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Definisi Landing Page Manfaat dan Jenis-Jenisnya

73
0
definisi landing page

Definisi landing page – Bagi Anda yang memiliki bisnis online, sebaiknya gunakan landing page untuk menghasilkan pendapatan lebih. Landing page atau biasa disebut destination page adalah halaman web khusus yang dirancang khusus bagi sebuah perusahaan untuk membuat kampanye atau iklan.

Biasanya mengklik tautan atau iklan di email dari Google, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, situs web serupa, atau hasil pencarian Internet. Setelah mengklik link tersebut, halaman yang muncul disebut landing page.

Laman landas memungkinkan bisnis berbagi laman dengan pelanggan yang berisi informasi yang lebih spesifik dan mendetail tentang produk, layanan, penawaran, dan lainnya.

Definisi Landing Page

definisi landing page

Selain mengetahui landing page Anda, Anda juga perlu mengetahui manfaatnya. Sederhananya, halaman arahan memainkan peran penting dalam pemasaran bisnis.

Karena selain mendapatkan lebih banyak pengunjung ke website Anda, landing page juga dapat meningkatkan penjualan produk.
Selain itu, keuntungan dan definisi dari landing page untuk bisnis adalah:

1. Menjadi Situs Promosi

Apa keuntungan dari landing page? Keuntungan pertama adalah dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis.
Ini karena Anda dapat menyisipkan informasi singkat menggunakan teks yang cukup besar agar audiens dapat dengan mudah menangkap pesan tersebut.

Dengan cara ini, kelompok sasaran yang mengunjungi halaman tersebut akan fokus untuk mempromosikan perusahaan Anda. Anda juga dapat melakukan penawaran melalui halaman arahan ini, yang gratis karena halaman tersebut benar-benar milik perusahaan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan pesaing Anda karena halaman arahan hanya berisi kampanye iklan perusahaan Anda.

2. Menghimpun Data Pelanggan

Halaman beranda juga memudahkan untuk mengumpulkan data pelanggan. Misalnya meminta masyarakat untuk mencantumkan nama atau alamat emailnya untuk mendapatkan penawaran menarik.

Bergantung pada jenis laman landas yang Anda gunakan, Anda juga dapat menerima informasi pelanggan lainnya seperti usia dan jenis kelamin.

Nantinya, data pelanggan dapat anda gunakan untuk mengambil keputusan bisnis anda. Dengan demikian informasi tersebut dapat dianalisis dan ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Namun, saya pastikan kamu hanya meminta informasi yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan terlalu banyak meminta informasi pribadi, karena hal ini dapat memberikan kesan negatif kepada calon pelanggan dan menjauhkan mereka dari halaman arahan.

3. Meningkatkan Penjualan

Anda juga bisa meningkatkan penjualan di landing page. Hal ini juga didukung oleh riset Omniture yang menyebutkan bahwa penggunaan landing page dapat meningkatkan konversi penjualan hingga 25%.

Alasannya, landing page dapat memfasilitasi transaksi jual beli sehingga disukai pelanggan dan dirasakan lebih nyaman.
Dengan demikian pelanggan dapat mengakses produk atau jasa yang dibeli dengan cepat dan efisien.

Bagi anda yang ingin membentuk landing page anda bisa memakai jasa pembuatan landing page yang ada di web punca.id. Anda bisa bertanya sesuka Anda.

Jenis-Jenis Landing Page

definisi landing page

1. Lead-Generation Landing Page

Jenis halaman arahan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi pelanggan. Ini biasanya nama pelanggan, alamat email, atau terkadang nomor telepon yang dapat digunakan prospek untuk dihubungi.

Perusahaan menggunakan informasi yang diterima untuk meningkatkan hubungan pelanggan. Oleh karena itu, Bisnis dapat mengirimkan informasi yang berbeda kepada pelanggan, seperti berita, penawaran, artikel, atau konten lainnya.

2. Click-Through Page

Jenis halaman arahan selanjutnya adalah halaman klik yang dapat dipilih pelanggan. Misalnya, tombol dengan perintah “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Beli Sekarang”, dll. Halaman arahan jenis ini sering digunakan dalam model pemasaran e-commerce atau B2C.

Oleh karena itu, halaman ini berisi informasi yang dimaksudkan untuk memberi tahu pengunjung tentang penawaran dan mendorong mereka untuk mengklik lebih banyak untuk mengakses produk atau layanan tertentu melalui tombol ajakan bertindak (CTA).

Halaman klik biasanya memiliki gambar dan salinan yang berfokus pada keunggulan produk atau layanan.
Tujuannya adalah agar pengunjung membeli ketika mereka mencapai halaman berikutnya (yang biasanya merupakan halaman penjualan).

3. Lead Capture Landing Page

Landing page ini umumnya meminta pengunjung untuk memasukkan alamat email mereka di form yang telah disediakan.
Informasi yang dimasukkan pada halaman ini harus menjelaskan dengan jelas apa yang ditawarkan dan mendorong pengunjung untuk memasukkan informasi rinci mereka.

Selain penawaran, milis pelanggan juga dikumpulkan di halaman ini. Laman landas jenis ini sering kali menawarkan produk promosi gratis (seperti kode diskon, buletin, dll.) sebagai imbalan untuk menghubungi mereka.

Ini terutama digunakan buat mengidentifikasi pengunjung yang sudah tertarik dengan suatu produk. Tujuannya adalah agar kontak promosi di masa mendatang mengubah pengunjung halaman menjadi penjualan.