Home news Tujuan Melakukan Riset Pasar untuk Keberhasilan Bisnis

Tujuan Melakukan Riset Pasar untuk Keberhasilan Bisnis

86
0
tujuan melakukan riset pasar

Sebelum menentukan produk yang akan diperkenalkan ke publik, pastinya perlu mengetahui apa kebutuhan dan keinginan yang ada di pasar. Tujuan melakukan riset pasar adalah untuk hal tersebut.

Inilah alasan mengapa riset pasar menjadi salah satu elemen yang penting dalam bisnis. Peranan dari pelaku riset pasar juga jadi penting agar suatu perusahaan dapat memenangkan persaingan jika bertujuan untuk meluncurkan produk atau jasa terbaru.

Tujuan Melakukan Riset Pasar

tujuan melakukan riset pasar

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, riset pasar bertujuan untuk mengetahui seperti apa perilaku pasar. Tujuan tersebut bisa didapatkan melalui pengumpulan data, baik secara kuantatif maupun kualitatif.

Data tersebut yang nantinya digunakan untuk memprediksi apa yang diinginkan oleh konsumen. Ada empat pertanyaan yang bisa dijawab saat melakukan riset pasar.

1. Apakah Produk yang Ditawarkan Sesuai dengan Apa yang Dibutuhkan Konsumen?

Dengan riset pasar, Anda bisa mengetahui seperti apa kebutuhan konsumen dan dapat menyesuaikannya dengan produk yang akan Anda tawarkan.

Anda juga dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk yang anda tawarkan untuk menentukan produk seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Apakah Biaya Produksi dari Produk Anda Sesuai dan Harga Jualnya Bisa Diterima oleh Konsumen?

Hal ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan daya saing produk. Apakah ada atau banyak kompetitor yang juga membuat produk serupa?

Lalu, Anda juga bisa mempertimbangkan daya beli konsumen. Melalui riset pasar Anda akan mengetahui apakah konsumen mampu membeli produk tersebut atau tidak.

3. Bentuk Promosi Seperti Apa yang Efektif untuk Menarik Daya Tarik dari Konsumen?

Anda harus mengetahui bentuk promosi seperti apa yang disukai oleh konsumen sehingga bisa menentukan strategi pemasaran produk yang sesuai.

Riset pasar mempunyai tujuan untuk memahami bagaimana perilaku konsumen dan mengetahui apa yang disukai oleh konsumen.

Hal ini membuat anda lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran produk yang efektif.

4. Apakah Produk Tersebut Sesuai dengan Kondisi Konsumen?

Hal ini bisa dilihat dari berbagai aspek seperti wilayah, akses untuk mendapatkan produk tersebut, hingga budaya masyarakat sekitar. Riset pasar akan memberi anda gambaran tentang bagaimana demografi konsumen.

Hal ini membuat anda bisa menentukan apakah produk tersebut sesuai dengan demografi konsumen atau tidak.

Keempat hal inilah yang nantinya akan menentukan apakah produk yang ditawarkan bisa diterima atau tidak oleh konsumen. Hal ini yang membedakan riset pasar dengan user research.

User research berfokus pada bagaimana pengalaman seorang konsumen ketika menggunakan produk. Sementara itu, riset pasar berfokus pada bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap produk.

Anda juga bisa membaca Strategi Riset Pasar Untuk Memulai Bisnis.

Kapan Sebaiknya Riset Pasar Dilakukan?

The Balance Small Business menyebutkan bahwa riset pasar dilakukan untuk memonitor kompetisi pasar. Sehingga ini artinya, riset pasar sebenarnya dapat dilakukan kapan saja.

Meski riset pasar akan lebih efektif apabila dilakukan sebelum produk diluncurkan, Anda tetap bisa melakukan riset pasar setelah produk diluncurkan. Riset ini lebih ditujukan untuk evaluasi produk .

Misalnya, Anda membuat sebuah produk berbasis aplikasi. Namun, produk tersebut tidak mendapatkan reaksi yang cukup positif dari konsumen.

Melalui riset pasar, Anda bisa mengevaluasi apa penyebab produk tersebut tidak mendapatkan respons yang cukup baik dari pasar.

Jadi, Anda dapat memperbaiki kualitas produk tersebut agar lebih diterima oleh pasar. Meski begitu, akanpun lebih efektif jika Anda melakukan riset pasar sebelum produk diluncurkan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan riset berkali-kali untuk menyesuaikan produk dengan pasar.