Home news Contoh Sosial Media Yang Sering Digunakan

Contoh Sosial Media Yang Sering Digunakan

83
0
contoh media sosial

Contoh Media sosial adalah media online yang dihubungkan oleh koneksi internet dimana pengguna atau user dapat berpartisipasi dengan membuat akun dan berbagi serta membuat konten blog atau forum di dunia maya.

Media sosial terdiri dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sering diklasifikasikan sebagai forum online, weblog atau blog sosial.

Media sosial memuat berbagai pesan baik berupa tulisan maupun gambar dan video. Berbeda dengan pesan teks, pesan media sosial memiliki jangkauan dan jejaring sosial yang luas.

Dengan koneksi internet, pesan disampaikan dengan lebih mudah dan cepat; jauh lebih kuat daripada media sebelum internet.

Pesan dapat diartikan sebagai cara seseorang berkomunikasi dengan teman sekelompoknya, atau dapat diartikan sebagai citra diri seseorang.

Media Sosial

Definisi media sosial datang ke dunia pada tahun 1978 berupa sistem papan pesan yang memungkinkan seseorang untuk menghubungi atau berkomunikasi dengan orang lain melalui email.

Selain menggunakan email, di masa awal pengenalan media sosial, seseorang dapat mengunggah dan mengunduh perangkat lunak tertentu dan kemudian menghubungkannya ke saluran telepon atau modem.

Selain itu, pada tahun 1995 terlihat perkembangan media sosial berupa situs web hosting.

Web hosting adalah layanan persewaan untuk menyimpan informasi tentang sebuah situs web agar dapat diakses dari mana saja, sebuah penemuan yang kemudian menjadi landasan media sosial modern.

Pada tahun 1997, jejaring sosial pertama dikenal sebagai Sixdegree.com, yang merupakan jejaring sosial yang lebih baik daripada Classsmate.com pada tahun 1995.

Contoh Media Sosial

contoh media sosial

Berikut beberapa contoh dan manfaat penggunaan media sosial di Indonesia.

Facebook

Facebook adalah situs media sosial yang kini memiliki lebih dari satu miliar pengguna, menjadikan Facebook sebagai situs media sosial terbesar di dunia menurut pengguna. Didirikan pada Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg dkk.

Facebook kini memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara.Media sosial ini dapat digunakan untuk saling berkirim pesan menggunakan Facebook Messenger.

Selain itu, Facebook dapat digunakan untuk mengunggah status, saling berkomentar, menambah atau memblokir teman, dan juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis.

WhatsApp

WhatsApp merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan dengan mengunduh aplikasi di smartphone.

Dengan koneksi internet sederhana, Anda dapat menggunakan media sosial WhatsApp untuk saling mengirim pesan, berbagi cerita melalui WhatsApp Story, berbagi lokasi melalui fitur lokasi, berkomunikasi melalui internet atau video call.

Keunggulan WhatsApp adalah media sosial ini menyediakan layanan cadangan obrolan dalam fungsi aplikasinya dan keamanan informasi pribadi terjamin dan

penggunaannya yang tidak terlalu banyak menghabiskan baterai juga membuatnya banyak diminati. Jika Anda salah mengirim pesan, pesan dapat dibatalkan melalui WhatsApp, karena media sosial ini menyediakan layanan pembatalan pesan.

WhatsApp mulai dikenal publik pada 2 Februari 2009, namun pada 2014 jatuh ke tangan Facebook. Pada September 2019, WhatsApp memiliki 900 juta pengguna aktif, memberikan harga saham WhatsApp nilai yang luar biasa.

Instagram

Instagram terdiri dari dua kata yaitu “insta” dan “gram” yang berarti insta atau cepat; sedangkan gram mengacu pada telegram, yang diartikan sebagai sarana pengiriman informasi dengan sangat cepat.

Instagram adalah media sosial yang awalnya didedikasikan untuk berbagi foto dan video. Namun, Instagram telah menjadi salah satu media sosial paling populer di dunia, termasuk Indonesia.

Instagram memungkinkan pengguna tidak hanya berbagi foto satu sama lain, tetapi juga mengedit foto atau video dengan berbagai filter untuk mengoptimalkan tema foto.

Foto yang diunggah tidak hanya selfie, pengguna juga bisa mengunggah foto produknya dan menggunakan akun Instagram sebagai sarana bisnis.

Ini adalah artikel lengkap untuk semua pembaca tentang berbagai contoh media sosial di Indonesia dan manfaat penggunaannya.

Semoga ulasan ini memberikan wawasan dan informasi nah jika kamu mencari jasa kelola sosmed kunjungi saja punca.id