Home Tips Cara Merawat Bunga Desember yang Merupakan Bunga Musiman

Cara Merawat Bunga Desember yang Merupakan Bunga Musiman

189
0
cara merawat bunga desember

Bunga Desember termasuk bunga musiman yang hanya mekar di bulan November sampai Januari. Warna oranye semu merah dengan batang berongga ini juga dinamakan dengan nama Blood Lily. Bunga yang berasal dari Afrika Selatan ini biasanya  cukup sulit dibudidayakan apalagi jika Anda masih tergolong pemula. Yuk simak cara merawat bunga Desember yang mudah untuk dilakukan berikut ini.

Cara Merawat Bunga Desember

Penyiraman Rutin serta Pemupukan

setelah proses penanaman, Anda harus memperhatikan proses pemupukan dan lakukan penyiraman secara rutin. Kecuali jika hari tersebut sudah terjadi hujan, Anda tidak perlu menyiramnya. Di usia 2 minggu, lakukan pemupukan menggunakan NPK untuk merangsang bunga agar segera tumbuh. Pastikan dosisnya sesuai dan taburkan pupuk agak jauh dari akar supaya tidak panas.

Lakukan Transplanting Supaya Cepat Berbunga

Cara merawat bunga Desember selanjutnya adalah dengan melakukan transplanting  yang merupakan pemindahan bibit bunga yang masih bergerombol di polybag ke pot individu, proses ini dilakukan agar tanaman cepat berbunga. Hal ini bisa terjadi karena tanaman bisa mendapat ruang gerak yang luas sehingga bisa tumbuh secara optimal.

Transplanting ini dilakukan ketika tanaman sudah mencapai usia 3-4 bulan dari awal tanam. Pindah ke pot yang memiliki diameter 25-35 cm dengan media campuran pasir, tanah, dan kompos. Jangan lupa masukkan pecahan batu bata di dasar supaya mempermudah proses drainase.

Pakai Insektisida dan Fungisida saat Diperlukan

Bunga Desember ini cukup rentan terhadap hama dan penyakit, terutama ketika tanah terlalu lembap akan membuat OPT menjadi lebih mudah dalam menyerang tanaman. Semprotkan insektisida dan fungisida ketika menjelang awal musim penghujan. Berikan dalam dosis rendah yaitu 1 liter air kemudian dicampur dengan 5 gram insektisida atau fungisida.

Itulah beberapa tips dan cara merawat bunga Desember yang merupakan bunga musiman secara hati-hati supaya tidak busuk ataupun layu. Bunga ini cukup unik karena bisa menjadi indikator iklim alami. Jika tanaman sudah muncul tunas dan bakal bunga artinya sudah masuk musim hujan.

Meme Florist merupakan toko bunga online yang menyediakan berbagai jenis rangkaian bunga yang sangat cocok digunakan sebagai hadiah. Anda bisa dengan mudah memesannya melalui website dan dengan beragam jenis bunga yang cantik.