Home news Cara Menanam Rumput Odot

Cara Menanam Rumput Odot

62
0
Cara Menanam Rumput Odot

Cara menanam rumput odot – Cara menanam rumput odot. Apakah Anda tahu apa itu rumput? Rumput odot merupakan rumput yang dapat digunakan sebagai pakan ternak.

Rumput ini cocok untuk yang baru mulai beternak kambing dan sapi. Rumput ini sangat direkomendasikan untuk membuat hewan peliharaan Anda lebih cepat gemuk dan sehat.

Sebagai penanam gulma pemula, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara menanam gulma yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Rumput Odot

Merupakan pakan ternak yang efektif, mengandung banyak protein, sehingga dapat menggemukkan sapi, kambing, dan kerbau. Rumput dot ini bisa tumbuh lebih cepat dari rumput sejenis lainnya.

Holly memiliki batang yang pendek dan tidak terlalu keras, daunnya lembut dan tidak berbulu, sehingga ternak lebih memilih rumput ini daripada rumput lainnya.

Rumput odot dapat beradaptasi meski di medan yang berat, tidak memerlukan perawatan khusus, memiliki 50-80 batang dalam satu rumpun. Hampir seluruh bagian fenugreek dapat dimakan sapi, sedangkan rumput gajah biasa hanya sekitar 60-70%.

Cara Menanam Rumput Odot

Berikut beberapa langkah cara menanam rumput odot yang bisa Anda lakukan agar tidak tertukar rantai persemaian saat panen.

1. Pembibitan Rumput

Rumput ini cukup mudah tumbuh karena dapat ditanam dengan stek. Caranya adalah dengan memotongnya sekitar 15 hingga 25 sentimeter dan menanamnya di tanah untuk ditanami.

Sebelum menanam, sebaiknya tanah dipupuk terlebih dahulu dengan pupuk kandang. Juga jangan lupa untuk memilih sebidang tanah dengan sinar matahari penuh karena ini adalah kunci sukses dalam menumbuhkan rumput odot yang baik.

2. Pola Menanam Rumput

Saat menanam gulma, Anda bisa menanamnya secara monokultur atau tumpangsari. Arti monokultur adalah Anda sengaja menanam hanya lahan untuk gulma.

Sedangkan untuk alternatif tumpangsari, Anda bisa mengkombinasikannya dengan tanaman lain. Rumput odot yang ukurannya lebih pendek juga bermanfaat untuk mencegah erosi pada lahan pertanian.

3. Cara Menanam Rumput Odot

Berikut cara menanam rumput odot yang baik, sebagai berikut :

  • Siapkan tanah yang akan digunakan untuk pertanian dari berbagai gulma atau tanaman yang menjadi perhatian.
  • Langkah selanjutnya adalah mencangkul tanah untuk menanam tanaman dan membuat bedengan dengan lebar 60 cm – 80 cm, tinggi sekitar 20 cm.
  • Setiap gundukan dapat disemai sekitar 5 biji, 2 bedengan di tanah dan 3 bedengan di tanah. Untuk setiap baris, Anda bisa memberi jarak 50-75 cm.
  • Untuk tiap baris dapat disediakan jarak tanam 75 -150 cm.

4. Cara Memupuk Rumput Odot

Berikut salah satu cara pemupukan rumput odot sebagai salah satu langkah cara budidaya rumput odot yang baik :

  • Untuk pemupukan dasar bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah lapuk yaitu pupuk kandang sapi atau kambing sekitar 3 ton per hektar.
  • Setelah tanam 15 hari, dilanjutkan pemupukan lagi agar gulma lebih cepat tumbuh. Anda bisa melakukannya dengan menyediakan 60 kg NPK rumput urea per hektar.
  • Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan pupuk cair yang terbuat dari urin kambing yang difermentasi dan bisa disemprotkan ke tanaman dan tanah.

5. Masa Panen

  • Tanaman ini berumur 70-80 hari dan sudah bisa dipanen
  • Ciri rumput siap panen adalah rumput memiliki panjang sekitar 15 cm.
  • Namun saat musim hujan, rumput dot bisa dipanen lebih cepat, yaitu saat baru berumur 35-45 hari.
  • Pada musim kemarau gulma dapat dipanen pada saat rumput berumur 40-50 hari.
  • Cara memanen rumput yang benar adalah memotongnya pendek sejajar dengan tanah
  • Agar generasi berikutnya menjadi baik, panen gelombang pertama saat tanaman berumur 60 hari atau lebih hingga panjang batang 30-40 cm.

Tentunya sebelum diproses lebih lanjut, ada kalanya kalian untuk  untuk mencacah  ini agar hasilnya lebih bagus Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumput, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam pencacahan ini, Anda harus mempunyai mesin pencacah rumput yang ini. Nah, itulah cara menanam rumput odot yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.