Home news Cara Menanam Padi Inpari 32

Cara Menanam Padi Inpari 32

85
0
cara menanam padi inpari 32

Cara Menanam Padi Inpari 32 Inbrida Padi Sawah Irigasi atau terdapat umumnya disebut Inpari terdapatlah jenis padi inbrida yang ditanam di lahan sawah. Inbrida mempunyai arti suatu varietas yang dikembangkan melalui penyerbukan sendiri dari satu tanaman. Hal tersebut membuat tingkat homozigositas atau tingkat kemurnian padi yang dihasilkan tinggi.

Beberapa jenis padi Inpari di Indonesia antara lain Inpari 16 Pasundan, Inpari 17, Inpari 18, Inpari 19, Inpari 20, Inpari 2, Inpari 36 Lanrang, Inpari 37 Lanrang, Inpari 38 Terdapat Hujan Agritan, Inpari 47 WBC sampai varietas ternama seperti padi Inpari 42.

  • Padi Inpari 16 Pasundan dilepas terdapat tahun 2011 dan mempunyai umur tanaman 118 hari setelah sebar. Padi jenis tersebut diketahui tahan terhadap HDB patotipe III dan tahan blas ras 073. Kterdapatr amilosa yang dikandung oleh padi jenis tersebut terdapatlah sebesar 22,7%.
  • Inpari 18 dilepas terdapat tahun yang sama dengan jenis padi Inpari 16. Potensi hasil padi tersebut terdapatlah 9,5 t/ha dengan rata rata hasil 6,7 t/ha. Umur tanaman Inpari 18 lebih pendek, dari umur padi Inpari 16 yaitu sekitar 102 hari setelah sebar. Perawatan dan cara pemupukan padi Inpari yang baik dapat membuat jenis padi tersebut tahan terhterdapatp hama wereng cokelat.
  • Tinggi tanaman Inpari 37 Lanrang terdapatlah sekitar 111 cm dengan umur tanaman kurang lebih 114 hari setelah sebar. Bentuk gabah yang dimiliki varietas tersebut relatif ramping dan warna gabahnya kuning bersih. Padi jenis tersebut dapat tumbuh secara maksimal di sawah irigasi dengan tinggi <600 mdpl dan ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari yang sesuai.Lebih lengkapnya baca juga mesin penggiling padi
  • Padi Inpari 38 Terdapat Hujan Agritan mempunyai umur tanaman 115 hari setelah sebar. Jika ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari yang baik dan benar, maka padi tersebut dapat tumbuh dengan bentuk tanaman dan daun bendera yang tegak serta menghasilkan nasi yang pulen. Padi jenis tersebut juga dikenal agak tahan atau toleran terhterdapatp kekeringan.
    Padi Inpari 42 ialah salah satu jenis padi varietas unggul yang mempunyai umur tanaman kurang lebih 112 hari setelah tanam. Bentuk tanaman dan daun bendera yang dimiliki oleh tanaman padi jenis tersebut terdapatlah tegak dan mempunyai bentuk gabah yang ramping. Padi yang dilepas terdapat tahun 2016 tersebut mempunyai potensi hasil 10,58 t/ha.
    Kenapa Pemupukan Padi dengan Pupuk Organik ?

Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa cara pemupukan padi Inpari dengan melakukan pemberian pupuk organik 2 ton per ha berpengaruh baik terdapat tanaman. Hal tersebut terjadi karena pemberian pupuk tersebut berpengaruh terdapat peningkatan aktivitas cacing tanah dalam mengubah hal atau bahan organik yang terdapat.

Penambahan pupuk organik juga telah terbukti memberikan dampak positif terhadap ketersediaan unsur hara N, P, dan K. Pupuk organik juga tersebut dapat mengefisiensikan jumlah penggunaan pupuk anorganik terdapat penanaman padi di Indonesia.

Meski tersebut baik dan ramah bagi lingkungan, penelitian menunjukkan bahwa sejumlah petani di Indonesia belum berani menggunakan pupuk organik bagi tanaman padinya sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh penyuluh. Beberapa petani masih ragu ragu dan belum yakin akan menggunakan pupuk organik terdapat padi yang akan atau sedang digarapnya.

Beberapa petani yang menjadi responden penelitian enggan untuk menerapkan cara yang dianjurkan dan dijelaskan oleh penyuluh terdapat tahap atau proses persemaian. Hal tersebut dikarenakan petani merasa pencampuran pupuk organik dengan media tanam terlalu menghabiskan waktu yang banyak dan cara yang perlu dilakukan tersebut terlalu rumit.

Meski demikian, cara pemupukan padi Inpari dengan mencampurkan media tanam dan pupuk organik tersebut sangat bagus karena cara tersebut dapat membuat kandungan pupuk tidak akan mengendap di atas media tanam. Selanjutnya selain itu, cara tersebut akan membuat pupuk dan media tanam tidak hanyut ketika musim hujan tiba.

Terdapat saat pemupukan dasar, petani perlu untuk melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik di step pembajakan sawah dan juga sekitar tujuh hari sebelum padi siap untuk ditanam. Meskipun demikian, petani lebih suka menyebarkan semua pupuk yang dimiliki sebelum melakukan proses pembajakan.

Kemudian di saat proses pemupukan setelah tanam, petani hanya memberi pupuk di saat padi berumur dua minggu setelah tanam dan juga saat padi mempunyai umur empat minggu setelah tanam. Para petani tersebut merasa dua kali pemupukan sudah cukup untuk dilakukan untuk budidaya padi di sawah.

Keunggulan Pemberian Pupuk Cair Organik pada Padi Inpari

Studi tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pupuk cair organik dalam pemupukan padi varietas Inpari 42 lebih cenderung menghasilkan pertumbuhan tanaman padi yang lebih tinggi. Penelitian tersebut dilakukan dengan cara menganalisa tinggi padi terdapat umur umur tertentu dan membandingkan hasil tinggi tanaman tanpa dan dengan pupuk cair organik.

  • Terdapat usia 15 HST, padi Inpari 33 yang ditanam tanpa pupuk cair organik mempunyai tinggi 32,8 cm. Sementara itu, padi Inpari 33 usia 15 HST yang ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari menggunakan pupuk cair organik di umur yang sama mempunyai tinggi 34,2 cm.
  • Terdapat usia 95 HST, padi Inpari 33 yang ditanam tanpa pupuk cair organik mempunyai tinggi 94,47 cm. Sementara itu, jenis padi serupa yang ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari menggunakan pupuk cair organik mempunyai tinggi 95,87 cm.
  • Terdapat usia 15 HST, padi Inpari 42 yang ditanam tanpa pupuk cair organik mempunyai tinggi 33 cm. Sementara itu, padi Inpari 42 usia 15 HST yang ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari menggunakan pupuk cair organik di umur yang sama mempunyai tinggi 33,53 cm.
  • Terdapat usia 95 HST, padi Inpari 42 yang ditanam tanpa pupuk cair organik mempunyai tinggi 97,60 cm. Sementara itu, jenis padi yang sama yang ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari menggunakan pupuk cair organik mempunyai tinggi 94,20 cm.
  • Padi Inpari 43 yang ditanam tanpa pupuk cair organik terdapat usia 15 HST mempunyai tinggi 32,93 cm. Sementara itu, padi Inpari 43 usia 15 HST yang ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari menggunakan pupuk cair organik di umur yang sama mempunyai tinggi 32,13 cm.
  • Terdapat usia 95 HST, padi Inpari 43 yang ditanam tanpa pupuk cair organik mempunyai tinggi 92,20 cm. Sementara itu, jenis padi yang sama yang ditanam dengan cara pemupukan padi Inpari menggunakan pupuk cair organik mempunyai tinggi 93,07 cm.