Home Foods Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana Dan Sehat

Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana Dan Sehat

16
0
Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana

Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana-Jika Anda memiliki daging sapi dalam jumlah banyak, jangan bingung saat menanganinya nanti. Resep abon Daging Sapi Kering rumahan adalah salah satu olahan daging sapi paling populer. Karena resep abon sapi mengandung campuran gula merah, warnanya terlihat coklat muda dan serat dagingnya terlihat seperti kapas yang lembut.

abon Daging sapi paling enak dimakan dengan nasi panas. Bahan yang relatif mudah didapat, enak dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh membuat masyarakat lebih memilih abon sapi.  Abon sapi adalah sejenis lauk  kering dengan bentuk yang khas, dan bahan baku utamanya adalah daging atau ikan.

Abon sapi bisa menjadi alternatif makanan yang tidak mudah busuk, jadi sangat cocok untuk koki yang  sibuk atau jarang. Untuk hasil terbaik, pastikan keripik benar-benar kering agar tahan lebih lama dan tetap enak.

Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana

Membuat abon daging sapi di rumah tidak sulit, lho! Bagi anda yang belum tahu, abon sapi adalah  daging sapi giling yang telah dimasak  kering untuk digunakan sebagai lauk atau cemilan. Pada umumnya bumbu daging giling memiliki  rasa yang asin dan gurih.

Sebelum menyiapkan abon sapi, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti petunjuknya dengan cermat.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 2 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • Air bersih secukupnya

Bumbu halus:

  • Bawang merah dan putih secukupnya
  • Lengkuas
  • 3 batang serai
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • Kecap manis
  • Kaldu jamur

Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana

  1. Masak terlebih dahulu daging sapi  dengan lengkuas dan daun salam. Saat daging sudah matang, potong menjadi irisan tipis.
  2. Pukul-pukul dengan alat pemukul daging hingga memar. Kemudian daging di suwir halus. Anda bisa menggunakan garpu agar lebih halus.
  3. Kemudian santan dipanaskan, selanjutnya bisa masukkan daging sapi dan bumbu halus lainnya.
  4. Kemudian masak dengan menggunakan api kecil hingga santan habis dan daging sudah benear-benar kering.
  5. Tunggu hingga dingin, kemudian baru bisa disimpan di wadah kedap.

Manfaat Abon Sapi bagi Tubuh

Baik untuk kesehatan tulang

Abon juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan aliran darah yang lebih merata dan  maksimal, maka kesehatan jantung  terjaga dengan baik dan dapat mencegah berbagai penyakit jantung. Suatu jenis penyakit koroner dan juga gagal jantung.

Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh

Bahan baku abon baik daging sapimaupun daging ikan mengandung selenium yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ini efektif karena dapat melindungi dari  berbagai  penyakit dan membuat Anda tetap bugar dalam  pekerjaan sehari-hari.

Membantu pembentukan sel darah di dalam tubuh

Keunggulan lain dari abon sapi adalah abon sapi merupakan makanan olahan yang terbuat dari berbagai jenis daging. Hampir semua produk daging olahan mengandung zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan juga untuk produksi sel darah. Asupan zat besi yang cukup dapat memaksimalkan sirkulasi darah dan pembentukan sel darah.

Baik Untuk Asupan Energy

Meski secara fisik berserat dan terlihat seperti camilan belaka, jangan salah, kandungan energinya dinilai tinggi dalam satuan kkal.Ini akan membantu meningkatkan asupan energi Anda sepanjang hari. Makanya ada baiknya makan daging giling di pagi hari untuk sarapan atau saat lapar tapi belum menemukan restoran atau tempat makan.

Mencegah anemia

Zat besi yang terkandung didalam abon sapi bisa meningkatkan produksi sel dara merah. Akibatnya, daging giling dapat melindungi Anda dari anemia. Selain itu, kandungan abon daging sapi dapat membantu mengatur suhu tubuh dan mengangkut karbondioksida ke TPA.

Kenyang tahan lama

Abon sapi yang mengandung lemak hasil penggorengan dapat memberikan efek kenyang yang tahan lama.

Untuk menunjang usaha anda bisa menggunakan mesin pembuat abon yang sangat membantu proses pembuatan abon anda. Dengan menggunakan alat tersebut bisa mempermudah dan mempercepat produksi anda. Semoga membantu.