Home news Cara Pengolahan Limbah Plastik di Lingkungan Yang Benar

Cara Pengolahan Limbah Plastik di Lingkungan Yang Benar

14
0
cara pengolahan limbah plastik

Sampah plastik mudah ditemukan di sekitar kita. Sampah tersebut harus diolah kembali agar tidak sulit terurai. Plastik diketahui membutuhkan waktu lama untuk terurai di dalam tanah. Tentu saja, ini tidak baik untuk lingkungan. Oleh karena itu, pembuangan sampah plastik harus dilakukan dengan baik dan benar agar tidak mencemari lingkungan. Makanya, untuk menangani hal tersebut membutuhkan cara pengolahan limbah plastik yang benar dan efisien.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara pengolahan limbah plastik dengan benar. Bahkan, penggunaannya masih terus berkembang. Apalagi, banyak juga masyarakat yang terbiasa membuang sampah sembarangan dan memiliki kebiasaan membakar dan menumpuk sampah. Sehingga merokok itu buruk bagi kesehatan. Tujuan pengelolaan sampah plastik ini adalah untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang terus menumpuk.

Cara mengolah sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan

Berikut beberapa cara mengolah sampah plastik yang sederhana agar lebih bermanfaat bagi lingkungan daripada merugikan, menurut laporan Survei Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan :

Daur ulang sampah plastik

Ada banyak jenis sampah anorganik yang masih bisa didaur ulang atau digunakan kembali. Sebagai contoh, sampah plastik yang terdapat pada botol plastik dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat. Atau sampah plastik terbuka yang berubah menjadi butiran plastik saat dihancurkan. Jika Anda bingung ingin menggunakan apa, maka Anda bisa membawanya ke bank sampah terdekat.

Pilih sampah plastik berdasarkan jenisnya

Berbagai jenis sampah plastik banyak dijumpai dalam bentuk gelas plastik, kemasan makanan/minuman, sedotan, dll. Sebelum diolah sendiri, Anda bisa memilih jenis plastik sesuai dengan jenis plastiknya. Ini akan memudahkan Anda untuk membuang sampah lagi nanti.

Bersihkan plastik dari wadah lain

Jika ada stiker/label kertas yang menempel pada botol dari beberapa jenis sampah plastik (seperti botol air minum), maka bahan tersebut harus dikeluarkan dari botol. Cukup dengan mencuci atau mengikisnya dengan pisau. Untuk botol plastik yang berlubang seperti itu, harus dikompresi terlebih dahulu. Atau bisa juga dikayuh secara manual.
menggunakan mesin penghancur plastik. Cara pengolahan limbah plastik ini sangat mudah karena menggunakan mesin.

Sistem pembuangan limbah plastik atau mesin penghancurnya memainkan peran yang sangat penting. Apa yang dilakukannya adalah memecah plastik hingga berakhir menjadi bubuk bertekstur kasar. Apakah serpihan separasi mengapung/tenggelam. Setelah itu dihaluskan kembali dengan mesin hingga mencair. Sampah plastik hanya ada dalam bentuk partikel plastik.

Buang Sampah Plastik Menggunakan Tempat Sampah

Cara pengolahan limbah plastik sekarang adalah dengan perbankan sampah yang menjadi populer di kalangan massa. Bank sampah sudah bisa ditemukan di beberapa wilayah kota-kota tertentu di Indonesia. Di sana, sampah plastik akan diolah kembali dengan konsep daur ulang. Memo juga disimpan dan dapat ditukar dengan uang. Semua sampah yang dikirim ke sana dicatat dalam buku laporan khusus.

Proses pembuangan limbah juga sangat penting agar tidak membahayakan kesehatan dan menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin ditimbulkan akibat pencemaran limbah adalah diare, demam berdarah, dll. Jika iya, berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah terbaik dalam menyembuhkan berbagai penyakit tersebut.

Jadikan Sebagai Mainan Anak

Tidak hanya barang yang memberikan nilai, mainan juga bisa dihasilkan melalui mainan. Padahal, mainan yang terbuat dari bahan plastik bisa memiliki bentuk yang berbeda-beda atau sekedar aplikasi.

Karya dari bahan plastik seperti helikopter atau robot dapat menggantikan bahan plastik bekas menjadi produk yang tidak terpakai. Mainan plastik juga memungkinkan kreativitas.

Tak heran jika Anda membuat barang-barang seperti ini untuk menambah keakraban dengan anak atau kerabat Anda, terutama dalam hal pembuatan mainan.

Itulah beberapa proses cara pengelolaan limbah plastik yang benar. Dimulai dari proses memilah sampah menjadi beberapa jenis, kemudian dicabik-cabik, dan diolah kembali menjadi barang lain yang lebih bermanfaat. Dengan proses pembuangan sampah yang baik dan benar, maka sampah tidak akan mencemari lingkungan.