Home news Cara membelah batok kelapa dengan cara yang mudah

Cara membelah batok kelapa dengan cara yang mudah

72
0

Cara membelah batok kelapa- Kelapa merupakan bahan makanan yang lezat dan serbaguna. Kelapa sangat cocok disantap ketika masih dalam keadaan segar. Mungkin Anda tidak suka membeli kelapa yang masih utuh karena anda akan beranggapan bahwa Anda harus menyiapkan bor, gergaji, dan peralatan lain untuk membukanya. Namun sebenarnya Anda dapat membuka kelapa dengan cara yang benar menggunakan benda-benda yang mungkin sudah ada di rumah.

Cara membelah batok kelapa

Anda dapat memanaskan kelapanya di dalam oven untuk melunakkannya sehingga Anda bisa membukanya dengan membenturkan kelapa ke permukaan yang keras. Jika tidak ada oven, Anda bisa memecahkan kelapa dengan menggunakan palu atau martil. Jika kelapa telah dibuka, gunakan pisau atau pengupas sayuran untuk mengambil dagingnya sehingga Anda bisa menyantapnya.

Berikut terdapat beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuka batok kelapa atau membelah batok kelapa

Cara membelah kelapa dengan cara yang sederhana

Banyak orang yang beranggapan bahwa membelah batok kelapa adalah hal yang sangat sulit. Pikiran tersebut jika dilihat-lihat memang benar adanya. Hal ini dikarenakan, batok kelapa merupakan bagian dari kulit kelapa yang tebal dan juga  keras.

Umumnya batok kelapa harus dipecahkan terlebih dahulu dengan menggunakan benda yang keras dan tajam. Misalnya pakai pisau yang besar maupun mesin pengupas. Namun, cara mengupas kelapa seperti ini cenderung lebih sulit dan butuh keahlian tersendiri. Namun dalam artikel ini kami akan mengajarkan bagaimana membelah kelapa dengan menggunakan cara yang sederhana tampa menggunakan peralatan yang ribet.

Mengeluarkan air dari kelapa

  1.  Membuat lubang di bagian atas kelapa yang sudah dikupas sabutnya. Pada bagian atas kelapa terdapat 3 mata dan tentunya juga sangat lunak. Jika Anda telah menemukan 3 mata yang paling lunak tersebut, tusukkan ujung pisau ke dalamnya dan buatkan lubang yang berukuran sekitar 1,5 sentimeter.
  2. Balikkan kelapa di atas gelas. Anda memerlukan gelas untuk menampung air kelapa. Letakkan kelapa secara terbalik di atas gelas sehingga lubang yang Anda buat berada terbalik menghadap ke arah gelas.
  3. Biarkan air kelapa benar-benar habis. Setelah ditempatkan di atas gelas secara terbalik, biarkan kelapa tetap di sana selama beberapa menit atau hingga semua airnya habis. Mungkin Anda harus menggoyangkannya beberapa kali agar air yang masih tersisa bisa keluar.

Nah jika langkah pertama sudah dilakukan kita akan masuk ke langkah yang ke dua dengan cara membuka kelapa dengan menggunakan oven. simak penjelasan berikut ini.

Membuka kelapa dengan menggunakan oven

1. Panaskan oven. Jika ingin menggunakan panasnya oven untuk membuka kelapa, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah panaskan oven terlebih dahulu. Atur suhu pada oven ke dalam 190 derajal celcius dan biarkan oven mencapai suhu tersebut.

2. Letakkan kelapa pada loyan kemudian panggang selama 10 menit, teruskan memanggang hingga tempurung kelapa mulai terbelah. Periksa kelapa setiap beberapa menit agar tidak memanggangnya lebih lama.

3. Keluarkan kelapa dengan menggunakan handuk. Jika kelapa sudah mulai retak, keluarkan loyang dari dalam oven. Biarkan kelapa dingin selama 2-3 menit.

4. Masukkan kelapa ke dalam kantong, lalu hantamkan pada permukaan yang keras beberapa kali hingga kelapanya retak.

5. Jika kelapa sudah retak keluarkan kelapa dari kantong dan lepaskan handuk. Ambil setiap potongan cangkang kelapa yang retak dan gunakan pisau untuk mencungkil batok kelapa yang menempel pada daging kelapa secara hati-hati.

Membuka kelapa dengan menggunakan palu

1. Setelah airnya dibuang, lilitkan serbet di salah satu sisi kelapa.

2. Pegang kelapa yang sudah dibalut serbet, lalu ketuk dengan kuat menggunakan palu. Putar kelapa sambil terus memukul sepanjang bagian tempurung hingga retak dan terbelah menjadi dua bagian.

3. Jika tempurung kelapa telah retak, gunakan jari untuk memisahkannya menjadi dua.

4. Pukul kelapa dengan menggunakan palu guna untuk melonggarkan daging dengan cangkangnya.tujuannya agar lebih mempermudah proses pelepasan dagingnya.

5. Setelah dagingnya dilonggarkan dengan memukulnya menggunakan palu, selipkan pisau mentega di dalam celah antara tempurung dan daging kelapa. Gunakan pisau tersebut untuk melepas daging kelapa dari tempurung dengan hati-hati. Ulangi langkah ini pada semua potongan kelapa

Demikian artikel tentang cara membelah kelapa semoga artikel ini bermanfaat.