Home Foods Bisnis Santan Bubuk Sebagai Ladang Mencari Uang

Bisnis Santan Bubuk Sebagai Ladang Mencari Uang

87
0
bisnis santan bubuk

Selain menjadi bahan masakan sehari – hari, santan juga bisa kita jadikan sebagai bisnis. Bisnis santan bubuk bisa kita jadikan untuk ladang mencari uang. Tak perlu repot untuk menjalankannya, kita hanya perlu menggunakan beberapa mesin yang akan membantu kita. Simak terus artikel ini untuk mengetahui seputar bisnis santan bubuk

Santan Bubuk

Seperti yang kita ketahui, santan merupakan cairan yang diperoleh dari perasan parutan kelapa yang berwarna putih susu. Umumnya santan ini digunakan sebagai tambahan pada masakan supaya menciptakan rasa yang gurih pada olahannya.

Namun, apa itu santan bubuk? Santan bubuk sama dengan santan instan lainnya, hanya saja santan ini dikeringkan terlebih dahulu hingga menjadi bubuk. Cara menggunakannya sangat praktis, kita hanya perlu menambahkan air sesuai dengan kekentalan yang kita mau.

Bubuk santan dibuat daru santan yang kemudian diuapkan serta dikeringkan dengan alat yang memiliki suhu sangat tinggi. Santan bubuk mengandung kadar lemak 11% lebih rendah dari pada santan kelapa cair. Saat ini santan bubuk digemari masyarakat karena penggunaan yang mudah, serta bisa kita jumpai di mana saja.

Bisnis dan Peluang Santan Bubuk

Bisnis santan bubuk bisa kita lakukan dengan cukup mudah sebenarnya. Kita tidak perlu repot seperti menjalankan bisnis – bisnis besar di luar sana. Cukup membeli mesin dan alat yang dibutuhkan, maka kamu sudah bisa membuka bisnis santan ini. Setelah membeli mesin dan alat, kedepannya kamu hanya perlu mencari bahan utamanya saja yaitu kelapa.

Saat ini, masyarakat menginginkan semua kebutuhannya bisa terpenuhi secara cepat, terlebih lagi masyarakat kota. Nahh, produk santan bubuk ini bisa menjawab kebutuhan pada pasar saat ini.  Selain itu, santan bubuk juga bisa bertahan lebih lama daripada santan cair. Hal tersebut juga membawa pengaruh kepada masyarakat untuk lebih memilih santan bubuk.

Apa Saja Yang Kita Butuhkan dan Perhatikan Dalam Bisnis Santan?

cara bisnis santan bubuk

Beberapa hal memang perlu kita perhatikan terlebih dahulu. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan saat akan memulai bisnis. Jika kamu salah mengambil keputusan maka kedepannya bisnis kamu juga akan kacau. Berikut ini merupakan hal yang bisa kamu perhatikan saat akan memulai bisnis.

Pastikan Modal Cukup

Karena kita akan memulai bisnis, tentunya kita harus siap modal untuk memulainya. Pastikan terlebih dahulu modal yang kamu pegang saat ini, hitung kebutuhan awal lalu lihatlah dengan modal kamu. Jangan sampai baru awal saja kamu sudah kehabisan modal.

Jenis Santan Yang Akan Kita Jual

Kali ini, kita akan memproduksi dan menjual santan bubuk. Jenis santan ini akan lebih awet daripada santan cair pada umumnya. Walaupun lebih ribet dalam proses produksinya, namun jika sudah berada di pasaran santan bubuk ini akan lebih unggul dibandingkan santan cair.

Kelapa Untuk Memproduksi Santan

Pastikan kelapa yang akan kamu jadikan bahan produksi selalu tersedia. Jika bisa, lakukanlah kerja sama dengan petani kelapa yang ada di daerahmu. Selain pasokan kelapa terjamin, kamu juga akan mendapat harga yang lebih murah dibanding kamu membeli dari pengepul kelapa.

Alat & Mesin Untuk Bisnis

Rasanya tidak mungkin kita tidak membutuhkan bantuan dari mesin. Bayangkan saja bagaimana pegalnya memeras santan jika harus menggunakan tangan. Maka dari itu kita memerlukan mesin untuk membantu kita saat memproduksi santan.

Untuk bisnis ini, yang kita perlukan adalah alat pemeras santan dan spray dryer untuk mengeringkan santan tersebut. Sangat penting kedua alat tersebut untuk membantu bisnis kita berkembang, jika kamu hanya mengandalkan tenaga manual maka bisnis kamu juga hanya akan begitu – begitu saja.

Kemasan Santan

Karena yang akan kita jual adalah santan bubuk, maka kita bisa menggunakan box sebagai kemasannya. Kita bisa membungkus santan bubuk itu ke dalam plastik terlebih dahulu, selanjutnya masukkan dalam box guna mempercantik tampilan produk.

Berilah label untuk menandai bahwa itu produk kamu, dengan begitu konsumen akan lebih yakin dengan produk yang kamu produksi ini.

Ulasan tadi hanya sedikit mengenai bisnis santan, jika kamu ingin membuka bisnis santan pesan dari kami jangan takut! Dalam bisnis memang memerlukan perjuangan terlebih dahulu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Lebih banyak mengenai bisnis santan, baca: Bisnis Santan Kelapa, Yang Perlu Diperhatikan!