Home news Bisnis Rental Mobil Bangkit Lagi Setelah Terpuruk Selama Pandemi Covid-19

Bisnis Rental Mobil Bangkit Lagi Setelah Terpuruk Selama Pandemi Covid-19

76
0

Rental mobil jadi sebuah usaha yang terdampak selama Pandemi Covid-19. Sepinya sewa atau rental mobil selama pandemi ini dirasakan segera oleh pelaku usaha rental mobil di Kota Jogjakarta.

Pengelolah dan pelaku usaha Rental Bersaudara, Helmi Yuda mengungkap selama dua th. pandemi covid-19 melanda, usaha rental yang digelutinya sejak 2015 lalu mengaku amat terpuruk.

Ia menyebut awal pandemi terjadi didalam kurun pas 1/2 th. dirinya pun tak terima order mirip sekali.

Namun menyongsong peristiwa lebaran pas ini seolah jadi angin fresh untuk pelaku usaha rental yang digelutinya.

“Selama pandemi sebenarnya kita (bisnis rental-red) amat terpuruk dan hancur, mirip sekali tidak ada orderan terhitung ada, dan disini kita bertahan mensiasati usahanya supaya bisa konsisten bangkit, dan Alhamdulillah jelang lebaran ini usaha kembali tumbuh dan sudah lumayan banyak yang sewa rental mobil untuk lebaran ini,”

Dikatakan Helmi, para pembeli yang mengunakan sewa mobil ini pun sudah memesan sewa mobil ini pun jauh hari sebelum saat lebaran.

“Untuk pas ini sewa mobil lebaran Alhamdulillah meningkat sejak pandemi covid-19, di mana yang sudah sewa untuk lebaran ini 20 unit mobil, apalagi mereka ini beberapa sudah pesan H- satu bulan lebaran,” ujarnya.

Ia menyebut, umumnya tipe mobil yang ditawarkan kepada konsumen, yaitu mobil keluarga bersama dengan kapasitas 6 sampai 8 penumpang bersama dengan harga merasa dari Rp 250 ribu perhari, dan R 2,1 juta untuk mingguan.

Diketahui, harga sewa mobil di peristiwa lebaran pun terjadi kenaikan 40 prosen dibandingkan harga terhadap hari normal.
“Kalau untuk harga ini beda-beda kadang terkait mobilnya, tapi untuk sewa jelang lebaran sebenarnya ada kenaikan Rp50 ribu dari hari normal biasanya, misalkan biasa Rp 250 ribu jadi Rp 300 ribu” kata Helmi.

Ia menyebut, jelang lebaran usaha rental sebenarnya jadi peristiwa dan mempunyai berkah bagi pelaku usaha Rental Mobil Jogja.

“Kalau senang diambil semua ordel bisa nyebrang 50 unit mobil, tapi kadang meski kita sudah penuh dan ada yang senang rental selamanya kita bantu carikan atau anjurkan ke teman-teman yang terhitung usaha rental ini,” ujarnya.

Sementara itu Terpisah Pelaku Bisnis Reka Rental di Kota Jogjakarta, Zainal perlihatkan selama Pandemi Covid-19 terjadi usaha rental yang dikelolanya mengalami penurunan mencolok dari tahun sebelumnya.

Meski tak sebanyak order tahun-tahun lalu, ia menyebut total 8 unit kendaraan mobil yang disediakan sudah full (penuh) disewa selama lebaran.

“Selama pandemi ini usaha rental mencolok jauh penurunannya, di mana sebelum saat pandemi tempo hari kita sebenarnya sediakan 40 unit mobil, tapi saat ini kita hanya sediakan 8 unit mobil rental. Alhamdulilah untuk lebaran ini rental kita sudah full sewanya sampai tiga hari setelah lebaran,” ujar Zainal.

Sementara itu untuk harga sewa mobil di Eka Rental terhadap peristiwa lebaran pun terjadi kenaikan 50 persen dibandingkan harga terhadap hari normal.

“Untuk harga rental ini kita ada harian dan bulanan, nah untuk hari normal sewa harian ini Rp 250 ribu, dan untuk lebaran Rp 350 ribu, namun untuk bulanan Rp4,5 juta sampai Rp5 juta,” kata Zainal.

Ia menyebut umumnya sewa mobil yang banyak digunakan yaitu sewa harian bersama dengan tipe mobil keluarga bersama dengan muatan 7 sampai 9 orang.

“Di sini kita sediakan mobil keluarga, layaknya avanza, xenia, innova, dan lainnya. Yang mana sebenarnya dominan atau fokusnya kita sewa harian,” ujarnya.