Home news Berat Jenis Aspal Hotmix

Berat Jenis Aspal Hotmix

161
0

Berbicara mengenai kualitas aspal, ada banyak faktor yang terkait di dalamnya. Salah satu pengujian yang dilakukan untuk memenuhi persyaratan mutu aspal adalah mengetahui berat jenis aspal.

 

Apa Itu Berat Jenis Aspal

Berat jenis aspal adalah perbandingan antara massa aspal dan massa air pada volume (isi) dan suhu yang sama.

Lantas, mengapa harus dilakukan pengujian berat jenis aspal? Berat jenis aspal penting bagi perencanaan dan pengendalian mutu campuran aspal. Ini terutama penting untuk kepentingan konversi dan koreksi dari volume (isi) ke berat aspal dan sebaliknya. Pengaruhnya adalah pada penentuan campuran agregat dan kadar aspal yang diperlukan.

 

Cara Pengujian Berat Jenis Aspal

Pertama-tama, masukkanlah contoh/benda uji aspal ke dalam piknometer yang sudah dikalibrasi. Timbanglah piknometer bersama dengan contoh/benda uji tersebut.

Setelah itu, isi ruang yang tersisa dengan air. Mulailah lakukan pengondisian sesuai suhu yang diinginkan. Lalu timbang kembali.

Berat jenis dihitung hingga tiga angka di belakang koma. Perhitungan didasarkan pada massa contoh/benda uji aspal dan massa air yang dipindahkan oleh benda uji dalam piknometer.

Perlu diingat bahwa pengambilan contoh/benda uji aspal harus dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Contoh aspal pun harus bebas dari benda-benda asing yang tidak diinginkan. Sebelumnya, contoh aspal harus diaduk terlebih dahulu sebelum diambil sebagian untuk dilakukan pengujian. Hal ini dilakukan untuk mencegah pemanasan setempat hingga contoh aspal cair siap untuk dituangkan.

Sesuai dengan SNI, syarat minimal untuk berat jenis aspal adalah 1 gram/cc.

Cara menghitung berat jenis adalah menggunakan rumus sebagai berikut:

Berat jenis = C-AB-AD-C

Keterangan:

A = Massa piknometer dan penutup;

B = Massa piknometer dan penutup berisi air;

C = Massa piknometer, penutup, dan contoh/benda uji;

D = Massa piknometer, penutup, contoh/benda uji, dan air.

 

Kemudian, hitung berat isi contoh/benda uji hingga tiga angka di belakang koma dengan persamaan:

Berat isi = Berat jenis × WT

Keterangan:

WT adalah berat isi air pada suhu pengujian (15,6°C dan 25,0°C).

 

Jasa Pengaspalan Terpercaya di Bogor

Pengaspalan memang merupakan pekerjaan yang membutuhkan tenaga profesional. Selain pengaplikasiannya, ada pula berbagai pengujian yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas aspal sekaligus ketepatan dalam penerapannya di lapangan. 

Bagi Anda yang berada di wilayah Bogor dan sekitarnya, jasa pengaspalan Bogor hadir melayani berbagai kebutuhan pengaspalan Anda. Ada berbagai layanan pengaspalan yang disediakan. Mulai dari perbaikan jalan rusak/berlubang, pelapisan ulang, hingga pembuatan jalan baru, semua siap dikerjakan sesuai keinginan Anda.