Home news 34 Daftar Lagu Wilayah di Indonesia dan Aslinya Komplet

34 Daftar Lagu Wilayah di Indonesia dan Aslinya Komplet

132
0

Tiap wilayah yang yang menyebar dari Sabang sampai Merauke tentu saja memiliki kekhasan tertentu. Karenanya tidaklah aneh bila lagu wilayah jadi sebuah keunikan dari wilayah itu.

34 Daftar Lagu Wilayah di Indonesia dan Aslinya Komplet

Lagu wilayah ini bisanya dinyanyikan oleh warga wilayah. Ciri-ciri uniknya memakai bahasa wilayah dan alat musik tradisionil semasing.

Tetapi, lagu wilayah secara umum tidak demikian dijumpai secara jelas siapa pembuatnya.

Untuk jaga keberadaan dan melestarikan beberapa lagu wilayah dari beragam daerah Indonesia, kita harus ketahui beberapa lagu itu.

Berikut kelompok beberapa lagu wilayah dari 34 Propinsi di Indonesia diringkas dari beragam sumber:

Lagu Bungong Jeumpa datang dari Aceh. Lagu wilayah ini bercerita mengenai bunga cempaka yang paling cantik di Propinsi Aceh.

Lagu Butet yang terkenal ini datang dari Sumatera Utara. Kata “butet” memiliki makna anak wanita.

Lagu wilayah ini berisikan narasi mengenai pesan kangen seorang ayah ke anak wanitanya saat dianya sedang ikuti perang.

Lagu wilayah selanjutnya yaitu Ayam Den Lapeh. Lagu ini datang dari Sumatera Barat.

Arti yang ada dari lagu ini ialah anjuran untuk kita supaya tidak begitu terlarut dalam duka cita dan terima semua sesuatunya dengan lega dada.

Soleram ialah lagu wilayah yang dari Riau. Lagu ini berisikan mengenai saran berkaitan tradisi istiadat dan agama supaya selalu terbangun secara baik.

Lagu wilayah dari Kepulauan Riau yaitu Dendang Nelayan. Lagu wilayah dari Kepulauan Riau ini bercerita kehidupan nelayan yang melaut dengan luasnya lautan. Lagu berbahasa Melayu ini dinyanyikan dengan tempo lamban dan syahdu.

Selandang Mayang sebagai lagu wilayah yang dari Jambi. Lagu ini bermakna yang paling dalam mengenai pelukisan usaha keras seorang.

Lagu wilayah asal Sumatera Selatan (Sumsel) ini berisikan saran untuk sama-sama menaungi dan share rasa cinta secara tulus pada sama-sama. Disamping itu lagu ini kerap dihantarkan untuk beragam atraksi di wilayah Sumsel.

Lagu La Barage datang dari Kepulauan Bangka Belitung. Lagu wilayah ini menceritakan mengenai budaya yang menempel pada warga Belitung yang umum disebutkan dengan makan bedulang atau makan bersama.

Yo Botoi Botoi ialah lagu wilayah dari Bengkulu. Garis besar dari terbentuknya lagu ini ialah bercerita keseluruhnya kehidupan warga Bengkulu yang ada di Pantai Pasar Bengkulu.

Lagu Tepui Tepui datang dari Lampung. Lirik lagu Tepui Tepui berisi berikan motivasi warga Lampung supaya masih tetap produktif bangun pada pagi hari dan pergi bekerja di sawah.

Kicir Kicir datang dari DKI Jakarta. Lagu wilayah ini kombinasi pantun plus irama musik.

Kicir Kicir memiliki makna mengenai saran untuk manusia supaya selalu semangat saat menjalankan kehidupan.

Tong Sarakah ialah lagu wilayah yang dari Banten. Lagu ini sampaikan pesan ke manusia tidak untuk bisa serakah saat menjalankan hidup.

Es Lilin ialah lagu yang dari Jawa Barat. Lagu wilayah dengan lirik bahasa Sunda ini, menceritakan mengenai kegundahan seorang wanita untuk pilih figur pengiring untuk hidupnya.

Lagu Gambang datang dari Jawa tengah. Lagu ini memvisualisasikan ketakjuban Ki Narto berdasar hasil suara yang cantik dari salah satunya alat musik suling.

Suwe Ora Jamu ialah lagu wilayah yang dari Wilayah Spesial Yogyakarta. Lagu ini memiliki makna mengenai tatap muka yang terjadi sesudah lama tidak berjumpa.

Rek Mari Rek datang dari Jawa Timur. Lagu wilayah ini menceritakan mengenai keceriaan anak-anak saat hari liburan sudah datang.

Ratu Anom sebagai lagu wilayah yang dari Bali. Lagu ini bercerita mengenai seorang ibu yang minta anaknya menantinya pulang dari pasar.

Lagu Moree datang dari Nusa Tenggara Barat. Lagu wilayah ini Liriknya benar-benar memvisualisasikan mengenai kebudayaan warga NTB, yang unik dengan beragam jenis tarian-tarian tradisionilnya.

Lagu wilayah dari Nusa Tenggara Timur ini menceritakan mengenai seorang yang ada jauh di tanah rantau. Ia dibawa untuk kembali pulang ke desa halaman untuk membuat wilayahnya.

Lagu Aek Kapus datang dari Kalimantan Barat. Lagu wilayah ini bercerita Sungai Kapuas, sebagai icon Propinsi Kalimantan Barat.

Naluya ialah lagu wilayah dari Kalimantan tengah. Kembali ini memiliki makna motivasi untuk mengajari anak-anak agar belajar secara baik dan berdikari.

Lagu Ampar Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan ini bercerita mengenai pisang yang yang dikerubut binatang kecil. Lagu ini dipakai untuk menakuti anak kecil yang menyukai mengambil pisang.

Indung Indung ialah lagu wilayah dari Kalimantan Timur. Lagu ini berisikan beberapa pesan keagamaan untuk beberapa muslim dalam jalankan perintah Allah SWT.

Lagu Bebilin ialah lagu wilayah dari Kalimantan Utara. Lagu ini memiliki makna mengenai saran untuk sama-sama jaga persatuan dan menjauhi dari semua beberapa hal yang bisa menimbukan pemecahan.

Menesel ialah lagu wilayah dari Sulawesi Utara. Lagu ini bercerita makna sebuah penyesalan untuk wanita muda yang merajut sebuah jalinan tetapi belum terlilit dengan pernikahan.

Lagu Hulonthalo Lipu’u ialah lagu wilayah yang dari Gorontalo. Lagu ini bercerita satu keelokan alam yang ada di Gorontalo.

Lagu Posisani datang dari Sulawesi tengah (Sulteng). Lagu wilayah ini digunakan beberapa anak muda Sulteng untuk sama-sama kenalan.

Lagu wilayah Tenggang Tenggang Lopi datang dari Sulawesi Barat. Lagu ini menceritakan mengenai rutinitas warga Sulawesi Barat yang bermata pencarian sebagai nelayan.

Ana’ Kakung ialah lagu wilayah yang dari Sulawesi Selatan. Lagu ini bercerita mengenai seorang anak yang ditelantarkan oleh keluarganya karena permasalahan ekonomi.

Lagu wilayah ini datang dari Sulawesi Tenggara. Kembali ini berisikan ajakan untuk senang dengan menyanyi dan menari bersama.

Lagu populer ini datang dari Maluku. Lagu wilayah ini menceritakan mengenai nona atau anak wanita manis yang disayang oleh semuanya orang.

Borore ialah lagu wilayah yang dari Maluku Utara. Lagu ini bercerita mengenai masa lalu seorang dengan pacarnya, yang tidak dikenali kehadiranya.

Yamko Rambe Yamko ialah lagu wilayah yang dari Papua. Lagu ini bercerita mengenai peperangan antara suku.

Papua Barat awalnya namanya Irian Jaya Barat. Beberapa lagu dari Papua Barat sama dengan Papua, satu diantaranya Sajojo. Lagu Sajojo bercerita mengenai seorang gadis kecintaan orangtua, yang diperebutkan oleh beberapa lelaki di dusunnya.

Nach, itu ia beberapa lagu wilayah komplet dari 34 Provisi di Indonesia dan artinya. Mudah-mudahan dapat menambah rasa cinta kita ke Tanah Air. Jika detikers, paling sukai lagu wilayah yang mana nih?

 

baca juga rekomendasi amplifier gitar
kunjungi juga Chord Indonesia