Home pendidikan 5 Rekomendasi Buku Untuk Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

5 Rekomendasi Buku Untuk Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

161
0
kelas digital marketing
kelas digital marketing

Buku bisa menjadi sarana terbaik untuk belajar digital marketing bagi pemula.

Loh, kenapa? Padahal kan informasi di internet sudah banyak banget tentang bidang ini?

Iya, benar. Akan tetapi, buku-buku yang diterbitkan umumnya sudah melewati filterisasi yang ketat sebelum dirilis ke publik. Bahkan, judul-judul yang terkenal biasanya juga sudah terbukti ampuh dalam membimbing marketer meraih tangga kesuksesan.

Artikel ini akan memberikan rekomendasi buku yang wajib kamu baca kalau ingin masuk ke dunia digital marketing.

kelas digital marketing
kelas digital marketing

Rekomendasi buku untuk belajar marketing bagi pemula

Daftar berikut disusun berdasarkan abjad, ya…

Breakthrough Advertising

Breakthrough Advertising adalah buku babon wajib punya bagi setiap marketer. Ditulis oleh copywriter pemenang banyak penghargaan, Eugene M. Schwartz, buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1966.

Sejak pertama kali diterbitkan, buku ini telah membantu banyak pendiri perusahaan dan pemasar di seluruh dunia untuk membesarkan perusahaan.

Meskipun buku ini secara teknis berada dalam kategori buku pemasaran “copywriter”, buku ini banyak berbicara tentang kondisi alam sadar pelanggan dan bagaimana kamu harus menyusun pesan sedemikian rupa dalam strategi pemasaran agar langsung masuk ke kepala.

Saking lengkapnya, kamu bisa membaca buku ini layaknya membaca kamus. Pilih mana bagian yang sedang ingin didalami, lalu praktikkan. Kalau butuh penjelasan tentang hal lain, tinggal lakukan hal serupa seperti sebelumnya.

Building a StoryBrand karya Donald Miller

Ini adalah salah satu buku pemasaran yang tidak boleh kamu lewatkan.

Bagian terpenting dari buku ini adalah tentang framework storytelling dalam tujuh langkah yang dikembangkan oleh Donald. Kemampuan bercerita ini sangat penting kalau kamu berkecimpung dan ingin mengembangkan brand biar bisa besar serta dikenal banyak orang.

Content Design karya Sarah Richards

Ditulis oleh Sarah Richards, Content Design adalah buku tentang desain konten untuk web. Diterbitkan pada tahun 2017, buku ini terasa lebih seperti buku pegangan karena penjelasannya yang komprehensif.

Ini adalah bacaan yang bagus untuk desainer, khususnya desainer web. Yang jelas, buku ini membahas cara mendesain konten agar kamu bisa mengkomunikasikan pesan produk atau layanan secara efektif.

Jika kamu adalah seorang yang berurusan dengan konten (baik itu copywriting untuk landing page maupun menulis posting blog), atau bekerja di perusahaan, buku ini adalah buku patut dituntaskan.

Play Bigger karya Al Ramadan dan kolega

Pemasaran aktivitas yang mendorong kesadaran untuk menarik sesuatu ke pasar. Jadi, apa cara terbaik untuk bisa ke situ? Bikin pasarmu sendiri!

Play Bigger, oleh Al Ramadan, Dave Peterson, Christopher Lochhead, dan Kevin Maney, adalah buku tentang yang membedah hal itu. Ia menjadi panduan yang memberimu gambaran jelas tentang bagaimana menjadi pembuat tren sehingga kamu bisa mendominasi pasar yang dimaksud.

Play Bigger akan menunjukkan bahwa persaingan itu sebenarnya sudah usang, permainan lama. Sebaliknya, permainan baru adalah tentang membuat celah baru, mengembangkannya, dan mendominasinya dalam jangka panjang.

Itu sebabnya beberapa perusahaan selalu menjadi top of mind. Misalnya, ketika kamu memikirkan smartphone kamu kepikiran Apple dan iPhone-nya. Ketika memikirkan mesin pencari, kamu mungkin memikirkan Google. Ketika memikirkan video, langsung inget YouTube. Masih banyak contoh lainnya.

Perusahaan-perusahaan ini adalah pemimpin dalam kategori mereka dan Play Bigger menyelami bagaimana cara menjadi pencipta ceruk tersebut

Ini adalah buku yang bagus untuk dibaca jika kamu adalah seorang marketer yang bekerja di perusahaan yang berkembang pesat, atau perusahaan yang sedang mencoba untuk berkembang.

Scientific Advertising karya Claude Hopkins

Ditulis oleh Claude Hopkins, Scientific Advertising adalah buku yang berhubungan dengan periklanan yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1923. Buset! Tua banget ya?

Ini adalah salah satu buku yang bagus untuk menjadi pondasi. Meskipun umurnya sudah sangat sepuh, informasi yang diungkapkan di dalamnya masih berlaku bahkan sampai seabad kemudian. Marketer di bidang apa pun wajib sih baca ini.

Buku ini terkenal di dunia pemasaran karena menjadi dokumentasi pertama dari proses-proses penting dalam marketing seperti pengujian terpisah, program loyalitas, hingga pelacakan berbasis kupon.

Secara singkat, buku ini membahas cara mendekati periklanan melalui pengujian dan pendekatan yang terukur. Jadi ngiklan itu nggak ngasal ya!

Apa buku rekomendasimu?

Membaca buku tentang marketing tidak hanya akan membantumu menjadi pemasar yang lebih baik. Hal ini juga akan membuatmu bisa belajar digital marketing secara komprehensif meskipun masih pemula,  menjadi pemikir yang handal, menggarap copywriting yang oke, mengeksekusi jobdesk dengan cekatan, dan lain sebagainya.

Intinya kamu jadi punya modal pengetahuan yang cukup untuk memikirkan strategi marketing apa yang sebaiknya dipakai di masing-masing proyek.

Kalau masih ingin memperdalam, kamu bisa mengasahnya dengan mengikuti Kelas Digital Marketing seperti yang disediakan oleh Bitlabs. Jadi, selain paham ilmunya, nanti kamu pun ikut merasakan praktiknya.

Apakah kamu punya buku rekomendasi lainnya?