Home bisnis Bagian-Bagian Yang Ada Pada Transformator Listrik

Bagian-Bagian Yang Ada Pada Transformator Listrik

113
0
transformator listrik

Sebuah transformator sederhana sendiri, terdiri atas 2 buah kawat yang terisolasi. Masing-masing akan terisolasi pada lokasi yang berbeda. Lalu sebenarnya apa saja bagian pada transformator listrik.

Bagian Pada Transformator Listrik

  1. Inti besi

Adapun bagian dari transformator listrik yang pertama akan dibahas adalah inti besi. Berfungsi untuk memudahkan jalan fluksi. Dimana nantinya fluksi yang ditimbulkan oleh arus listrik, akan melewati kumparan itu sendiri.

Adapun inti besi ini sendiri akan dibuat dari lempengan besi yang sudah terisolasi. Fungsinya untuk mengurangi panas yang diakibatkan oleh arus pusar itu sendiri.

  1. Kumparan transformator

Bagian transformator listrik berikutnya adalah kumparan transformator, terbuat dari beberapa lilitan kawat, yang sebelumnya sudah berisolasi, serta membentuk sebuah kumparan. Nantinya isolasi yang akan dilakukan pada lilitan kawat ini, juga akan dilakukan pada kumparan lainnya, serta pada kumparan inti besi.

Kali ini kumparan transformator sendiri terdiri atas 2 buah, yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Kumparan primer sendiri atau (Np), adalah bagian yang berguna untuk memasukkan tegangan awal. Sedangkan tegangan Sekunder (Ns) adalah tempat dialirkannya tegangan yang dihasilkan.

Adapun fungsi utama dari bagian yang satu ini adalah sebagai transformasi dari arus dan tegangan.

  1. Bushing

Adapun bagian pada transformator listrik berikutnya adalah bushing. Bushing sendiri adalah sebuah konduktor yang sebelumnya sudah diselubungi menggunakan isolator. Adapun fungsi dari bushing sendiri adalah untuk menghubungkan antara kumparan yang ada pada trafo ke jaringan yang ada di luar.

Pada bagian bushing ini sendiri, terdapat buah isolator yang nantinya berfungsi sebagai sekat untuk konduktor dengan bagian tanggi yang ada pada trafo.

  1. Minyak transformer

Minyak transformer sendiri adalah salah satu bahan isolasi yang berbentuk cair. Biasanya digunakan sebagai isolasi dan juga pendingin pada transformer itu sendiri. Bahan yang satu ini juga berkemampuan untuk menahan tegangan tembus.

Ketika digunakan sebagai minyak pendingin, bahan yang satu ini mampu meredam panas yang berhasil ditimbulkan. Hasilnya mampu melindungi transformator tersebut dari berbagai macam gangguan.

Demikianlah beberapa bagian dari transformator listrik, yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan kali ini berguna untuk Anda.