Home news Ayam Bakar Bumbu Rujak Tanpa Santan, Menu Nikmat Berbuka Puasa

Ayam Bakar Bumbu Rujak Tanpa Santan, Menu Nikmat Berbuka Puasa

15
0
ayam-bakar-bumbu-rujak-tanpa-santan

Olahan ayam memang tidak pernah ada habisnya. Pada artikel ini kita akan membahas salahsatunya yakni ayam bakar bumbu rujak tanpa santan

Ayam Bakar Bumbu Rujak Tanpa Santan

Bahan-Bahan :

  • Daging ayam 1/2 kg, bersihkan lalu potong sesuai selera
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun salam 2 lembar
  • 1 batang serai, memarkan
  • Air asam jawa 1 sdm
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula pasir 1 sdm
  • 1 sdm gula merah sisir
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 3 buah cabe merah besar
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 ruas jahe
  • Kemiri sangrai 3 butir

Proses Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak Tanpa Santan :

  1. Siapkan daging ayam lalu bersihkan, cuci dan rendam menggunakan air garam atau air asam jawa.
  2. Selanjutnya buat bumbu halus dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, kemiri, dan jahe. Setelah semua bahan untuk bumbu halus siap, haluskan menggunakan ulekan.
  3. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng untuk menumis.
  4. Kemudian tumis bumbu halus yang telah dihaluskan tadi sampai muncul aroma wangi.
  5. Setelah itu tambahkan daun salam dan daun jeruk agar tumisannya lebih wangi, lalu aduk-aduk hingga cukup matang.
  6. Masukan ayam yang telah dibersihkan, aduk secara perlahan sampai bumbunya meresap ke dalam daging ayam.
  7. Lalu tambahkan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih, kemudian aduk-aduk dan masak sampai dagingnya empuk juga bumbunya meresap.
  8. Ayam bumbu rujak tanpa santan siap dinikmati

Ayam Bakar

Kebanyakan orang mengatakan bahwa olahan daging yang dimasak di atas api rasanya lezat, sensasi khas bakaran juga selalu mampu menggoda kita. Ayam bakar muncul dan berkembang di Asia Tenggara tepatnya Indonesia dan Malaysia

Ingin tau apa itu bumbu rujak yang dipakai untuk ayam? Penjelasannya ada di artikel ini

Olahan ayam bakar juga sangat mudah ditemui dari warung pinggir jalan bahkan sampai restoran besar. Tak hanya lezat, makanan dari daging ayam pun juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasan di bawah ini

Manfaat Daging Ayam

1. Sumber protein yang baik untuk otot

Menurut data U.S. Department of Agriculture, dada ayam ialah salah satu makanan sumber protein yang baik. 100 gram dada ayam mengandung 14,8 gram protein. Rata-rata, kebutuhan protein manusia adalah 1 gram setiap 1 kilogram berat badannya, dengan begitu menyantap 100 gram dada ayam saja telah memenuhi seperempat kebutuhan protein dalam sehari pada orang dengan berat sekitar 60 kilogram.
bukan itu saja, kandungan protein dalam daging ayam juga bermanfaat dalam pembentukan otot. Karena dalam daging ayam terkandung protein berjenis asam amino yang sangat ampuh dalam meningkatkan kekuatan otot kita

2. Menurunkan berat badan

Bagi kalian yang sedang diet dengan protein tinggi sangat disarankan untuk menggunakan daging ayam, terutama pilihlah bagian dadanya. Pasalnya, dalam penelitian jurnal Nutrition menyatakan, adanya perbaikan profil lipid total pada mereka yang rutin menyantap dada ayam. Hal tersebut berarti, dada ayam mampu membantu dalam menurunkan berat badan karena daging ayam dapat menjadi makanan rendah kalori.

3. Mengontrol tekanan darah

Menikmati daging ayam memiliki manfaat dalam mengatur tekanan darah.Hal tersebut dikarenakan daging ayam memiliki kandungan vitamin B3 atau niacin yang terbukti memberikan efek penurunan kadar kolesterol.

Dengan begitu daging ayam merupakan salah satu asupan yang dianjurkan bagi orang yang menderita hipertensi. Namun perlu diperhatika, konsumsilah daging ayam bagian dada karena bagian itu lebih rendah kalori dan lemak.

4. Makanan rendah kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa daging ayam mempunyai kandungan kolesterol yang rendah. Tak heran jika American Heart Association mengemukakan bahwa daging ayam sebagai salahsatu makanan yang kolesterol rendah. Bahkan mengonsumsi daging ayam lebih dianjurkan daripada daging sapi, babi, ataupun domba.

5. Mengobati flu

Sebuah penelitian dari Medline Plus menyatakan, agar menyantap semangkuk sup ayam ketika sedang flu. Termasuk juga saat hidungmu tersumbat atau tenggorogan terasa sakit.

Hal ini karena, kandungan daging ayam yakni asam amino sistein yang mampu memecah lendir. bukan hanya itu saja, sup ayam yang disajikan keadaan hangat akan memberikan perasaan nyaman.

Baca juga : 5 Tips Menyusun Anggaran Ramadhan Supaya Tidak Boros

Tips Membakar Daging Ayam 

Daging ayam yang dibakar dapat menimbulkan zat PAH dan HCA, meskipun belum ada bukti yang kuat, zat ini dapat berisiko menimbulkan kanker. Untuk mengurangi zat tersebut, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah membakar daging ayam sebagai berikut :

  1. Rendam daging ke dalam bumbu ketika hendak dimasak. Tambahkan juga bumbu untuk dilumuri pada daging, ini mampu sebagai penghalang, dengan begitu lebih sedikit HCA dan PAH yang terjadi dalam proses pembakaran
  2. Sebelum daging ayam dibakar, panggang lebih dulu di dalam oven atau microwave. Hal ini untuk mempercepat proses pembakaran
  3. menggunakan otongan daging ayam lebih kecil juga akan membuat daging akan lebih cepat matang dan tidak banyak membentuk HCA atau PAH.
  4. Bolak-balik daging sesering mungkin atau setidaknya jangan ada sisi yang terlalu gosong, sehingga mengurangi peluang untuk hangus. Bagian yang gosong adalah tanda jika HCA telah terbentuk.
  5. Perbanyak penggunaan banyak makanan nabati. Makanan daging perlu diimbangi dengan banyak sayuran, buah-buahan, atau protein nabati lainnya. Makanan nabati juga tidak menghasilkan HCA atau PAH pada saat dipanggang

Itulah resep ayam bakar bumbu rujak tanpa santan, manfaat dan tips membakarnya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya