Home Kesehatan Apa sebenarnya apotek online itu dan bagaimana cara kerjanya

Apa sebenarnya apotek online itu dan bagaimana cara kerjanya

41
0

Di Indonesia, saat ini terdapat lebih dari seratus apotek internet. Itu mungkin tidak tampak banyak, tetapi jumlahnya kira-kira sepersepuluh dari semua apotek di Indonesia. Perorangan atau usaha kecil banyak menjalankan apotek jenis ini, yang melayani pelanggan yang ingin berbelanja obat secara internet. Mereka menjual berbagai macam obat, termasuk obat resep dan obat bebas, serta obat hewan peliharaan. Banyak pasien tidak menyadari bahwa obat mereka sendiri dapat digunakan sebagai pengganti obat lain.

Jika Anda memerlukan obat bebas yang tidak bisa Anda dapatkan di apotek setempat, ada cara untuk mendapatkannya sendiri dengan aman dengan menggunakan apotek internet. Sebelum membuat keputusan untuk membeli obat secara internet apa pun pada perawatan kesehatan Anda saat ini, bicarakan lebih dahulu dengan dokter Anda.

Mayoritas apotek internet telah ada sejak lama. Mereka telah membangun reputasi yang baik di antara konsumen mereka dan telah terbukti sebagai penjual obat resep yang aman dan dapat diandalkan. Anda bisa mendapatkan resep yang sama dengan yang Anda dapatkan dari apotek lokal, tetapi dengan biaya yang lebih rendah. Apotek internet menyediakan layanan sederhana dan mendistribusikan obat-obat mereka di seluruh daerah kepada konsumen mereka. Anda dapat meminta obat dikirim ke rumah Anda atau mengambilnya di kantor pos setempat jika Anda memesan dari satu apotek internet. Banyak konsumen merasa bahwa menggunakan apotek internet jauh lebih nyaman daripada mencoba menavigasi sistem apotek Indonesia yang rumit. Membeli obat tanpa resep dokter tidak lagi diterima oleh banyak apotek. Hal ini dapat membuat menemukan apotek internet yang menerima pembelian obat tanpa resep menjadi cukup sulit.

Banyak apotek online yang lebih besar memerlukan resep khusus dan lebih akrab dengan obat-obatan tertentu. Menurut Komisi Perdagangan, apotek daring menghasilkan pendapatan 2,25 miliar pada tahun 2011. Angka tersebut telah meningkat menjadi 5,44 miliar pada tahun 2015. Terlepas dari kenyataan bahwa pengeluaran obat non-resep menyumbang persentase kecil dari pengeluaran perawatan kesehatan secara keseluruhan, tetap saja merupakan jumlah yang cukup besar bagi konsumen untuk membayar.

Apotek internet jauh lebih mungkin daripada apotek lokal untuk mengirimkan produk ke rumah atau bisnis Anda. Dengan menghindari perjalanan yang tidak perlu ke apotek dan mengirimkan obat langsung ke rumah Anda, Anda dapat menghemat waktu. Ketika Anda membeli sesuatu dari apotek internet, biasanya barang tersebut tiba di rumah atau kantor Anda dalam beberapa hari. Hal yang sama tidak dapat dinyatakan untuk apotek di daerah Anda.