Home bisnis 5 Sumber Energi Terbarukan dan Manfaatnya

5 Sumber Energi Terbarukan dan Manfaatnya

92
0

Seperti yang kita ketahui bahwa sumber energi terbarukan merupakan sumber energi yang dapat kita temukan di alam. Karena didapatkan dari alam, maka sumber energi terbarukan memiliki jumlah yang melimpah dan tidak terbatas.

Jumlah sumber energi terbarukan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber energi terbarukan ini. Dilihat dari letaknya yang melewati garis khatulistiwa dan iklim yang tropis membuat Indonesia memiliki banyak sumber energi terbarukan dengan jumlah yang melimpah.

energi baru terbarukan perlu segera kita manfaatkan dalam kehidupan sehari- hari, selain karena jumlahnya yang melimpah juga memiliki banyak manfaat lain untuk bumi kita ini.

Sudah tahukah Anda apa saja yang termasuk sumber energi terbarukan itu? Mari kita pelajari apa itu contoh sumber energi terbarukan dan manfaatnya bagi kehidupan.

Contoh Sumber Energi Terbarukan

  • Tenaga Air

Tenaga air sudah mulai digunakan sejak dulu. Contohnya adalah pemanfaatan sebagai pembangkit listrik PLTA yang menggunakan kincir air untuk menghasilkan listrik.

  • Tenaga Matahari

Pemanfaatan tenaga matahari yang sudah sering kita lihat adalah menggunakan panel surya. Panel surya akan menyimpan energi dari sinar matahari untuk menghasilkan energi lain.

  • Tenaga Angin

Pemanfaatan tenaga angin dilakukan menggunakan kincir angin. Seperti kincir air, kincir angin juga sudah digunakan dari zaman dulu untuk menghasilkan listrik. Negara yang terkenal akan pemanfaatan energi kincir angin adalah Belanda.

  • Biomassa

Merupakan energi yang bersumber dari organisme. Contohnya adalah tumbuhan, limbah sayuran, kotoran hewan ternak dan feses ( tinja)

  • Tenaga Ombak

Pemanfaatan listrik tenaga ombak banyak dilakukan di daerah sekitar pesisir, menggunakan alat pembangkit listrik mikrohidro seperti pada pemanfaatan tenaga air.

Mengenal manfaat energi terbarukan bagi kehidupan antara lain:

  1. Mengurangi resiko dampak pemanasan global ( global warming)
  2. Pemanfaatan sumber energi yang melimpah dan jumlahnya tak terbatas
  3. Meningkatkan kesehatan makhluk hidup

Beberapa uraian diatas menjelaskan apakah yang termasuk energi terbarukan dan manfaatnya bagi kehidupan. Indonesia memiliki perusahaan yang memanfaatkan EBT sebagai sumber tenaga penghasil energi listrik yaitu PT Pembangkitan Jawa Bali (PTPJB) yang sudah memanfaatkan tenaga air, uap, dan matahari untuk menghasilkan listrik.

Selain itu PJB juga mengelola beberapa jenis bisnis diantaranya pengelolaan teknologi informasi dan juga pengembangan.