Home pendidikan Alat Musik Tradisional Asal Afrika dengan Keunikannya

Alat Musik Tradisional Asal Afrika dengan Keunikannya

15
0
Alat Musik Khas Afrika

DI Afrika, musik menjadi makanan bagi setiap jiwa. Dimana, sering digunakan untuk menjadi sarana komunikasi dan kekuatan pemersatu terhadap masyarakat setempat. Perlu diketahui bahwa, Afrika kaya akan keindahan alam, alat musik tradisional dan berbagai suara musik sehingga sudah mengelilingi dunia.

Jenis-Jenis Alat Musik Khas Afrika

Ada beberapa jenis alat musik yang berasal dari afrika dengan memiliki keunikan dan ciri khasnya yang berbeda-beda. Alat musik tersebut, antara lain yaitu:

1. Kalimba

Kalimba merupakan salah satu alat musik yang berasal dari daerah Zimbabwe, Afrika yang masih terkenal hingga saat ini. Dimana, alat musik kalimba ini dibuat dari logam dan banyak masyarakat Eropa dan Amerika yang memainkannya.

Untuk memainkannya pun cukup mudah caranya dengan menekan tuts sesuai irama nada kunci lagu. Sehingga pada saat dimainkan terdengar irama merdu dan khas dari alat musik ini.

2. Udu

Alat musik Afrika yang menghasilkan suara santai, yaitu udu. Alat musik ini sangat populer di suku Igbo yang berada di sebuah wilayah Nigeria tenggara. Dalam bahasa Igbo, istilah “udu” artinya pot, jadi seperti itulah bentuk pada alat musik ini.

Akan tetapi, saat seorang pemain memukulnya menggunakan telapak tangan atau jari, maka alat musik ini dapat menciptakan suara tetesan air yang tenang. 

3. Kora

Kora adalah salah satu alat musik yang dibuat dari labu kemudian dilapisi dengan kulit hewan. Cukup banyak masyarakat setempat yang bilang bahwa, alat musik ini serbaguna sehingga diklasifikasikan sebagai ‘double-bridge-harp-lute’.

Pada dasarnya, dimainkan dengan cara dipetik sebagai pengiring untuk mendongeng, pembacaan puisi, nyanyian dan lain sebagainya. https://tengahviral.com

Bahkan, alat musik ini juga sudah digunakan selama lebih dari 5000 tahun, jadi nggak heran jika banyak digunakan di Afrika barat maupun timur.

Secara global, sudah banyak masyarakat Afrika yang bisa memainkannya dengan sangat baik saat memainkan alat musik tradisional, sebab mereka sudah berada di garis depan musik. hal tersebut disebabkan karena banyak seniman yang  berbakat di berbagai industri musik Afrika.