Home Travel Tugu Pal Jogja saksi bisu perkembangan provinsi DIY

Tugu Pal Jogja saksi bisu perkembangan provinsi DIY

235
0
tugu pal putih jogja nalatra.com

Tugu Jogja adalah ikon atau sebuah tempat dimanan para wisatawan mengambil foto sebagai bukti pernah berada di kota wisata ini. Bagi pengguna layanan travel ke jogja perjalan tidak afdol sebelum melintasi tugu yang menjadi maskot kota yogyakarta.

tugu pal putih jogja nalatra.com

Asal usul atau sejarah tugu jogja yang merupakan saksi sejarah perkembangan kota jogja yang pertama kali dibangun atas inisiasi dariĀ  Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I pada sekitar tahun 1755, Tugu ini baru dibuat setelah Keraton Yogyakarta selesai dibangun secara sempurna.

Sebagai informasi saat anda sedang berada di Tugu jogja cobalah buka google maps, kemudian tarik garis imajiner maka letak atau posisi tugu ini sejajar dengan gunung merapi, Laut Selatan dan juga Keraton Yogyakarta. Entah ini cuma cocokologi, kebetulan atau memiliki arti tersendiri.

Sepanjang berdirinya, tugu ini perna hancur lebur akibat gempa dahsyat yang melanda provinsi DIY, Setelah gempa bumi tersebut bangunan Tugu ini Putih hancur dan dibiarkan terbengkalai menjadi tiga kepingan runtuhan

Bari pada era pemerintahan kolonial belanda, tugu ini kembali di renovasi sekitar tahun 1889. Kala itu proses renovasi dan pendirian kembaliĀ  Tugu jogja langsung diawasi oleh Patih Dalem Kanjeng Raden Adipati Danurejo V.

Sebelum hancur karena gempa, Tugu ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter lebih, namun tugu yang kita saksikan saat ini hanya memiliki ketinggan tak lebih dari 15 meter saja. Selain tingginya yang berkurang, bentuk nya juga diubah tak lagi sama dengan yang pernah dibuat oleh Sri Sultan.

Menurut cerita yang dipercayai masyarakat jogja asli. Perubahan bentuk yang dilakukan oleh Belanda bertujuan memecah persatuan antara rakyat dengan penguasa Keraton. Tapi, berkat keteguhan warga Jogja yang memegang teguh budaya dan adat istiadat upaya tersebut menjadi pekerjaan belanda yang sia sia.

Tugu Pal Putih Joga berlokasi di persimpangan Jalan Sudirman, Jalan AM Sangaji, Jalan Diponegoro, serta Jalan Mangkubumi. Posisi yang cukup strategis untuk dijangkau para wisatawan.

Nalatra sebagai salah satu penyedia layanan travel jakarta jogja yang memiliki paket perjalanan wisata bisa anda manfaatkan sebagai sarana transportasi dai jabodetabek menuju kawasan wisata tugu pal jogja.