Home Uncategorized Tips Mengatur Tata Cahaya Yang Keren

Tips Mengatur Tata Cahaya Yang Keren

94
0

Cahaya merupakan suatu hal yang dilihat oleh mata setiap harinya. Sebuah ruangan yang didesain pastinya menjadikan cahaya sebagai elemen penting. Apa gunanya ruangan yang memiliki arsitektur indah namun tidak bisa dinikmati secara menyeluruh oleh mata kita? Itulah mengapa pencahayaan sangat penting dalam mendekorasi ruang.

Para arsitek sepakat bahwa pencahayaan yang baik mengandung 3 unsur utama, yaitu fungsi, aksen, dan ambient. Nah? Bagaimana sebenarnya tips untuk mengatur tata cahaya agar fungsinya tetap ada dan terlihat lebih keren. Di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi contoh dan juga referensi :

1. Membuat Sumber Cahaya Tersembunyi

Tips yang pertama yang bisa dicontoh adalah dengan membuat sumber cahaya tersembunyi. Hal ini berguna untuk menonjolkan keunikan interior ruang, memberikan suasana arsitektur tersendiri. Sumber cahaya tersembunyi ini bisa berasal dari pemasangan lampu atau sumber cahaya lain.

2. Berikan Sentuhan Yang Kontras

Cara kedua yang bisa menjadi tips mengatur tata cahaya agar terlihat lebih keren adalah dengan memberikan sentuhan yang kontras. Maksudnya adalah upayakan interior memiliki warna yang kontras dengan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Cara ini bisa membuat pencahayaan menyatu dengan ruang tadi, sehingga menambah kesan elegan.

3. Cahaya Alami

Cahaya alami memang masih menjadi sumber pencahayaan yang unggul. Adanya area yang mampu membuay cahaya alamj masuk ke dalam ruang membuat mata kita secara intuitif memahami perubahan waktu. Cara ini bisa dengan mengatur arah jendela, karena arah jendela akan sangat mempengaruhi cahaya alami yang akan masuk.

4. Menggunakan Lampu Yang Tepat

Sejatinya setiap ruang memiliki karakteristiknya sendiri. Hal ini akan berpengaruh pada jenis pencahayaan yang akan dipakai. Seperti ruang kerja misalnya, pastinya unsur fungsi akan lebih dibutuhkan. Pencahayaan fungsi ini hanya berfokus pada satu titik saja, yaitu meja kerja. Gunakan lampu meja, seperti lampu meja dari kerajinan tembaga sebagai sumber pencahayaan.

5. Lakukan Kalkulasi

Bagi yang masih bingung dengan berapa seharusnya jumlah cahaya yang dibutuhkan sebuah ruang, mungkin bisa dengan mulai melakukan kalkulasi. Caranya cukup dengan menghitung luas ruangan yang dimiliki lalu kalikan angka tersebut dengan 1,5. Setelah mendapatkan hasilnya, maka itulah jumlah watt yang dibutuhkan oleh ruangan.

Demikianlah tadi tips mengatur tata cahaya ruang agar terlihat keren. Bagaimana, cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bisa membantu dan menjadi sumber informasi yang akurat ya. Selamat mencoba.