Home Informasi Tips Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci: Cara yang Efisien dan Hemat Waktu

Tips Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci: Cara yang Efisien dan Hemat Waktu

69
0
Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mencuci gorden dengan mesin cuci

Gorden adalah bagian penting dalam dekorasi rumah Anda. Mereka tidak hanya melengkapi tampilan interior, tetapi juga berfungsi untuk melindungi privasi Anda dari mata orang luar. Namun, seiring berjalannya waktu, gorden bisa menjadi kotor dan berdebu, sehingga mencuci mereka menjadi suatu keharusan. Salah satu cara yang efisien dan hemat waktu untuk mencuci gorden adalah dengan mesin cuci. Namun, Anda perlu mengikuti beberapa tips agar hasilnya bersih dan gorden Anda tetap awet.

Kunjungi juga: laundry stroller Bekasi

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mencuci gorden dengan mesin cuci.

1. Periksa Label Petunjuk Pencucian

Sebelum mencuci gorden, periksa label petunjuk pencucian. Banyak gorden memiliki petunjuk pencucian yang terdapat pada label yang melekat pada gorden itu sendiri. Ini akan memberi tahu Anda apakah gorden tersebut boleh dicuci dengan mesin atau harus dicuci secara manual. Jika label tersebut mengizinkan pencucian mesin, pastikan Anda mengikuti petunjuk pencucian yang tercantum.

2. Lepaskan Gorden dari Jendela

Sebelum mencuci, pastikan untuk melepas gorden dari jendela atau relnya. Ini akan memudahkan Anda dalam memasukkan dan mengeluarkan gorden dari mesin cuci, serta menghindari kerusakan pada gorden atau mesin cuci.

3. Singkirkan Debu dan Kotoran

Sebelum mencuci gorden dengan mesin cuci, sebaiknya Anda membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada gorden. Anda bisa menggunakan penyedot debu atau menggantung gorden di luar rumah dan menggerak-gerakkan mereka agar debu terbang. Ini akan mencegah debu menyebar di dalam mesin cuci dan merusak gorden selama proses pencucian.

4. Pisahkan Gorden Berdasarkan Warna dan Bahan

Agar warna gorden tetap terjaga dan tidak luntur, pisahkan gorden berdasarkan warna dan jenis bahan. Hindari mencampur gorden berwarna gelap dengan gorden berwarna terang, dan cuci gorden yang terbuat dari bahan yang sama bersama-sama.

kunjungi juga: cuci gorden bekasi

5. Gunakan Siklus Pencucian Ringan

Ketika memasukkan gorden ke dalam mesin cuci, pilih siklus pencucian yang ringan atau delikat untuk menghindari kerusakan pada bahan gorden. Gunakan air dingin atau air suhu rendah untuk menghindari penyusutan atau luntur warna.

6. Gunakan Deterjen yang Sesuai

Pilih deterjen yang lembut dan bebas pewangi untuk mencuci gorden. Deterjen dengan pewangi kuat dapat meninggalkan bau yang tidak diinginkan pada gorden Anda. Gunakan jumlah deterjen yang direkomendasikan sesuai dengan panduan pada label deterjen.

7. Hindari Penggunaan Pelembut Pakaian (Fabric Softener)

Pelembut pakaian bisa meninggalkan residu pada gorden dan mengurangi daya serapnya. Sebaiknya hindari penggunaan pelembut pakaian saat mencuci gorden.

8. Jangan Overload Mesin Cuci

Pastikan Anda tidak mengisi mesin cuci terlalu penuh dengan gorden. Biarkan cukup ruang bagi gorden untuk bergerak bebas dalam mesin cuci sehingga pencucian dapat berjalan dengan efisien.

9. Hindari Pemutaran Terlalu Lama

Setelah pencucian selesai, segera keluarkan gorden dari mesin cuci. Hindari membiarkan gorden tetap berada dalam mesin cuci terlalu lama, karena bisa menyebabkan kerutan yang sulit dihilangkan.

10. Gantung Gorden dengan Baik

Setelah mencuci, gorden harus segera digantung untuk mengeringkannya. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, terutama jika gorden Anda terbuat dari bahan yang mudah luntur. Pastikan gorden benar-benar kering sebelum menggantungnya kembali di jendela.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mencuci gorden dengan mesin cuci secara efisien dan tetap menjaga kualitas dan penampilan mereka. Selalu periksa petunjuk pencucian pada label gorden Anda dan pertimbangkan untuk mencuci gorden secara teratur agar tetap bersih dan tahan lama.