Home news Tips Menabung Buat Menikah

Tips Menabung Buat Menikah

99
0

Tips menabung buat menikah yang bisa kamu lakukan untuk menikah salah satunya yaitu menyiapkan rincian anggaran pernikahan. Setelah menyiapkan rincian tersebut, baru kamu bisa menerapkan strategi yang sesuai dengan target nikahmu.

1. Menyiapkan Rincian Anggaran Pernikahan

Sebelum menikah, ada baiknya kamu merencanakan berapa anggaran tips menabung buat menikah yang diperlukan. Membuat list secara rinci apa saja budget yang harus kamu keluarkan untuk menikah.

Biaya ini dapat berupa sewa gedung, biaya sewa baju pengantin, penata rias dan lain sebagainya. Setelah membuat estimasi biaya yang keluar, baru bisa memutuskan harga yang ingin dikeluarkan. Tentunya sesuai dengan persiapan finansial yang sudah matang.

2. Menentukan Konsep Pernikahan

Setelah membuat rincian anggaran pernikahan, kamu juga bisa  membuat konsep pernikahan yang sesuai dengan budget agar mampu menabung dengan lebih mudah.

Konsep pernikahan ini tentu harus sesuai dengan anggaran yang sesuai dengan perencanaan keuangan sebelumnya. Beberapa contoh konsep pernikahan yaitu seperti tema pernikahan, letak pernikahan (indoor atau outdoor), dan lain sebagainya.

3. Mempunyai Tabungan Khusus Menikah

Salah satu tips menabung untuk menikah yang paling efektif yaitu dengan memisahkan rekening tabungan nikah dengan tabungan lainnya. Tabungan khusus menikah wajib dimiliki oleh setiap pasangan yang mempunyai rencana untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Langkah awalnya dapat membuat rekening baru untuk menyisihkan tabungan yang kamu miliki, setelah itu baru bisa mengatur alokasi pendapatan baik kamu maupun calon pasanganmu. Tabungan khusus ini perlu kamu manfaatkan untuk menabung rutin dengan penuh komitmen sehingga target dana pernikahan dapat terwujud.

4. Membuat Target Dana

Setelah membuat tabungan khusus menikah, kamu harus menentukan jumlah dana yang harus terpenuhi. Target ini dapat berupa menabung Rp100.000 per minggu atau mengalokasikan dana sebesar 30% dari gaji bulanan. Dengan rutin mengalokasikan dana secara konsisten, pelan tapi pasti biaya untuk pernikahan yang kamu impikan akan terwujud.

5. Belajar Hidup Hemat

Untuk memenuhi target dana pernikahan, kita juga perlu berhemat. Beberapa contoh hidup hemat yaitu seperti, mulai mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak kamu butuhkan dan mengoptimalkan pendapatan yang kita dapatkan untuk hal-hal yang lebih penting.

6. Menyiapkan Modal dengan Investasi Reksadana

Cara menabung yang lebih efektif yaitu dengan cara investasi, salah satunya memanfaatkan produk reksadana. Reksadana sendiri merupakan wadah untuk mengumpulkan dana atau kolektif dari investor untuk berinvestasi bersama pada produk-produk investasi pasar modal seperti surat berharga, obligasi, dan saham dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Agar dana pernikahan mampu terwujud, lebih-lebih menghasilkan keuntungan ada baiknya kamu mulai berinvestasi menggunakan produk reksadana. Sebelum berinvestasi reksadana, kita juga harus menentukan target waktu menikah agar sesuai dengan produk reksadana.

Untuk target menikah jaraknya kurang dari 1 tahun sampai dengan dua tahun dan kamu bisa menggunakan produk reksadana pasar uang. Sementara itu untuk target menikah 2-5 tahun, kamu bisa menggunakan reksadana pendapatan tetap dan reksadana campuran.

7. Menyiapkan Dana Darurat

Peristiwa di masa depan dapat membentuk sesuatu yang tidak bisa kita antisipasi. Karena hal tersebut, kita harus mempersiapkan dana darurat. Selain dana untuk menikah, kita juga harus menyiapkan dana darurat agar bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya darurat.

Contoh-contoh kebutuhan darurat antara lain, kecelakaan, sakit, dan lain sebagainya.

8. Mengatur Prioritas

Selama untuk menyiapkan dana pernikahan, kita juga perlu menentukan prioritas pengeluaran bersama pasangan. Dengan mengatur prioritas tersebut jadi kita bisa lebih mudah untuk menabung agar bisa mencapai target.

9. Frugal Living

Frugal living adalah gaya hidup hemat yang menjadikan seseorang sebisa mungkin agar dapat memprioritaskan kebutuhan dan mengontrol keinginannya. Apabila kamu ingin hidup hemat, maka kamu harus memikirkan tujuan utama, yaitu dengan cara menabung buat menikah.

baca juga : catering pernikahan jakarta