Home bisnis Tertarik Dengan Bisnis Kosmetik, Yuk Simak Tulisan Berikut Ini!

Tertarik Dengan Bisnis Kosmetik, Yuk Simak Tulisan Berikut Ini!

14
0

Dalam beberapa tahun belakangan, minat terhadap kosmetik, skin cara atau sejenisnya semakin meningkat, tak hanya wanita saja pemakainya akan tetapi pria pun juga turut menjadi pengguna. Merawat diri dewasa ini bukan sebuah aib, melainkan sebagai keharusan makanya kebutuhan akan kosmetik, skin care atau sejenisnya semakin meningkat. Hal ini diikuti dengan banyaknya brand, baik lokal maupun luar berlomba-lomba meluncurkan produk-produk terbarunya di pasar agar semakin diketahui oleh orang banyak sehingga bisnisnya bisa berkembang.

Mungkin dalam diri anda, anda tertarik mencoba peruntungan dalam dunia kosmetik ini tetapi anda segera mengurungkan ketika membayangkan modal besar atau membangun pabrik dan semacamnya. Nah, agar bisa membangkitkan keinginan anda lagi, kami akan memberi tahu tentang sebuah jasa yang bisa mewujudkan keinginan anda terjun ke dunia kosmetik tanpa modal yang begitu besar.

Jawaban tersebut adalah jasa maklon kosmetik, yaitu perusahaan yang membuat produk sesuai keinginan dari klien atau pelanggan. Jika anda ingin terjun ke dunia kosmetik, skincare atau semacamnya dengan ingin memiliki produk sendiri, anda bisa menggunakan jasa maklon kosmetik untuk membantu anda dalam proses pembuatannya hingga produk jadi sehingga anda tinggal menjualnya.

Konsep seperti ini sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, anda bisa membuat produk kosmetik dan skincare sendiri sesuai permintaan anda dan pihak maklon kosmetik memperoleh keuntungan dari permintaan anda. Jenis seperti ini sering dipakai oleh beauty vlogger, beauty blogger atau para artis yang berlomba-lomba memiliki produk sendiri sehingga bisa makin dikenal oleh masyarakat.

Nah, apa saja yang harus anda ketahui saat ingin memakai jasa maklon kosmetik? Berikut akan kami jabarkan mengenai detail-detailnya untuk anda.

Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui 

Peluang dalam bisnis kosmetik selalu berkembang di tiap tahunnya, pada tahun 2018, perkembangan kosmetik mengalami kenaikan 20% dari tahun sebelumya, yang berarti bahwa bisnis ini merupakan peluang terbaik untuk saat ini. Pun, seperti yang dikutip oleh Kemenperin, melimpahnya bahan baku pembuatan kosmetik membantu bisnis ini untuk terus berkembang ke depannya. 

Proses pertama pada saat anda memakai jasa maklon kosmetik adalah:

  1. Pembuatan Sampel Produk

Hal pertama yang akan dilakukan adalah membuat sampel produk sesuai permintaan anda, dengan mengetahui biaya pembuatan dan lain-lain agar mengetahui kualitas dan nilai jualnya pada saat sudah siap. Pastikan memilih perusahaan maklon yang profesional agar jika anda ingin menata ulang komposisinya, perusahaan maklon tersebut tidak keberatan.

2.Perizinan

Supaya produk bisa dijual di pasaran, anda membutuhkan beberapa perizinan dari pihak terkait, di antaranya:

  • BPOM

Produksi secara massal akan bisa dimulai pada saat nomor BPOM untuk produk sudah dikeluarkan, artinya produk yang akan dijual tersebut sudah lolos dari serangkaian proses panjang untuk menjamin produk tersebut aman

  • Halal MUI

Sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia atau biasa disingkat MUI dibutuhkan untuk mengecek kehalalan produk tersebut, ini dibutuhkan agar konsumen yang akan membeli produk anda merasa produk tersebut tidak bahaya.

  • Merk dan Paten

Mematenkan merk perlu sekali agar suatu produk tidak bisa ditiru sembarangan oleh orang lain, juga memberikan hal eksklusif bagi anda menggunakan merek tersebut dan memperdagangkannya di tempat yang anda ingin.

 

3. Biaya Maklon Kosmetik

Harga maklon kosmetik bisa saja tergantung perusahaan pilihan anda, tetapi minimum rata-rata biaya maklon kosmetik yang pertama kali biasanya berkisar Rp50.000 hingga Rp100.000.000. harga tersebut tergantung dengan jenis produk yang akan dibuat, kuantitas dan formula dari produk tersebut.

Memilih Perusahaan Yang Berkualitas

Pastikan perusahaan yang anda pilih berkualitas, jangan hanya tergiur harga murah saja, cek kembali produk apa yang sudah dibuat oleh perusahaan tersebut. Hal ini untuk memastikan produk yang akan anda buat di perusahaan tersebut berkualitas dan tidak mengecewakan, sehingga anda bisa mengembangkan bisnis anda tanpa ada halangan apapun.