Home Jasa Taman Nasional Way Kambas, Rumah Nyaman untuk Gajah Sumatera

Taman Nasional Way Kambas, Rumah Nyaman untuk Gajah Sumatera

89
0
Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas populer sebagai tempat untuk konservasi gajah sumatera. Gajah sumatera sendiri adalah hewan asli di Pulau Sumatera. Area taman nasional ini terdiri atas hutan air rawa dengan hamparan semak belukar, padang rumput, dan juga hutan pantai. Luas secara keseluruhan taman ini yaitu mencapai 125.000 hektar.

kunjungi juga: jasa taman bandung

Sementara itu, untuk jumlah gajah yang dilatih di Way Kambas tersebut ada sekitar 300 gajah. Gajah-gajah ini nantinya bakal disebarkan ke beberapa kebun binatang yang terdapat di Indonesia.

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas terletak di provinsi Lampung, tepatnya yaitu berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Kawasan taman nasional ini masih berdekatan dengan Sungai Way Kambas dan menjadi konservasi habitat asli dari Gajah Sumatera.

Jenis taman nasional ini sering disebut dengan TNWK, berfungsi utama sebagai perlindungan gajah. Perannya juga sebagai sekolah gajah yang pertama ada di Tanah Air sejak tahun 1985 silam sampai saat ini. Taman Nasional Way Kambas melindungi hewan yang hampir punah. Sehingga, taman nasional satu ini juga berfungsi sebagai sarana konservasi.

kunjungi juga: tukang taman bandung

Perlu Anda ketahui, bahwa Way Kambas tidak hanya rumah untuk gajah-gajah sumatera saja. Akan tetapi juga sejumlah hewan yang dilindungi lainnya. Mulai dari kucing emas, beruang madu, harimau sumatera, rusa, badak sumatera, sambas, serta kijang. Selain itu ada juga beberapa binatang lainnya yang terancam punah.

Nah, bagi Anda yang merasa tertarik ingin mengunjungi taman nasional di Pulau Sumatera ini, Anda bisa menyaksikan dari dekat mengenai bagaimana proses penangkaran satwa. Ketika sore hari, Anda juga bisa menikmati sajian atraksi menarik yang disuguhkan oleh gajah-gajah disana. Ada pertunjukkan atraksi membajak sawah, atraksi mengusung kayu, dan juga sirkus. Nah, saat akhir pekan, atraksi yang dapat Anda nikmati seperti pertandingan bola antar gajah.

Taman nasional satu ini dikelola secara langsung oleh pihak Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Taman Nasional Way Kambas akan menjadi wisata edukasi yang sangat menarik dan cocok untuk melepas penat. Sambil belajar dan menyadari bahwa lingkungan hijau penting bagi kehidupan manusia. Selain itu, Anda juga akan lebih memahami bahwa melestarikan hewan-hewan ini juga penting dilakukan agar tidak terjadi kepunahan.