Home news Sweety Arum Manis Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Saat Ini

Sweety Arum Manis Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Saat Ini

54
0
Sweety Arum Manis

Sweety arum manis atau masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan arum manis rambut nenek. Makanan manis tersebut merupakan salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Indonesia. Alasan menjadi jajanan tradisional dikarenakan rambut nenek sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Dulunya, makanan manis ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan atau orang yang mempunyai uang saja. Tetapi kini arum manis bisa dinikmati oleh siapa saja,bahkan juga bisa dibuat oleh siapa saja. Pembautan arum manis rambut nenek ini juga cukup muda dan bahan-bahan untuk membuatnya bisa kamu temui di warung atau toko terdekat. Jika kamu ingin membuatnya, kamu bisa melihat resep sweety arum manis dibawah ini.

Asal Muasal Arum Manis Rambut Nenek

Sweety Arum Manis

 

Beberapa pendapat mengatakan bahwa, sweety arum manis atau rambut nenek berasal dari Kota Malang, Jawa Timur. Namun, juga ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa jajanan manis ini berasal dari Desa Kesambi, Kabupaten Lamongan. Sebenarnya dari kedua pendapat tersebut tidaklah menjadi suatu masalah. Sebab kedua daerah yang maksud sebagai daerah asal arum manis rambut nenek tersebut merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Timur.

Bahan utama untuk membuat rambut nenek adalah gula pasir dan tepung terigu. Ada juga bahan tambahan lainnya seperti air perwarna makanan dan asam citrum. Kebanyakan orang-orang membuat arum manis rambut nenek ini masih menggunakan cara manual, yaitu tidak menggunakan mesin pembutanya. Sehingga proses pembuatan sweety arum manis ini bisa sampai berjam-jam lamanya.

Di Indonesia sendiri arum manis rambut nenek pernah eksis di berbagai daerah. Salah satunya yaitu di daerah Solo, yang mana disana masih menyisakan seorang yang dapat membuat arum manis rambut nenek tersebut dengan cara tradisional. Yaitu masih menggunakan kedua tangannya untuk membuat rambut nenek, yaitu mengubah adoan gulali menjadi serat-serat rambut nenek yang unik. Ia juga menjualnya di pasar tradisional disana. Beliau bernama Mbok Sayen.

Sweety Arum Manis Juga Bisa Disebut Arbanat

Sweety Arum Manis

Rambut nenek merupakan salah satu jajanan yang sangat populer di tahun 1990-an. Selain dikenal dengan nama rambut nenek, jajanan ini juga dapat disebut dengan nama arum manis. Namun, nama sebenarnya sweety arum manis ini adalah arbanat. Banyak yang menyebut dengan nama rambut nenek dikarenakan saat pertama kali jajanan ini dipasarkan hanya berwarna putih saja. Dan ditambah dengan tampilannya yang menyerupai helaian rambut. Sehingga jika dilihat dari kejauhan jajanan manis tersebut mirip dengan uban atau rambut putih yang banyak dimiliki oleh orang tua.

Seiring berjalannya waktu dan berkembang zaman, sweety arum manis mulai dibuat dengan berbagai macam varian warna. Contohnya ada warna hijau, merah, kuning, dan warna lainnya. Tak ingin kalah dengan warna yang semakin beragam, rasa dari arum manis rambut nenek ini juga semakin bervarian. Mulai dari rasa manis, melon, durian, pandan, coklat dan masih banyak lagi rasa lainnya.

Cara Membuat Sweety Arum Manis

Sweety Arum Manis

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • Gula pasir 250 gram
  • 200 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • 1/4 sdt asam citrum

Cara Membuat Sweety Arum Manis:

  1. Sangrai tepung terigu dan juga susu bubuk hingga beraroma harum dan setelah itu segera matikan api pada kompornya.
  2. Tuangkan tepung terigu dan susu bubuknya yang telah disangrai ke dalam wadah yang lebar seperti loyang dan biasa dipakai untuk membuat kue.
  3. Taburkan tepung terigu dan susu bubuknya secara merata, kemudian diamkan hingga dingin. Sembari menunggu tepung terigu dan susu bubuk yang disangrai tadi menjadi dingin, kamu bisa membuat adonan gulalinya.
  4. Campurkan gula pasir, air, pewarna makanan, dan asam citrum di sebuah wajan. Masak semua bahan tersebut dengan api sedang dan diaduk terus hingga mendidih.
  5. Jika adonan gugalinya sudah mendidih, jangan terlalu sering diaduk lagi, agar gula tidak kembali mengkristal.
  6. Untuk mengetahui adonan gulalinya sudah cukup kental atau belum, kamu bisa melihatnya. Ketika adonan sudah mendidih, maka akanĀ  berbusa.
  7. Apabila adonan sudah mendidih, kamu bisa mematikan kompornya. Bila busa dalam adonan tadi cepat hilang, maka kamu harus memasaknya kembali. Namun, jika busanya pada adonannya lama menghilang, maka adonan gula tersebut sudah pas tingkat kekentalannya. Dan sudah dapat dikatakan bahwa adonan gula tersebut telah menjadi gulali.
  8. Aduk gulali hingga busanya hilang dan warnanya berubah menjadi bening. Angkat wajan lalu tuang gulali yang masih panas ke dalam wajan lain yang sudah ditempatkan diatas bak yang sudah berisi air.
  9. Diamkan gulali tersebut hingga kental dan berubah menjadi sedikit mengeras.
  10. Setelah gulali mengental dan sedikit mengeras, ambilah gulali secukupnya dan bentuk melingkar seperti karet gelang.
  11. Gulingkan gulali yang sudah dibentuk tadi ke atas tepung terigu dan susu yang sudah disangrai sebelumnya. Sambil terus lipat dan dipilin ulang dan sesekali ditarik.
  12. Lakukan proses tersebut berulang kali hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Setelah itu kamu bisa mmebungkusnya dengan kemasan arum manis. Bisa dengan plastik, standing pouch ataupun cup.

Di Perancis juga Terdapat Sweety Arum Manis

Arum manis rambut nenek atau sweety arum manis tidak ahanya ada di Indonesia. Ternyata jajanan manis ini juga ada di beberapa negara lainnya, salah satunya yaitu di negara Perancis. Di Perancis, arum manis rambut nenek mendapat julukan Barbe a Papa yang mempunyai arti yaitu jenggot ayah. Namun, jika kita lihat-lihat lagi, bentuk sweety arum manis disana lebih mirip dengan permen kapas.

 

Dari pembahasan mengenai sweety arum manis. Jika kamu ingin membuatnya untuk oleh-oleh atau untuk dijual, kamu bisa melihat resep diatas. Kamu juga bisa mengkreasikan dengan sempe ataupun cake untuk menambah daya tarik sweety arum manismu.