Home news Cara untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk

Cara untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk

37
0
meningkatkan brand awareness produk

Strategi promosi untuk meningkatkan Brand Awareness produk adalah kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek, produk atau jasa.

Brand Awareness penting bagi bisnis karena konsumen cenderung membeli produk yang berasal dari merek yang mereka kenal.

Beberapa strategi yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan brand awarenesss. Penasaran dengan strategi apa saja yang digunakan? Simak ulasannya di bawah ini.

 

 

10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness

strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness

1. Buat Logo dan Tagline yang Menarik

Hal paling mendasar sebelum membangun bisnis adalah membuat logo dan tagline sendiri agar mudah dibedakan dengan brand lain. Logo dan tagline yang unik juga akan memudahkan konsumen mengingat brand Anda.

Buat logo ikonik dari produk, poster, situs web, media sosial, kartu nama, dan dokumen lainnya. Selain itu, buatlah tagline yang sederhana namun benar-benar mewakili brand.

Kedua hal ini dapat memudahkan orang mengingat brand Anda ketika mereka melihat atau mendengarnya.

2. Aktif di Media Sosial

Media sosial kini banyak digunakan sebagai sarana pemasaran suatu produk. Pasalnya, hampir semua masyarakat kini menghabiskan waktunya sehari-hari di media sosial.

Membangun image di media sosial disebut-sebut sebagai cara terbaik untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Melalui ini Anda bisa menjangkau konsumen dengan memanfaatkan platform yang mereka akses setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer ternama yang aktif di media sosial. Atau adakan kontes atau tantangan dengan menggunakan hashtag agar nama brand Anda bisa dikenal banyak orang.

3. Buat Website yang Menarik dan Informatif

Selain aktif di media sosial, Anda juga harus pintar-pintar menggunakan website yang Anda miliki. Buatlah tampilan yang menarik dan berikan informasi yang bermanfaat. Membangun website yang user-friendly sehingga mudah digunakan oleh konsumen.

Berikan juga informasi produk atau jasa yang ditawarkan secara lengkap dan mudah dipahami.

4. Mengikuti Event

Suatu acara biasanya dihadiri oleh banyak orang. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi sponsor atau membuka booth pada acara tersebut. Hal ini bisa membuat brand Anda lebih dikenal banyak orang.

Agar tepat sasaran, pilihlah event yang pesertanya sesuai dengan target pasar brand Anda. Selain itu, menghadiri acara dapat memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk mengenal merek secara langsung.

5. Co-Branding

Cara lain untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan berkolaborasi dengan brand lain. Strategi ini bisa digunakan untuk mengangkat citra kedua merek sekaligus.

Cara ini akan memperkenalkan brand Anda kepada calon konsumen dari berbagai brand. Anda dapat “bertukar” pelanggan dan bereksperimen dengan membuat dan memasarkan produk edisi terbatas.

6. Review Pelanggan

Sebelum membeli atau menggunakan suatu produk, pelanggan biasanya akan melihat terlebih dahulu ulasan orang lain mengenai produk tersebut.

Menurut sebuah survei, keputusan seseorang saat membeli suatu produk dipengaruhi oleh review orang lain. Oleh karena itulah review produk menjadi salah satu hal penting dalam meningkatkan brand awareness.

7. Content Marketing

Strategi ini banyak digunakan oleh hampir semua merek untuk meningkatkan Brand Awareness mereka. Anda juga dapat mencobanya pada merek Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Sebuah brand biasanya menghadirkan konten-konten yang memiliki nilai, baik itu informasi maupun hiburan bagi audiensnya.

Nilai inilah yang nantinya akan menarik khalayak atau calon konsumen untuk mengonsumsi konten merek tersebut atas kemauannya sendiri.

8. Menggunakan Influencer

Melalui media sosial, Anda bisa melakukan influencer marketing dalam strategi promosi Anda. Anda bisa berkolaborasi dengan influencer yang terkenal di media sosial untuk mempromosikan produk Anda.

Influencer biasanya sangat dipercaya oleh pengikutnya, sehingga produk atau layanan apa pun yang mereka gunakan bisa menjadi inspirasi bagi mereka.

Cara pemasaran ini akan sangat efektif ketika Anda baru saja merilis suatu produk. Melalui popularitas dan jangkauan influencer yang luas, orang dapat dengan cepat mengenali produk Anda.

9. Iklan Konvensional

Melalui periklanan melalui media konvensional seperti televisi, radio, billboard dan lain-lain, produk Anda dapat terekspos kepada khalayak luas.

Oleh karena itu, periklanan konvensional sudah lama menjadi andalan dalam menciptakan atau meningkatkan brand awareness.

10. Menerapkan Free dan Premium

Strategi promosi ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mencoba layanan secara gratis dari brand yang Anda miliki.

Jika pengguna merasa perlu melakukan upgrade atau menggunakan fitur tambahan, mereka dapat membayar lebih. Namun, jika pengguna hanya menginginkan layanan gratis, Anda tetap bisa memperoleh penghasilan dari iklan.

Meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan jasa SEO website. Pilihlah strategi yang dirasa cocok dan mudah diterapkan agar bisnis Anda bisa berkembang.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, jangan lupa untuk melakukan brand awareness.