Home Uncategorized Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce

Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce

85
0

Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce – Situs ecommerce adalah situs yang menjual produk atau jasa secara online. Situs ecommerce memiliki persaingan yang sangat ketat di mesin pencari seperti Google, karena banyaknya situs yang menawarkan produk atau jasa yang sama atau serupa.

Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang efektif untuk meningkatkan peringkat, traffic, dan konversi situs ecommerce Anda.

Salah satu strategi SEO yang penting dan efektif adalah strategi backlink. Backlink adalah tautan yang mengarah ke situs ecommerce Anda dari situs lain.

Backlink dapat memberikan sinyal positif kepada Google bahwa situs ecommerce Anda adalah situs yang relevan, berkualitas, dan berotoritas. Anda perlu memilih dan mendapatkan backlink yang berkualitas untuk situs ecommerce Anda.

 

Apa itu Backlink Berkualitas dan Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce?

Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce

Backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Relevan dengan niche atau topik situs ecommerce Anda
  • Memiliki otoritas domain (DA) dan otoritas halaman (PA) yang tinggi
  • Memiliki traffic dan indexing yang tinggi
  • Memiliki konten orisinal dan menarik
  • Tidak menggunakan taktik redirect atau spam
    Aman dan anti banned

Backlink berkualitas dapat memberikan manfaat bagi situs ecommerce Anda, antara lain:

  • Meningkatkan kepercayaan dan kepercayaan pengunjung dan mesin pencari terhadap situs ecommerce Anda
  • Meningkatkan traffic dan konversi dari pengunjung yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan
  • Meningkatkan visibilitas dan peringkat situs ecommerce Anda di hasil pencarian lokal maupun global

 

Strategi Backlink Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Situs Ecommerce

Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk situs ecommerce Anda:

1. Buat Konten Unik yang Berkualitas

Konten adalah salah satu faktor utama yang menentukan kualitas backlink.Buatlah konten yang informatif, solutif, unik, dan menarik untuk situs ecommerce Anda.

Konten yang berkualitas akan menarik perhatian dan minat pengunjung untuk membaca, berbagi, dan memberikan backlink ke situs ecommerce Anda.

2. Tulis Panduan yang Lengkap dan Jelas

Panduan adalah salah satu jenis konten yang paling banyak dicari dan dibagikan oleh pengunjung. Tulislah panduan yang lengkap dan jelas tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan di situs ecommerce Anda.

Panduan yang lengkap dan jelas akan memberikan nilai tambah bagi pengunjung dan membuat mereka lebih percaya dan puas dengan produk atau jasa Anda.

Panduan juga akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan backlink dari situs lain yang mengutip atau merujuk ke panduan Anda.

3. Gunakan Infografik untuk Mendapatkan Backlink di Situs Ecommerce

Infografik adalah salah satu jenis visual yang paling efektif untuk mendapatkan backlink. Infografik dapat menyajikan data atau informasi secara menarik, mudah dipahami, dan mudah dibagikan.

Buatlah infografik yang relevan dengan niche atau topik situs ecommerce Anda. Infografik juga dapat meningkatkan brand awareness dan traffic ke situs ecommerce Anda.

4. Tulis Testimoni atau Ulasan

Testimoni atau ulasan adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan backlink dari situs lain. Tulislah testimoni atau ulasan yang positif dan jujur ​​tentang produk atau jasa dari situs lain yang relevan dengan niche atau topik situs ecommerce Anda.

Jangan lupa untuk menyertakan link ke situs ecommerce Anda di dalam testimoni atau ulasan Anda. Testimoni atau ulasan juga dapat meningkatkan kredibilitas dan kredibilitas situs ecommerce Anda.

5. Bangun Link Melalui Konten Listicle

Konten listicle adalah konten yang berisi daftar atau list tentang sesuatu, misalnya 10 Produk Terbaik untuk Kecantikan Kulit, 7 Cara Menghemat Biaya Belanja Online, dll. Konten listicle adalah konten yang populer dan banyak dibaca oleh pengunjung.

Bangunlah link melalui konten listicle dengan cara menyertakan produk atau jasa dari situs ecommerce Anda di dalam list yang Anda buat. Konten listicle juga dapat meningkatkan traffic dan konversi ke situs ecommerce Anda.

6. Lakukan Link Gap Analysis

Link gap analysis adalah analisis untuk menemukan backlink yang dimiliki oleh pesaing Anda, tetapi tidak dimiliki oleh situs ecommerce Anda.

Link gap analysis dapat membantu Anda menemukan peluang untuk mendapatkan backlink berkualitas dari situs yang sama dengan kompetitor Anda. Anda bisa menggunakan alat seperti Ahrefs, Moz, atau Semrush untuk melakukan analisis kesenjangan tautan.

7. Mulai Blogging Tamu

Pengertian dari guest blogging adalah cara untuk menulis konten di situs lain sebagai tamu atau kontributor.

Guest blogging dapat memberikan backlink berkualitas ke situs ecommerce Anda, jika Anda menulis konten yang relevan, berkualitas, dan sesuai dengan standar situs tuan rumah.

Guest blogging juga dapat meningkatkan eksposur dan otoritas situs ecommerce Anda di mata pengunjung dan mesin pencari.

8. Cari Broken Link untuk Membangun Backlink

Broken link adalah link yang rusak atau tidak berfungsi karena halaman yang dituju dihapus, URL diubah, atau nama domain kedaluwarsa. Tautan yang rusak dapat merugikan pengalaman pengguna dan peringkat situs.

Anda bisa mencari tautan rusak yang mengarah ke situs pesaing Anda dengan menggunakan alat seperti Check My Links, Broken Link Checker, atau Screaming Frog.

Kemudian, Anda bisa menghubungi pemilik situs yang memiliki tautan rusak dan menawarkan konten dari situs ecommerce Anda sebagai pengganti tautan yang rusak tersebut.

9. Gabung Organisasi Bisnis

Organisasi bisnis adalah organisasi yang berisi para pelaku bisnis dari berbagai bidang atau industri.

Bergabung dengan organisasi bisnis dapat memberikan backlink berkualitas ke situs ecommerce Anda, jika organisasi tersebut memiliki situs web resmi dan memberikan profil atau anggota direktori.

Organisasi bisnis juga dapat memberikan jaringan dan hubungan bisnis yang bermanfaat bagi situs ecommerce Anda.

10. Turut Aktif di Forum

Forum adalah tempat untuk berdiskusi, bertanya, atau berbagi informasi tentang berbagai topik.

Turut aktif dalam forum yang relevan dengan niche atau topik situs ecommerce Anda dapat memberikan backlink berkualitas ke situs ecommerce Anda, jika Anda memberikan jawaban, saran, atau solusi yang bermanfaat bagi pengguna forum.

Forum juga dapat memberikan traffic dan konversi dari pengguna forum yang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

Penutup Strategi Backlink untuk Situs Ecommerce

Demikianlah artikel tentang strategi backlink untuk situs ecommerce yang saya buat untuk Anda. Semoga bermanfaat dan membantu Anda meningkatkan peringkat, lalu lintas, dan konversi situs ecommerce Anda di mesin pencari.

Ingin website Anda berada di halaman pertama Google dengan cepat dan mudah? Gunakan Jasa Backlink PBN dari Punca Media Digitala ! Jasa Backlink PBN menyediakan backlink berkualitas tinggi dari website dengan DA dan PA yang tinggi, traffic yang tinggi, dan konten yang original.

Tim Punca Media Digitala melalui Jasa Backlink PBN akan meningkatkan relevansi, otoritas, dan popularitas website Anda di mata Google. Jasa Backlink PBN , solusi terbaik untuk website Anda!