Home news SEO Internasional vs. Lokal

SEO Internasional vs. Lokal

68
0

SEO Internasional vs. Lokal adalah dua pendekatan berbeda dalam praktik optimasi mesin pencari (SEO). Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian mesin yang ditelusuri, tetapi keduanya berfokus pada pasar dan audiens yang berbeda. Berikut perbandingan antara SEO internasional dan lokal:

SEO Lokal:

  1. Fokus pada Lokasi Geografis: SEO lokal fokus pada peningkatan peringkat situs web Anda di hasil pencarian yang relevan dengan lokasi geografis tertentu. Ini sangat penting untuk bisnis atau situs web yang melayani pelanggan di suatu kota, daerah, atau negara bagian tertentu.
  2. Penargetan Kata Kunci Lokal: Anda akan mengoptimalkan situs Anda untuk kata kunci yang berhubungan dengan lokasi geografis Anda, seperti “restoran di Jakarta” atau “bengkel motor di Surabaya.”
  3. Google Bisnisku dan Daftar Lokal: Mendaftar bisnis Anda di Google Bisnisku dan direktori lokal lainnya adalah bagian penting dari SEO lokal. Ini membantu bisnis Anda muncul dalam hasil pencarian lokal dan pada peta Google.
  4. Ulasan dan Reputasi Lokal: Ulasan positif dari pelanggan lokal dapat sangat mempengaruhi peringkat Anda dalam hasil pencarian lokal. Meminta ulasan dan menjaga reputasi online yang baik adalah bagian penting dari strategi SEO lokal.
  5. Pemantauan Lokal: Anda perlu memantau perkembangan Anda dalam hasil pencarian lokal dan beradaptasi dengan perubahan dalam kompetisi lokal.

SEO Internasional:

  1. Fokus Global: SEO internasional ditujukan untuk bisnis atau situs web yang ingin menjangkau audiens global. Cocok untuk bisnis e-commerce, situs berita, atau situs web dengan audiens internasional.
  2. Penargetan Kata Kunci Internasional: Anda akan mengoptimalkan konten Anda untuk kata kunci yang relevan dengan pasar global, tanpa fokus khusus pada lokasi geografis tertentu.
  3. Tag HReflang: Tag HReflang digunakan untuk memberi tahu mesin telusur tentang versi konten yang sesuai dengan bahasa atau lokasi geografis pengguna. Ini membantu mencegah duplikat konten di berbagai bahasa atau wilayah.
  4. Optimasi Multibahasa: Jika Anda menargetkan berbagai bahasa, Anda perlu mengoptimalkan konten Anda dalam bahasa-bahasa tersebut dan mempertimbangkan preferensi bahasa pengguna.
  5. Pemantauan Global: SEO internasional memerlukan pemantauan yang luas, memeriksa kinerja Anda di berbagai pasar dan bahasa.

Seringkali, bisnis memiliki perpaduan dari keduanya, di mana mereka mengoptimalkan secara lokal untuk wilayah tertentu dan secara internasional untuk audiens global. Pilihan antara SEO lokal dan internasional akan tergantung pada target bisnis Anda dan audiens yang ingin Anda capai. Penting untuk merencanakan strategi SEO yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

 

Adanya SEO Internasional vs. Lokal mencerminkan perbedaan dalam sasaran pasar dan tujuan bisnis. Setiap jenis SEO memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda, dan pilihan antara keduanya tergantung pada karakteristik bisnis Anda dan audiens yang ingin Anda capai. Berikut adalah alasan mengapa ada SEO lokal dan internasional:

1. Fokus pada Audiens yang Berbeda:

  • SEO Lokal: Digunakan oleh bisnis atau situs web yang melayani pelanggan di lokasi geografis tertentu, seperti toko fisik lokal, restoran, atau jasa bisnis yang beroperasi di satu daerah.
  • SEO Internasional: Digunakan oleh bisnis atau situs web yang ingin menjangkau audiens global, seperti bisnis e-commerce, penyedia layanan online, atau situs berita internasional.

2. Penargetan Kata Kunci yang Berbeda:

  • SEO Lokal: Mengoptimalkan situs web untuk kata kunci lokal, seperti “hotel di Bali” atau “dokter gigi di Jakarta.”
  • SEO Internasional: Mengoptimalkan situs web untuk kata kunci yang berhubungan dengan produk atau layanan yang relevan secara global, tanpa fokus khusus pada lokasi geografis.

3. Tujuan Bisnis yang Berbeda:

  • SEO Lokal: Bertujuan untuk meningkatkan kunjungan ke toko fisik, perluasan merek lokal, dan menjangkau pelanggan lokal.
  • SEO Internasional: Bertujuan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan online, dan memperluas cakupan bisnis ke tingkat global.

4. Strategi dan Taktik yang Berbeda:

  • SEO Lokal: Melibatkan taktik khusus seperti pendaftaran di direktori lokal, optimasi Google Bisnisku, dan fokus pada ulasan pelanggan lokal.
  • SEO Internasional: Memerlukan taktik seperti penggunaan tag hreflang, konversi multibahasa, dan pemantauan kinerja di berbagai pasar internasional.

5. Dampak Peringkat yang Berbeda:

  • SEO Lokal: Dampaknya terutama terlihat dalam hasil pencarian lokal dan peta Google.
  • SEO Internasional: Dampak terlihat dalam hasil pencarian global dan pencapaian pangsa pasar internasional.

6. Biaya dan Sumber Daya yang Berbeda:

  • SEO Lokal: Biasanya memerlukan biaya dan sumber daya yang lebih rendah karena fokus pada pasar yang lebih kecil.
  • SEO Internasional: Dapat memerlukan investasi yang lebih besar dalam hal penelitian, pemasaran, dan pengembangan situs web multibahasa.

Dengan memahami perbedaan antara SEO lokal dan internasional, bisnis dapat merencanakan strategi SEO yang sesuai dengan tujuan mereka dan karakteristik audiens yang ingin mereka capai. Seringkali, bisnis dapat menggabungkan kedua jenis SEO jika mereka memiliki pasar lokal dan global yang berbeda.

baca juga : jasa penulisan artikel seo