Home Tips Tips Memilih Pinjaman Online Bunga Rendah Agar Tidak Rugi

Tips Memilih Pinjaman Online Bunga Rendah Agar Tidak Rugi

107
0

Pinjaman online rupanya menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun mendadak. Nasabah bisa mendapatkan pinjaman dengan syarat yang relatif gampang, cepat serta aman. Selain itu, sejumlah perusahaan bahkan menawarkan bunga rendah.

Pinjaman bunga rendah ini hadir untuk memudahkan nasabah tanpa terbebani biaya cicilan. Namun, banyak pula nasabah yang merasa terjebak karena hal tersebut. Inilah tips mengenai memilih pinjaman dengan bunga rendah yang wajib disimak.

1. Memahami Keuangan Pribadi

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman, nasabah sebaiknya mengetahui keuangan pribadi dan kebutuhan lainnya. Pinjaman online dengan bunga rendah seringkali membuat nasabah terbebani cicilan tiap bulannya. Oleh karena itu, jumlah pinjaman harus disesuaikan dengan kondisi keuangan agar tidak menjadi beban.

2. Memilih Pinjaman Online Terpercaya dan Resmi

Penyedia pinjaman yang legal saat ini sudah di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nasabah sebaiknya mengecek perizinan lewat situs resmi OJK atau di nomor 157. Hal ini dilakukan untuk menghindari perusahaan ilegal yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah.

3. Mengecek Persyaratan

Setiap perusahan memiliki persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan pinjaman bunga rendah. Nasabah disarankan untuk membacanya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika melakukan pinjaman. Selain itu, tanyakan pihak customer service untuk informasi yang lebih detail.

4. Memastikan Penyedia memiliki Website dan Aplikasi

Memiliki website atau aplikasi rupanya menjadi syarat yang dipenuhi perusahaan untuk memperoleh legalitas OJK. Selain meyakinkan, adanya aplikasi atau website dapat memudahkan nasabah untuk memperoleh informasi mengenai perusahaan serta layanannya.

Nasabah juga menjadi lebih mudah dalam mengakses pinjaman sesuai dengan syarat dan prosedur yang berlaku. Tidak hanya itu, nasabah bisa menghubungi layanan call center secara online kapan saja.

5. Membandingkan Bunga dan Biaya

Selain persyaratan, nasabah perlu membandingkan biaya serta bunga di beberapa penyedia pinjaman. Pastikan nasabah memilih pinjaman dengan bunga kompetitif supaya tidak memberatkan ketika membayar cicilan tiap bulan.

Biasanya perusahaan yang diawasi OJK menentukan bunga tidak lebih dari 0,4% per hari sesuai anjuran pemerintah. Oleh karena itu, nasabah perlu menghindari perusahaan yang menawarkan bunga dengan tarif besar.

Demikian pembahasan tentang tips seputar memilih pinjaman online dengan bunga rendah. Pastikan untuk memilih penyedia pinjaman resmi dan mengantongi izin OJK. Hal ini agar nasabah terhindar dari kerugian dan beban cicilan di masa depan.