Home news Pengertian Iklan Elektronik beserta Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh

Pengertian Iklan Elektronik beserta Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh

202
0
Pengertian Iklan Elektronik beserta Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh

Pengertian Iklan Elektronik-Tentunya jika kita berbicara tentang media elektronik yang saat ini ada banyak sekali, bahkan hampir setiap orang memiliki sarana elektronik terutama untuk berkomunikasi atau mencari hiburan. Oleh karena itu, perkembangan iklan elektronik juga semakin berkembang.Saat ini banyak pemilik produk yang sering beriklan di media elektronik. Jika Grameds ingin tahu lebih banyak tentang iklan elektronik

Pengertian Iklan Elektronik

Pengertian Iklan Elektronik,Sebagai media periklanan baru, media elektronik telah menciptakan fondasinya sendiri saat ini. Ada beberapa iklan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda. Nah, iklan elektronik adalah salah satunya. Jenis iklan ini merupakan iklan yang paling tepat untuk mempromosikan berbagai produk, baik berupa barang maupun jasa.

Perlu juga dicatat bahwa televisi, yang sekarang menjadi alat rumah tangga, telah menjadi salah satu gambaran terbaik dari iklan elektronik. Ada yang suka film harian, sinetron, berita, komentator bola atau apapun, iklan pasti akan muncul di berbagai channel TV. Jadi, iklan elektronik merupakan jenis iklan yang dipublikasikan melalui banyak sekali media elektro misalnya televisi, radio, & internet.

Pengertian Iklan Elektronik beserta Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh

Baca juga Cara download video tiktok Tanpa watermark Mudah dan Cepat

Di era digital dan bergerak cepat seperti saat ini, masyarakat menggunakan berbagai media elektronik untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, terutama dalam hal hiburan dan informasi. Sekarang kebutuhan tersebut dapat disebut secara sederhana atau lebih tepatnya melalui media elektronik seperti radio, televisi dan internet.

Hal ini juga memicu banyak perkembangan, salah satunya adalah periklanan. Artinya, iklan yang semula digunakan di media cetak sudah mulai merambah ke media elektronik. Iklan elektronik dengan demikian merupakan iklan yang ditayangkan di berbagai jenis media elektronik, mulai dari radio, televisi hingga media lainnya yang dapat diakses melalui internet.

Ciri-Ciri Iklan Media Elektronik

Ciri utama iklan elektronik adalah sifat-sifat iklan yang ditampilkan, yaitu terbatas pada suara (audio) atau suara dengan gambar (audio-visual). Layar elektronik juga punya waktu untuk menampilkan layarnya. Pada saat yang sama, bahasa iklan elektronik harus menarik, mudah dipahami, dan persuasif.

Dalam iklan elektronik pun, penggunaan bahasa harus efektif agar pesan mudah tersampaikan. E-advertising juga menggunakan bahasa yang sopan dan tepat. Sopan berarti tidak menyinggung kelompok tertentu, namun tetap sesuai dengan tujuan iklan yang ditayangkan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang iklan elektronik, Anda perlu mengetahui karakteristik iklan elektronik. Berikut ini adalah ciri-ciri iklan elektronik.

1. Biasanya berupa cerita pendek. Durasi atau waktunya biasanya singkat. Misalnya, jika iklan mie terlalu lama durasinya, biasanya dipangkas dengan memotong bagian iklan tersebut.

2. Pemilihan kata yang menarik, logis dan langsung ditujukan kepada kelompok sasaran.

3. Bahasa yang digunakan menarik, mudah dipahami dan meyakinkan. Selain itu, bahasanya cukup santun dan tepat.

4. Kata-kata yang digunakan persuasif dan informatif. Misalnya, iklan yang dirancang untuk mencegah nyamuk terkena demam berdarah, seperti “Jangan ragu untuk membersihkan bak mandi agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aides.”

5. Gunakan kata-kata yang disarankan kepada beberapa orang. Kata-kata yang digunakan dalam iklan elektronik menekankan informasi yang lebih penting seperti nama dan fitur produk.

6. Misalnya ada iklan losion antinyamuk yang tentunya lebih menonjolkan manfaat dari iklan nyamuk tersebut yaitu untuk kulit terutama perlindungan dari gigitan nyamuk.

7. Penggunaan komponen atau iklan berupa suara, gerak dan gambar. Misalnya ada iklan obat sakit kepala, dan tentunya ada suara dan gambar orang sakit kepala.

8. Penggunaan efek suara seperti ucapan, musik dll.

9. Iklan yang ditampilkan dapat berupa video, animasi, suara dan gambar. Misalnya iklan obat nyamuk bakar, ada yang ribut dan orang merokok obat nyamuk bakar.

10. Fungsi periklanan berupa iklan audio atau suara di radio. Walaupun iklannya berupa suara dan gambar, seperti iklan di televisi.

Pengertian Iklan Elektronik beserta Ciri-Ciri, Jenis, dan Contoh

Jenis-Jenis dan Contoh Iklan Elektronik

Alasan penggunaan media elektronik bisa karena banyak alasan yang sah, salah satunya adalah menggunakannya untuk mempromosikan keahlian seseorang dan untuk segala hal mulai dari bisnis hingga barang, jasa, dll.

Sebagai media periklanan baru, media elektronik telah menciptakan fondasinya sendiri saat ini. Media elektronik adalah cara hemat biaya bagi pengiklan untuk berkomunikasi satu sama lain, baik melalui alat media dan jaringan atau media sosial seperti televisi atau internet.

Pada dasarnya iklan elektronik ada berbagai jenis, dengan masing-masing jenis selalu berhubungan dengan media iklan yang digunakan. Jenis-jenis iklan elektronik sebagai berikut:

1. Iklan radio                                                      2. Iklan pasar di TV                                          3.Iklan video Youtube                                4.Iklan produk di pasar                                5.Iklan TV

Di saat hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan perangkat elektronik, maka semakin banyak iklan elektronik yang menggunakan perangkat tersebut. Karena dengan iklan elektronik, kemungkinan besar banyak orang akan tahu tentang produk tersebut.

Demikian pembahasan tentang iklan elektronik. Media elektronik apa yang ingin dipromosikan oleh Grameds?