Home news Pengaruh Sosial Media dalam Branding, Wajib Anda Tau!!

Pengaruh Sosial Media dalam Branding, Wajib Anda Tau!!

30
0

Pengaruh sosial media dalam branding memang memberikan pengaruh positif dalam artian sangat menguntungkan bagi para pebisnis.

Seperti yang ditunjukkan oleh studi yang dilakukan oleh Altimeter Group, pengaruh utama media sosial bagi perusahaan adalah mencapai berbagai tujuan bisnis.

Secara umum, perusahaan mengalami peningkatan pertumbuhan penjualan setiap tahunnya. Selain itu, menggunakan jasa kelola sosmed memberikan pengaruh positif bagi bisnis. Berikut beberapa pengaruh positif sosial media dalam branding.

 

 

Pengaruh Media Sosial dalam Branding

pengaruh sosial media dalam branding

1. Dapat Membantu Meningkatkan Traffic

Sebuah website bisnis membutuhkan trafik yang baik agar bisnisnya dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Salah satu pengaruh menguntungkan dari media sosial adalah mampu memberikan traffic ke website bisnis dari waktu ke waktu, karena traffic website terus meningkat. Semakin banyak pengunjung yang Anda miliki, semakin baik kinerja website Anda.

Dengan meningkatkan traffic akibat pengaruh media sosial, bisnis berkembang pesat. Bisnis berbasis online sangat membutuhkan traffic untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengunjungi website, otomatis bisnis dapat berkembang dan mudah dikenali.

2. Konsumen Lebih Tertarget

Pengaruh menguntungkan media sosial bagi bisnis berikutnya adalah Geo-targeting. Media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki alat pendukung yang membantu Anda menyajikan informasi yang tepat bagi konsumen.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis travel dan ingin mempromosikannya melalui Instagram, maka Anda bisa memposting foto yang dilengkapi fitur lokasi atau hashtag.

Dengan memanfaatkan fitur lokasi Instagram, pemasaran bisnis akan lebih tepat sasaran, karena khalayak yang ingin mengunjungi lokasi wisata bisa tertarik dan berpeluang menjadi konsumen.

3. Keunggulan Kompetitif

Seperti penelitian yang dilakukan Funk melalui tes psikologi, 80% perusahaan yang aktif di satu atau lebih saluran media sosial ternyata memiliki kemampuan mendengarkan pesan pesaing.

Jadi, salah satu pengaruh media sosial terhadap bisnis adalah memungkinkan perusahaan mengembangkan strategi dan taktik bisnis yang secara langsung melawan inisiatif pesaing.

Situasi ini akan membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang lebih.

4. Biaya Terkendali

Pengaruh media sosial terhadap bisnis terlihat pada penggunaan biaya untuk branding atau promosi.

Secara umum, biaya pemasaran produk ke jutaan konsumen melalui media sosial cukup rendah sehingga dapat mendukung upaya perusahaan dalam mengendalikan biaya lainnya. Misalnya biaya untuk penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan.

Sebuah perusahaan biasanya dapat memanfaatkan media sosial untuk menjangkau beberapa pelanggan dalam satu iklan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan iklan televisi yang membutuhkan biaya tinggi.

5. Lebih Dekat dengan Konsumen

Media sosial merupakan alat yang tepat untuk menciptakan hubungan dengan konsumen.

Jika dulu hubungan antara produsen dan konsumen cenderung setelah terjadi transaksi, maka pengaruh media sosial telah mengubah hubungan yang dibangun sebelum, saat, dan setelah konsumen menggunakan suatu produk atau jasa.

Sebelum bertanya lebih lanjut mengenai suatu produk, konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu melalui konten-konten di media sosial yang mereka gunakan.

Selanjutnya konsumen kemungkinan besar akan menanyakan informasi lebih lanjut mengenai produk yang diinginkan.

Dan pada tahap akhir, setelah konsumen menggunakan produk, konsumen dapat berkomentar atau memberikan feedback terhadap produk yang telah digunakannya.

6. Media Sosial untuk Mengenal Satu Sama Lain

Bisa dibilang media sosial adalah rumah kedua bagi setiap penggunanya. Di tempat yang sama, mereka bisa berkomunikasi, bercanda, saling menyapa, dan lain sebagainya.

Ikatan persahabatan dan kekeluargaan begitu kuat. Bahkan, bisa jadi ada di antara mereka yang belum pernah mengadakan pertemuan atau kopdar.

Hal serupa juga berlaku ketika tim pemasaran atau kru perusahaan menerapkan strategi branding melalui media sosial. Bahasa yang digunakan untuk menyapa pelanggan juga dibuat lebih ramah. Umumnya sapaan “Kak” digunakan untuk mewakili keakraban.

7. Memiliki Efek Viral yang Cepat

Dengan kata lain, media sosial ibarat panggung yang bisa disaksikan banyak orang. Namun ukuran panggungnya sangat besar sehingga semua pengguna bisa masuk dan berpartisipasi. Baik sebagai pemain panggung atau sebagai pendengar.

Di sisi lain, efek viral di media sosial juga bisa berpengaruh positif bagi brand. Misalnya saja ketika ada objek wisata yang baru dibangun.

Hanya dengan mengunggah beberapa foto, video dan berbagi pengalaman, dalam waktu singkat tempat wisata tersebut langsung menjadi populer.

Dengan beberapa informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh media sosial tidak selalu bermanfaat bagi bisnis. Untuk mendapatkan manfaat lainnya Anda dapat menggunakan jasa kelola sosmed.

Namun pengaruh media sosial juga akan memberikan pengaruh buruk atau negatif jika tidak dikelola dengan baik. Sebelum terjun ke dunia bisnis, sebaiknya pahami dulu pengaruh media sosial agar pemasaran digital semakin sukses dan optimal.