Home news Tips Pembuatan Logo Bisnis yang Kreatif dan Menarik

Tips Pembuatan Logo Bisnis yang Kreatif dan Menarik

23
0
pembuatan logo bisnis yang kreatif

Memiliki fungsi layaknya nama manusia, pembuatan logo bisnis yang kreatif menjadi salah satu penentu identitas sebuah brand. Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari cara membuatnya, ada beberapa tips membuat logo perusahaan yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Anda membutuhkan tip? Sebab, membuat logo untuk sebuah brand ternyata tidak semudah kelihatannya lho. Sebuah logo harus memiliki koneksi dan desain yang dapat mewakili nilai-nilai sebuah bisnis.

Selain itu, desainer juga harus memastikan logo yang dibuatnya terlihat lebih unik dan berbeda dari perusahaan lain. Hal ini tentu tidak mudah bukan? Nah, agar Anda bisa mendesain logo perusahaan Anda dengan rapi, simak tujuh tips membuat logo yang telah kami kurasi di bawah ini!

 

Tips Pembuatan Logo Bisnis yang Kreatif

pembuatan logo bisnis yang kreatif

1. Gunakan Teknik Visual Double Entendre

Double entendre adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu gambar yang memiliki 2 arti. Trik ini bisa digunakan ketika Anda ingin membuat logo untuk sebuah perusahaan.

Pasalnya, menurut Mayven Studios, desain visual double entendre akan memberikan kesan cerdas dan artistik pada logo tersebut. Desainnya dapat memberikan nama brand tanpa perlu mencantumkannya sebagai teks pada logo.

Oleh karena itu, tips ini akan membuat logo perusahaan Anda mudah diingat oleh pelanggan.

2. Sesuaikan Padanan Warna

Tips selanjutnya yang perlu Anda ikuti saat membuat logo perusahaan adalah dengan selalu mengatur kecocokan warna. Warna mempunyai arti tersendiri, dan dapat digunakan secara efektif dalam logo untuk mengomunikasikan nilai dan ide suatu merek.

Oleh karena itu, penting bagi desainer untuk menggunakan palet warna yang saling melengkapi, menurut Venngage. Bahkan, kombinasi warna yang tepat juga bisa membuat logo terlihat lebih hidup dan realistis sehingga relevan di benak pelanggan.

3. Gunakan Font yang Sudah di Custom

Banyak sekali logo yang hanya sekedar tulisan. Hal ini sebenarnya cukup wajar karena tipografi saat ini sedang menjadi tren di kalangan desainer.

Namun, untuk mendapatkan kesan lebih personal dan unik, desainer perlu menggunakan font yang telah mereka sesuaikan secara mandiri.

Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan stock font yang umumnya tersedia di software desain logo. Namun, font kreatif yang sesuai dengan visi dan misi merek akan terlihat jauh lebih autentik.

4. Manfaatkan Logotype

Beberapa brand besar memilih menggunakan nama brand tersebut sebagai logonya. Oleh karena itu, mereka mengambil alternatif dan membuat logotype sebagai rencana desain logo perusahaan.

Nah, logotype sendiri merupakan sebuah desain yang menempatkan nama brand sebagai fokus utama desainnya.

Seperti yang dikatakan oleh Design Crowd, penggunaan design plan ini cocok sebagai salah satu tips bagi Anda yang ingin membuat logo perusahaan.

Sebab, desain ini dapat langsung mengaitkan nama brand dengan identitas visual logo tanpa menimbulkan kebingungan bagi pelanggan.

Keunggulan seperti ini menjadikan desain logotype sebagai senjata ampuh bagi sebuah perusahaan dalam menyebarkan identitas mereknya.

5. Rancang Desain yang Simpel

Mendengar kata Apple atau Nike, yang terbayang adalah desain logo minimalis yang mengesankan. Ide ini terbentuk karena desain logo mereka yang sederhana dan tidak merepotkan.

Ya, menurut pemaparan Designs Hack, desain yang sederhana ternyata bisa memberikan kesan brand yang kuat dan berkelas.

Padahal, desain yang sederhana dapat memberikan karakter pada sebuah logo, membuatnya terlihat unik, dan memberikan makna filosofis yang lebih dalam. Tips ini juga sangat relevan terutama bagi pemula yang ingin membuat logo perusahaan.

Jika Anda merasa kemampuan desain Anda kurang bagus, jangan khawatir. Menggunakan jasa desain logo dapat membantu dalam membuat desain yang sederhana, hasil desain logo tetap dapat tersampaikan kepada pelanggan

6. Ciptakan Logo yang Mudah Dikenal

Logo yang sukses adalah logo yang mudah dikenali dan unik untuk suatu merek. Meski proses pembuatannya terdengar sulit, nyatanya tidak. Dengan simbol atau gambar umum, Anda bisa menambahkan sedikit sentuhan menarik agar terlihat berbeda dan unik.

Selain itu, bagaimana caranya agar logo mudah dikenali? Caranya dengan memadukan warna dan membuat logo yang mirip dengan nama brand.

7. Selipkan Makna pada tiap Elemen

Logo bukan sekedar gambar yang ditentukan secara acak yang dicetak pada kartu nama. Aspek penting dalam menentukan identitas merek ini mempunyai fungsi lebih dari itu.

Padahal, logo merupakan representasi sebuah merek dengan cerita dan makna unik di baliknya. Makna sebuah logo bisa hadir dalam bentuk tersirat maupun tersurat.

Memasukkan makna ke dalam elemen desain bukanlah pekerjaan mudah. Oleh karena itu, tips menciptakan makna pada logo perusahaan yang perlu Anda ketahui adalah dengan menggunakan warna.

Oleh karena itu, cobalah memberikan pola dan kombinasi warna pada setiap elemen logo. Tidak perlu terlalu terang, yang penting warnanya bisa memberikan kesan identitas brand.

Itulah tips membuat desain logo yang perlu diketahui oleh para desainer. Meski tidak mudah dalam mengeksekusinya, namun dijamin semua trik dan contoh di atas bisa membuat logo brand perusahaan Anda menarik dan menarik minat pelanggan.

Jadi, apakah Anda kini siap menjadi desainer profesional? Atau masih ingin mempelajari dasar-dasar dunia desain? Jangan khawatir, Anda bisa mempelajari dan menggunakan jasa desain logo yang tersedia dengan desain yang beragam dan bagus.