Home news Bisnis Gula Semut Tembus Pasar Internasional

Bisnis Gula Semut Tembus Pasar Internasional

83
0

Pangsa pasar gula semut sekarang ini sudah menduniai, hal ini dikarenakan keuntungan dari usaha gula semut yang  sangat menjanjikan serta kandungan nutrisi dari gula semut yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.Ingin tahu bagaimana bisnis gula semut bisa tembus samapi ke pasar internasional? Yuk simak ulasannya!

pangsa pasar gula semut.jpg

Gula semut merupakan salah satu produk lokal yang banyak diproduksi oleh kelompok tani atau petani-petani yang ada di seluruh milayah indonesia.Seperti para produsen gula semut yang ada di milayah Kebumen, Yogyakarta, Bali juga wilayah lain yang bisa memproduksi gula semut yang berkualitas hingga berhasil memasarkannya ke mancanegara.

Kunjungi juga: Mesin pembuatan gula semut

Pangsa Pasar Gula Semut Tembus Pasar Internasional

Kebanyakan gula semut berkualitas yang dipasarkan secara internasional ini ditujukan untuk negara-negara di wilayah Eropa, Amerika, Australia, Jepang dan wilayah lainnya.Banyak orang dari beberapa negara di atas yang meggemari gula semut untuk menemani seduan kopi dengan beragam jenisnya.Pada dasarnya gula semut memiliki kandungan kadar glukosa yang lebih rendah jika di bandingkan dengan gula pasir lainya yang berbahan dasar dari tebu.Sehingga gula semut dinilai lebih aman untuk dikonsumsi oleh tubuh sehari-hari.Meminimalisir faktor risiko terkena diabetes dan bisa memenuhi kadar gula yang di butuhkan oleh tubuh dengan cepat.

Gula semut juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki rasa manis yang tidak terlalu mencolok atau tidak terlalu dominan, sehingga ketika gula semut disedu dalam kopi dengan berbagai ragam jenis kopi yang berbeda-beda tetapi, cita rasa kopi tidak akan berbeda atau berubah karena kadar manis pada gula semut yang netral.Sebap para penikmat kopi cenderung tidak ingin cita rasa kopi itu hilang karena rasa manis dari gula yang terlalu berlebihan atau tinggi.

Kandungan dari gula semut lebih sehat jika dibandingkan dengan gula pasir biasanya, sehingga menjadikan gula semut memiliki pangsa pasar yang lebih luas.Semua orang bisa mengkonsumsi gula semut tanpa harus khawatir dengan kondisi kesehatan tubuh.Seperti untuk orang-orang yang mengidap diabetes, kolestrol, atau pun orang yang beresiko terkena diabetes.

Permintaan pasar internasional terhadap gula semut yang tercatat pada tahun 2014 senilai USD34,7 ribu kemudian, di tahun 2017 naik sekitar 27% menjadi senilai USD48 ribu.Angka tersebut menunjukan bahwa peluang bisnis gula semut patut dicoba dan dikembangkan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.Sebab dengan keadaan tersebut bisnis gula semut sangat menjanjikan untuk di kembangkan dan makin luas pula pangsa pasar internasionalnya.

Produsen di Indonesia

Menurut catatan kementrian perindustrian pada tahun 2018 Kabupaten Purworejo merupakan salah satu wilayah yang merupakan pelopor penghasil gula semut di Provinsi Jawa Tengah.Koperasi Wanita Srikenda sebagai orang yang mengelolanya dengan rata-rata produksi sebanyak 75 ton tiap bulannya.

Rata-rata para produser gula semut di indonesia masih melakukan pengolahan dengan cara konvensional.Tidak jarang jika permintaan pasar tidak sebanding dengan jumlah produksi gula semut itiu sendiri.Maka dari hal itu sangat penting untuk melakukan evaluasi tentang bagaimana cara yang tepat untuk meningkatkan jumlah dengan seiring bertambahnya permintaan pasar.

Pendamping dan dukungan terhadap pelaku bisnis gula semut semakin ke sini juga semakin bertambah.Banyak pelaku atau orang yang melakukan bisnis gula semut yang melakukan pendampingan atau kerja sama dengan para petani gula semut guna untuk menghasilkan produk gula semut yang berkualitas sehingga bisa bersaing di pasaran.Bukan hanya itu para petani juga sudah secara mandiri berinisiatif untuk membentuk koperasi tani agar bisa berkaloborasi dan memperbesar peluang untuk pengembangan bisnis gula semut.

Seiring dengan bertambahnya permintaan pasar lokal dan internasional terhadap gula semut ini mendorong para pelaku usaha gula semut agar melakukan peningkatan kapasitas produksinya terhadap gula semut.Bukan tanpa alasan,ketika pelaku bisnis gula semut tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar maka kesempatan tersebut bisa diambil alih oelh pihak lain yang lebih mempunyai modal besar.

Bagaimana? apakah anda tertarik untuk melakukan usaha gula semut terkait dengan pangsa pasarnya yang sangat luas?.Semoga penjelasan ini bisa membantu anda untuk menemukan jawaban yang tepat.