Home news Panduan Membuat Kopi V60 Kopi Manual yang Menyegarkan

Panduan Membuat Kopi V60 Kopi Manual yang Menyegarkan

103
0
Panduan Membuat Kopi V60

Panduan membuat kopi V60 bukan hanya minuman sehari-hari; itu adalah ritual yang membawa kesenangan dan ketenangan bagi banyak pecinta kopi di seluruh dunia.

Salah satu cara yang semakin populer untuk menikmati kopi berkualitas adalah dengan menggunakan metode pour-over, khususnya metode V60. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi panduan lengkap tentang cara membuat kopi V60 yang menyegarkan.

Apa Itu Metode V60?

Metode V60 adalah metode pour-over yang berasal dari Jepang. Nama V60 berasal dari desain dripper yang memiliki sudut kemiringan 60 derajat. Alat V60 terbuat dari berbagai bahan, seperti keramik, kaca, atau plastik, dan dilengkapi dengan kertas penyaring kopi khusus.

Persiapan Awal

Sebelum Anda mulai menyeduh kopi V60, pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar yang akan Anda perlukan:

1. Alat V60 (dripper) dan wadah penyaring kertas V60.
2. Kettle dengan leher panjang.
3. Kopi berkualitas (bijian utuh) yang sudah digiling medium, sekitar seperti bijian gula pasir.
4. Air bersih dan dingin.
5. Termometer (opsional).
6. Timer.

Langkah-langkah Membuat Kopi V60

1. Panaskan Air

Panaskan air hingga mencapai suhu sekitar 90-96°C. Penting untuk menggunakan air yang baru disuling atau air yang sudah disaring untuk menghindari rasa yang tidak diinginkan.

2. Pasang Kertas Penyaring

Letakkan wadah penyaring kertas V60 di atas cangkir atau teko yang Anda gunakan untuk menyeduh. Kertas penyaring harus diletakkan dengan benar di dalam alat V60, pastikan lipatan terakhir menghadap ke luar.

3. Rendam Kertas Penyaring

Tuangkan sedikit air panas ke atas kertas penyaring untuk membilasnya dan memanaskan wadah. Ini juga membantu menghilangkan rasa kertas yang mungkin ada dalam kopi Anda.

4. Tambahkan Kopi

Letakkan alat V60 yang sudah siap di atas timbangan atau cangkir yang akan Anda gunakan untuk menyeduh. Tambahkan kopi yang sudah digiling ke dalam penyaring V60. Berat kopi yang ditambahkan harus sesuai dengan rasio yang Anda inginkan (misalnya, 15 gram kopi untuk 250 ml air untuk rasio 1:16).

5. Mulai Seduhan

Saat air telah mencapai suhu yang tepat, mulailah seduhan. Tuangkan air dengan gerakan perlahan dan seragam di atas kopi. Lakukan ini secara merata untuk membasahi semua biji kopi. Tunggu sekitar 30 hingga 45 detik untuk proses perendaman awal, yang disebut “bloom.” Selama bloom, kopi akan melepaskan gas karbon dioksida, menciptakan gelembung-gelembung kecil.

6. Seduh Secara Perlahan

Setelah bloom, lanjutkan dengan menuangkan air ke dalam alat V60 dengan gerakan melingkar yang lambat. Tujuan adalah untuk mempertahankan level air yang seragam di atas kopi tanpa mencapai tepi penyaring. Bila perlu, gunakan termometer untuk memastikan air tetap pada suhu yang diinginkan.

7. Tunggu dan Saksikan

Panduan Membuat Kopi V60

Biarkan air meresap melalui kopi dengan lembut. Hasilnya adalah tetesan kopi yang jatuh dengan lambat ke dalam wadah di bawahnya. Ini adalah momen yang paling menyenangkan dari proses ini, di mana Anda bisa melihat kopi berkualitas tinggi sedang tercipta.

Nikmati keindahan proses kreatif membuat kopi V60 Anda sendiri dengan panduan sederhana kami. Buat kopi segar yang mendalam dalam setiap tegukan dan rasakan perbedaan yang sejati dalam kualitas rasa kopi Anda

8. Sajikan

Setelah semua air telah melewati kopi, Anda akan memiliki secangkir kopi V60 yang siap disajikan. Nikmati aroma dan cita rasa kopi segar yang Anda buat dengan tangan Anda sendiri.

Membuat kopi V60 adalah seni yang memadukan kesabaran, perhatian terhadap detail, dan kualitas bahan-bahan yang baik. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan bisa membuat kopi manual yang menyegarkan dengan mudah.

Selain itu, eksplorasi dalam memilih biji kopi yang berbeda dan mengatur rasio air-ko-fi sesuai dengan selera Anda akan membawa Anda lebih dekat ke pencapaian kopi sempurna sesuai selera Anda. Jadi, jadilah kreatif dan nikmati prosesnya!