Home Informasi Keamanan Server Website Terbaik: Apa yang Perlu Diperhatikan?

Keamanan Server Website Terbaik: Apa yang Perlu Diperhatikan?

93
0
Keamanan Server Website Terbaik

Keamanan Server Website Terbaik – Website adalah salah satu aset digital yang sangat penting bagi bisnis, organisasi, atau individu. Website tidak hanya berfungsi sebagai media informasi, promosi, atau transaksi, tetapi juga sebagai representasi identitas dan kredibilitas. Oleh karena itu, menjaga keamanan website adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik website.

Namun, tidak semua website memiliki tingkat keamanan yang sama. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keamanan website, salah satunya adalah server website. Server website adalah tempat dimana website dan data terkait disimpan dan diakses oleh pengguna. Server website yang tidak aman dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti pencurian data, injeksi malware, perusakan software dan hardware.

Cara Memilih Server Website Terbaik untuk Menjamin Keamanan Website

Keamanan Server Website Terbaik

Lalu bagaimana caranya?, Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Pilih provider hosting yang terpercaya

Provider hosting adalah penyedia layanan server website yang akan Anda gunakan untuk menyimpan website Anda. Provider hosting harus menyediakan keamanan yang maksimal untuk melindungi data pelanggan yang tersimpan di server. Beberapa fitur keamanan website server yang ditawarkan oleh provider hosting adalah:

  • Firewall. Firewall adalah sistem keamanan yang berfungsi untuk memblokir akses yang tidak sah dari luar atau dalam jaringan.
  • Antivirus. Antivirus adalah program keamanan yang berfungsi untuk mendeteksi dan menghapus virus, malware, spyware, dan ancaman lainnya yang dapat merusak website Anda.
  • SSL. SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol enkripsi yang digunakan untuk mengamankan komunikasi antara server dan browser. SSL dapat mencegah penyadapan data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang.
  • Backup. Backup adalah proses menyimpan salinan data website Anda di tempat lain sebagai cadangan jika terjadi sesuatu pada server utama.
  • Proteksi DDos. DDos (Distributed Denial of Service) adalah serangan siber yang bertujuan untuk membuat server website tidak dapat diakses dengan mengirimkan banyak permintaan palsu. Proteksi DDos adalah layanan keamanan yang dapat mengatasi serangan DDos dengan memfilter permintaan yang valid dan tidak valid.

2. Gunakan password yang kuat

Password adalah kunci untuk mengakses server website Anda. Jangan pernah menggunakan password yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata umum. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang kuat. Jangan lupa untuk mengganti password secara berkala dan tidak membagikannya kepada orang lain.

3. Rutin mengupdate website

Website yang tidak diupdate dapat menjadi celah bagi hacker untuk menyusup dan melakukan serangan siber. Update website meliputi update software, plugin, tema, dan konten. Update website dapat meningkatkan performa, fungsionalitas, dan keamanan website Anda.

4. Menginstall plugin keamanan

Plugin keamanan adalah aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda meningkatkan keamanan website Anda. Beberapa plugin keamanan yang populer adalah:

  • Wordfence Security. Wordfence Security adalah plugin keamanan WordPress yang dapat membantu Anda mencegah serangan brute force, malware scan, firewall, login limit, dll.
  • Sucuri Security. Sucuri Security adalah plugin keamanan WordPress yang dapat membantu Anda memantau aktivitas website Anda, menghapus malware, melindungi dari serangan DDos, dll.
  • iThemes Security. iThemes Security adalah plugin keamanan WordPress yang dapat membantu Anda mengubah port standar, menonaktifkan akun root, mengunci file penting, dll.
  • All In One WP Security & Firewall. All In One WP Security & Firewall adalah plugin keamanan WordPress yang dapat membantu Anda mengatur level keamanan website Anda sesuai dengan preferensi Anda.

5. Memasang SSL

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol enkripsi yang digunakan untuk mengamankan komunikasi antara server dan browser. SSL dapat mencegah penyadapan data oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. SSL juga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website Anda, karena mereka akan melihat ikon gembok hijau di sebelah alamat website Anda.

6. Menonaktifkan akun root

Akun root adalah akun administrator yang memiliki akses penuh ke server website Anda. Akun root sangat berisiko jika disalahgunakan oleh hacker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menonaktifkan akun root dan membuat akun user biasa dengan hak akses terbatas.

7. Merubah port standar

Port adalah nomor identifikasi yang digunakan untuk menghubungkan server dengan jaringan internet. Port standar adalah port default yang digunakan oleh protokol tertentu, seperti port 80 untuk HTTP atau port 22 untuk SSH. Port standar mudah dikenali oleh hacker dan dapat menjadi sasaran serangan siber. Oleh karena itu, sebaiknya Anda merubah port standar menjadi port acak yang sulit ditebak.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih server website terbaik yang menjamin keamanan website Anda. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko serangan siber dan menjaga reputasi website Anda.

Tingkatkan Performa Website Anda dengan Jasa Maintenance dari Punca.id!

Website Anda bisa bermasalah kapan saja. Jangan biarkan hal itu merusak bisnis Anda. Serahkan pada ahlinya, Punca.id! Punca.id adalah agen digital marketing profesional dan berpengalaman, Punca.id hadir dengan jasa maintenance website yang akan menjaga website Anda agar selalu aman, cepat, dan terawat. Cek jasa maintenance website dari Punca.id sekarang!