Home news Mengapa Presiden AS Joe Biden Tidak Ikut Gala Dinner KTT G20 Bali

Mengapa Presiden AS Joe Biden Tidak Ikut Gala Dinner KTT G20 Bali

20
0

kab. gresik – Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak datang ke gala dinner G20 Summit di Bali. Pihak Gedung Putih berkata Presiden Biden sedang sibuk. Gala dinner KTT G20 Bali digelar pada Selasa (15/11/2022) malam di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

“Ini adalah hari yang panjang dan ia (Biden) punyai hal-hal yang perlu ia urus Namun, pihak Gedung Putih turut memberikan bahwa tidak tersedia masalah serius.

termasuk sempat melihat dikala rombongan kendaraan dengan bendera Amerika Serikat berada di kawasan Nusa Dua. Lalu lintas sempat disetop gara-gara tersedia kendaraan Biden berkenan lewat.

Anehnya, kendaraan Joe Biden melalui kurang lebih pukul 19.38 WITA di dekat Media Center G20 di Bali International Convention Center (BICC). Padahal, acara gala dinner sudah dimulai.

Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri India Narendra Modi, Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, hingga Presiden Prancis Emmanuel Macron terlihat datang di acara.

Acara makan malam ini disiarkan secara langsung. Para hadirin termasuk di sajikan performa budaya.

Pada Rabu 16 November 2022, G20 Summit dapat memasuki hari terakhir. Sejumlah pemimpin dunia dijadwalkan dapat berpidato pada sore harinya. Uni Eropa termasuk mengupayakan sehingga aksi perang Rusia dapat dikecam di deklarasi G20 Bali.

Jokowi Pakai Baju Adat Bali

Presiden RI Joko Widodo tiba di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali untuk melangsungkan makan dengan kepala negara bagian G20 dan tamu undangan lainnya.

Presiden Jokowi singgah dengan Ibu Negara Iriana. Keduanya cocok mengenakan pakaian adat Bali, disempurnakan dengan sejumlah aksesoris menonjol lainnya layaknya kuncir kepala dan keris yang terpasang di punggung.

Kedatangan Jokowi ini kemudian dapat disusul oleh kepala negara G20 dan tamu undangan lainnya.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana sudah ditutup bagi lazim dan arus lalu lintas di kurang lebih wilayah tersebut, termasuk diperketat keamanannya