Home news Strategi Membangun Personal Branding di Media Sosial

Strategi Membangun Personal Branding di Media Sosial

27
0
membangun personal branding di media sosial

Membangun personal branding di media sosial di tengah pesatnya perkembangan teknologi membuat berbagai jenis media sosial bermunculan dengan tingkat pengguna yang tinggi.

Jika dimanfaatkan dengan bijak, media sosial bisa memberikan dampak baik bagi Anda. Salah satunya adalah dengan membangun citra diri atau yang lebih sering disebut dengan personal branding.

 

 

Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial

membangun personal branding di media sosial

1. Kenali Diri Anda

Menciptakan pribadi yang baik tentunya harus didasari oleh kejujuran. Anda harus menjadi diri sendiri, dan menampilkan diri Anda yang sebenarnya.

Memang tidak menutup kemungkinan Anda membangun karakter yang benar-benar berbeda dari Anda untuk kebutuhan konten. Namun hal ini akan sangat memakan energi.

Anda harus mengenali bakat dan kelebihan Anda, serta Anda mengenali kelemahan dan kekurangan Anda. Dengan menjadi diri sendiri, Anda dapat menunjukkan kepada dunia digital siapa diri Anda yang sejati, konsisten dan berkarakter murni.

2. Membuat Nama yang Menarik

Langkah selanjutnya adalah menggunakan nama yang menarik. Bisa menggunakan kombinasi nama dan skill kalian. Nama ini menjadi identitas pertama yang wajib Anda gunakan di semua platform media sosial.

Pemilihan nama juga bisa diselaraskan dengan personal branding yang diinginkan, tergantung tampilan digital yang Anda inginkan seperti apa. Jika Anda termasuk tipe orang yang memiliki selera humor, tak ada salahnya menggunakan nama yang nyentrik.

3. Buat Profil yang Menarik

Setiap media sosial pasti mempunyai kolom khusus untuk deskripsi diri. Manfaatkan kolom itu untuk menceritakan biografi singkat Anda. Ini adalah cara paling efektif untuk menarik perhatian orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Pastikan juga profil Anda di media sosial diperbarui secara berkala. Pasalnya, profil yang sering diupdate memiliki peluang lebih besar untuk dilihat oleh khalayak di dunia digital. Profil yang selalu up to date juga membuat orang yakin bahwa akun Anda asli.

4. Strategi Konten

Dunia digital berputar begitu cepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang sedang membangun branding untuk memiliki strategi penerbitan konten.

Buat konten sebanyak mungkin secara konsisten. Meski begitu, tetap menghadirkan konten yang digarap dengan serius.

Untuk membangun strategi konten Anda dapat menggunakan jasa kelola sosmed. Sebelumnya, temukan passion Anda terlebih dahulu, dan buatlah konten yang sesuai dengan passion tersebut.

Posting konten di waktu yang tepat, agar lebih banyak orang yang bisa melihat konten Anda. Pedoman untuk membuat konten yang baik bersifat objektif. Tidak ada salahnya mengangkat tema konten yang sudah pernah dibicarakan orang lain.

Hanya saja Anda harus cerdik dalam melihat sisi lain dari topik yang sama, sehingga dapat merangsang daya pikir para pengikut Anda di media sosial untuk menyampaikan pendapatnya.

5. Buat Koneksi

Di era digital, menjadi seorang singlefighter sangatlah sulit. Kecuali jika Anda mempunyai modal yang banyak, sehingga Anda bisa membeli semuanya, termasuk trafik digital. Jika belum, maka Anda harus bisa menjalin koneksi dengan sesama insan digital.

Bergabung dengan komunitas adalah cara terbaik untuk menjalin koneksi. Di komunitas yang sesuai dengan personal brand Anda, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu. Selain komunitas, Anda juga bisa menghadiri acara-acara tertentu yang berkaitan dengan dunia digital.

6. Konsisten dalam Gaya dan Suara

Konsistensi adalah kunci untuk membangun personal branding yang kuat. Anda bisa memulainya dengan menentukan gaya visual dan suara yang akan Anda gunakan dalam konten Anda, lalu menjaga konsistensi ini di semua platform media sosial yang Anda gunakan.

Ini membantu audiens mengenali Anda dengan mudah dan memperkuat citra diri Anda menjadi lebih menarik dan profesional.

7. Perhatikan Isinya

Contoh personal branding yang baik tercermin dari apa yang ditampilkan di media sosial. Konten harus bermanfaat dan informatif, serta menghindari konten yang bernuansa rasial, kontroversial, atau apapun yang dapat menimbulkan perpecahan.

Dengan mengisinya dengan konten-konten positif maka akun media sosial Anda akan menjadi referensi banyak orang.

8. Identifikasi Nilai dan Kepribadian

Personal branding yang kuat didasarkan pada nilai dan kepribadian yang konsisten. Oleh karena itu, cobalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai inti yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda.

Apakah Anda ingin dikenal sebagai orang yang inovatif, berani, atau mungkin ramah? Pastikan setiap aspek konten yang Anda buat mencerminkan nilai-nilai tersebut.

Masih banyak cara untuk menciptakan personal branding yang kuat. Setidaknya, 8 tips membangun personal branding di media sosial di atas bisa menjadi titik awal bagi Anda yang sedang mencoba berkarya di media sosial.

Anda bisa mencoba menggunakan jasa kelola sosmed untuk meningkatkan strategi personal branding. Selamat mencoba, ya!