Home Hiburan Manfaat serta Rekomendasi Lagu Anak Terbaru

Manfaat serta Rekomendasi Lagu Anak Terbaru

40
0

Merangsang pertumbuhan otak anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui lagu. Dulu Anda pasti juga pernah diajarkan banyak lagu anak-anak, namun sayangnya saat ini lagu yang khusus untuk anak-anak sudah jarang terdengar. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memilihkan lagu yang sesuai dengan usia anak mereka.

Nah, mendengarkan musik dan bernyanyi, ternyata juga dapat memberikan banyak manfaat untuk merangsang kecerdasan otak anak. Berikut beberapa manfaat tersebut:

1. Kemampuan Berbahasa
Lagu dapat merangsang anak untuk berbicara serta membaca dengan lebih cepat. Sebab, musik diketahui dapat merangsang perkembangan otak kiri yang berfungsi untuk mengatur kemampuan berbahasa dan berlogika.

2. Mengembangkan Otak
Anak yang lebih sering mendengarkan musik mempunyai fungsi otak yang lebih prima.

3. Mempertajam Ingatan
Lagu anak juga bisa loh mempertajam ingatan, fokus, dan bahkan konsentrasi anak. Anak yang suka mendengarkan musik dapat terlatih untuk memiliki ingatan yang lebih baik, sehingga Ia tetap bisa fokus mengerjakan banyak hal atau multitasking, meskipun itu terjadi hanya dalam waktu tertentu.

4. Meningkatkan Kemampuan Matematika
Adanya ketukan irama dalam musik membantu anak untuk bisa meningkatkan kemampuan berhitung.

5. Memperbaiki Suasana Hati Anak
Irama lagu anak-anak yang pada umumnya ceria dapat membantu memperbaiki suasana hati anak menjadi lebih riang. Selain itu, anak juga bisa lebih rileks, tidak stres dan mudah untuk beristirahat dengan lagu yang iramanya lebih pelan.

Nah, berikut 10 lagu anak-anak yang perlu Anda ketahui untuk merangsang pertumbuhan otak anak Anda.

1. Lihat Kebunku

Anda bisa mengajak anak bernyanyi sambil berdiri di halaman rumah. Melalui lagu ini, Anda dapat memperkenalkan anak dengan apa saja yang ada di halaman, seperti yang ada dilirik lagu, atau bisa juga Anda menyebutkan benda-benda lain yang ada di halaman rumah.

 

2. Satu-Satu Aku Sayang Ibu

Lagu ini tidak hanya dapat membantu anak untuk belajar berbicara, namun juga bisa mengajarkan dan mengenalkan arti kasih sayang pada anak, dan juga menanamkan pada dirinya untuk senantiasa menyayangi semua anggota keluarga. Melalui lagu ini, Anda bisa mengajak anak berbicara tentang rasa sayang yang dimiliki oleh anak kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

3. Lagu Selamat Ulang Tahun

Lagu ini adalah salah satu lagu yang disukai oleh anak-anak, terutama ketika mereka sudah memahami makna dari perayaan ulang tahunya. Lagu selamat ulang tahun bisa membuat anak terpancing untuk belajar bicara dengan lebih jelas, sebab pada lagu ini anak biasanya terlibat secara emosional. Selain membantu anak belajar berbicara, lagu ini juga sangat dinantikan oleh anak setiap saat, sebab selalu mengingatkannya pada acara ulang tahun yang meriah.

4. Baby Shark

Lagu Baby Shark sempat booming di kalangan orang tua dan anak-anak, sebab lagu ini memiliki irama yang ceria dan gerakan yang menyenangkan. Oleh karena itu, tidak heran kalau lagu ini direkomendasikan sebagai salah satu lagu anak yang cocok untuk membantu anak mengenal bahasa inggris.

5. Dua Mata Saya

Ini adalah lagu ciptaan Pak Kasur, salah seorang pencipta lagu anak-anak Indonesia yang ternama. Melalui lagu ini, anak belajar mengenal anggota tubuhnya. Selain itu, secara tidak langsung, anak juga dapat belajar berhitung dan mengenal angka.

Baca juga: 6 Rekomendasi Kartun yang Bisa Tingkatkan Pengetahuan Anak

 

6. Bangun Tidur

Lagu bangun tidur adalah lagu yang sudah cukup lama beredar. Lagu ini sering diajarkan oleh guru-guru PAUD atau TK pada murid-muridnya. Lagu ini menceritakan aktivitas anak setelah bangun tidur, yang tentunya berguna untuk membuat anak terbiasa dengan aktivitas tersebut. Lagu ini dapat juga Anda jadikan sebagai contoh untuk anak agar mereka mau menjaga kebersihan dan terbiasa untuk disiplin.

7. Kepala, Pundak, Lutut, Kaki

Lagu yang mengajarkan anak mengenal anggota tubuhnya ini sangat seru dan menyenangkan untuk dinyanyikan bersama. Nah, jangan lupa untuk bernyanyi sambil melakukan gerakan yang menunjukkan anggota tubuh yang disebut. Lagu yang satu ini juga tersedia dalam bahasa inggrisnya loh, yakni berjudul “head, shoulders, knees, and toes”. Jadi Anda bisa bernyanyi bersama anak dengan dua versi lagu yang sama-sama menyenangkan.

8. A, B, C

Dengan lagu A, B, anak bisa belajar mengenal huruf mulai dari A hingga Z. Biasanya anak-anak suka menyanyikan lagu ini sambil mendengar musiknya yang ceria. Selain membantu anak untuk menghafal huruf dengan mudah, lagu ini juga berguna untuk membantu pendengaran anak loh.

9. Abang Tukang Bakso
Lagu anak ini menceritakan tentang seorang anak yang ingin membeli semangkuk bakso. Dengan irama lagu yang ceria, lagu ini dapat mengembalikan mood anak. Ajaklah anak untuk bersama-sama menyanyikan lagu ini, agar Ia semakin senang.

10. Aku Indonesia
Aku Indonesia adalah lagu anak yang dinyanyikan oleh salah satu penyanyi yang disukai anak-anak, yakni Naura. Melalui lagu ini, Anda bisa mengenalkan anak dengan budaya Indonesia. Sehingga dapat membantu menumbuhkan rasa bangsa menjadi orang Indonesia pada anak.

Jadi, itulah 10 rekomendasi lagu anak-anak yang dapat merangsang pertumbuhan otak anak.

 

Referensi: lagu anak balita