Home makanan Makanan yang Terbuat dari Jagung Sebagai Makanan Pokok

Makanan yang Terbuat dari Jagung Sebagai Makanan Pokok

106
0
Makanan yang Terbuat dari Jagung

Makanan khas Indonesia bisa dibuat dari apa saja, termasuk jagung. Ada banyak makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung. Beberapa di antaranya digunakan sebagai makanan pokok. Lainnya sangat jarang. Lantas apa saja makanan jagung khas Indonesia ?

Makanan yang Terbuat dari Jagung

1. Nasi Jagung

Makanan yang Terbuat dari Jagung

Bisa dibilang makanan ini merupakan makanan jagung yang sangat populer. Beberapa daerah sering menjadikannya makanan pokok sehari-hari. Setiap daerah memiliki nama tersendiri untuk masakan khas Indonesia ini. Misalnya di Madura. Di sana, nasi jagung biasa dikenal dengan nama Nasek Ampog. Nasi jagung biasanya terbuat dari jagung tua yang direbus, dikupas dan dihaluskan. Kemudian sajikan dengan lauk dan sayuran.

2. Perkedel Jagung

Umpan ini tidak kalah populer dari umpan pertama. Makanan yang dikenal juga dengan nama bakwan jagung ini sering dijadikan sebagai lauk pauk. Baik di nasi tumpeng maupun nasi warteg.

Tortillanya sendiri terbuat dari parutan jagung yang dicampur dengan tepung kue. Adonannya sendiri biasanya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur dan bumbu lainnya. Kemudian digoreng dan berwarna kecokelatan.

3. Jagung Susu Keju (Jasuke)

Meski sering dijadikan sebagai jajanan populer, makanan ini dikenal sebagai salah satu jajanan terpopuler saat ini. Seperti namanya, hidangan ini terdiri dari sereal rebus yang ditaburi keju dan ditaburi susu kental manis. Hidangan khas Indonesia ini bisa ditemukan di mana saja. Di pinggir jalan atau di depan gerbang sekolah.

4. Tinutuan

Semua orang mengenal masakan ini sebagai Bubur Manado. Seperti namanya, tampilan makanan ini menyerupai bubur pada umumnya. Bedanya warnanya agak kekuningan.

Tinutuan sendiri terbuat dari jagung manis yang dicampur dengan nasi, labu, dan sayuran. Seperti kangkung dan bayam. Beberapa potongan ikan juga sering ditambahkan pada masakan khas Indonesia ini untuk menambah cita rasa. Tinutuan sangat cocok untuk menu sarapan.

5. Talam Jagung

Talam biasanya terbuat dari tepung beras. Namun, tidak dengan hidangan ini. Nampan ini terbuat dari bahan dasar jagung yang dicampur dengan beberapa bahan. Seperti santan, gula, garam dan bubuk hun kwe.

Makanan ini manis dan sedikit asin. Sayangnya, item ini jarang dijual sehingga sulit untuk sobat temukan.

6. Grontol

Sajian ini juga dikenal dengan sebutan bledus yang juga cukup sulit ditemukan. Namun, Anda tetap bisa membuatnya sendiri di rumah karena sangat mudah dilakukan.

Anda hanya perlu menaburkan biji jagung dengan sedikit kelapa, gula dan garam. Dulu, masakan ini sering dijual di pasar tradisional dan warung-warung dekat rumah.

7. Jagung Bose

Jika kamu datang ke NTT, jangan lupa untuk menyantap makanan khas Indonesia yang satu ini. Hidangan ini sering dijadikan hidangan utama dalam acara-acara besar di NTT. Namun, hidangan ini juga bisa disantap oleh pengunjung bahkan biasa dijadikan sebagai hidangan sehari-hari.

Untuk menjadi jagung bos, jagung harus dicampur dengan beberapa bahan. Dari kacang polong, kacang tanah, santan. Jagung bose tidak bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Tetapi juga dengan beberapa lauk pauk. Lauk pauk yang biasa digunakan adalah sei daging sapi dan ikan lawar.

8. Lepet Jagung

Masih ada makanan berbahan jagung yang mulai langka. Jagung salah satunya. Sajian di Jawa Tengah dan Timur ini biasa disantap dengan secangkir teh atau kopi.

Meski sangat jarang, Anda tetap bisa membuatnya sendiri di rumah. Hal ini tidak terlepas dari caranya yang tidak terlalu sulit. Teman-teman hanya perlu menggiling jagung menggunakan mesin giling jagung, lalu menekan jagung dengan alu hingga keluar sari jagung. Kemudian, campurkan jagung dengan gula pasir, kelapa, garam, tepung maizena, vanili, dan tepung terigu. Campur jagung dan semua bahan hingga rata.

 

Indonesia sepertinya memiliki banyak sekali makanan khas yang terbuat dari jagung. Beberapa di antaranya telah disebutkan di atas. Manakah dari indera ini yang telah atau ingin Anda coba ?

Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk.