Home news Macam Macam Tanaman Rumput Liar

Macam Macam Tanaman Rumput Liar

11
0
macam macam tanaman rumput

Anda ingin tahu macam macam tanaman rumput, Jika ingin tahu macam macam tanaman rumput, yuk simak artikel berikut ini.

Ada banyak jenis rumput di Indonesia, Artikel ini juga bagus untuk mereka yang memelihara ternak, memungkinkan Anda memilih rumput mana yang paling cocok untuk ternak Anda.

Berikut Macam Macam Tanaman Rumput Liar

macam macam tanaman rumput

Pada dasarnya semua tumbuhan rerumputan hidup adalah gulma, mungkin karena teksturnya yang indah dan penampilannya yang menyenangkan. Sebagian orang menggunakan rumput, sehingga namanya terkenal sampai sekarang.

Jenis rumput ada banyak, ada yang pendek tanpa batang tegak, ada yang seperti rumput jepang, dan ada rumput yang batangnya tinggi. Misalnya rumput gajah yang bisa tumbuh setinggi tebu.

Selain itu, ada juga berbagai jenis rumput yang memiliki batang dan daun namun bentuknya kecil.

Jenis ini biasanya tergolong hama yang merugikan bagi tanaman yang ditanam petani. Karena jenis gulma ini banyak terdapat pada tanaman sampingan seperti padi, kedelai dan tanaman padi lainnya.

Di bawah ini beberapa jenis rumput liar dan kegunaannya.

1. Tanaman Rumput Liar Ilalang/Alang-alang

Rumput jenis ini sering kita jumpai di pinggir jalan, di hutan maupun di sawah yang tanahnya telah mengering. Padahal rumput jerami karena perkembangannya mampu berkembang biak dengan sangat cepat pada keturunannya, ada beberapa faktor.

Antara lain cara hidup pada umumnya rerumputan jerami tumbuh berjumbai di beberapa tempat sehingga memudahkan penyebaran benih. Selain itu pola bunganya mirip dengan kapas sehingga sangat mudah terhembus jika terkena. . angin.

Rumput sering terlihat di banyak tempat yang pohonnya tinggi, padahal jika melihat kehidupan masyarakat. Sebagian besar masyarakat yang tinggal ditempat tersebut memiliki hewan ternak. Seperti sapi dan kambing, tetapi mengapa rumput dibiarkan tumbuh begitu tinggi, sehingga mati?.

Kalau dipikir secara logika ya dear, kenapa tidak dimudahkan makannya, nah untuk menjawab pertanyaan ini. Rumput jerami tidak cocok sebagai pakan ternak karena struktur rumputnya kaku, tipis dan tajam. Sehingga mulut hewan yang memakannya akan sakit dan karena itu tidak akan dimakan.

2. Macam Tanaman Rumput Liar Grinting

Rumput giling memiliki keunggulan tersendiri diantara jenis rumput lainnya, keunggulannya adalah daya tahannya yang tentunya akan tahan terhadap musim kemarau yang berkepanjangan, namun rumput ini juga tidak dibutuhkan oleh ternak.

Begitu banyak rerumputan yang terbengkalai, namun mulsa rumput sangat bermanfaat untuk mencegah erosi pada lereng karena akarnya cukup berserat dan kuat, sehingga dapat membuat tanah menjadi padat dan tidak mudah roboh.

Semula ilalang pemarah ini merupakan tanaman pesisir, namun kini perkembangannya sudah menyebar ke mana-mana, bahkan hingga ke sawah.

Di lahan sawah, gulma ini menjadi gulma yang sangat mengganggu pertumbuhan tanaman utama yang ditanam petani.

Hal ini sangat memprihatinkan para petani, pekerjaan mereka berlipat ganda, karena selain menyiangi juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk memastikan rumput keriting mati, karena rumput ini memiliki tingkat kelangsungan hidup yang kuat.

3. Tanaman Rumput Liar Teki

Rumput teki juga tersebar luas di berbagai tempat, namun lebih suka tumbuh subur di tempat yang kering tetapi basah, seperti tepian sungai, kanal, dan sawah.

Tanaman tahunan ini dapat tumbuh setinggi 140 cm. Daun tumbuh, biasanya sejajar di kedua sisi dan dibagi menjadi tiga bagian. Lengan bawah berwarna putih.

Di bawah batangnya, di antara akar-akarnya terdapat umbi-umbian yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang menemukan bahwa alang-alang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku bioetanol setelah beberapa kali proses fermentasi.

Ditumbuk hingga menjadi bubuk halus, kemudian bubuk tersebut difermentasi dengan bakteri Saccharomyces Cereviseae kemudian dimurnikan menjadi methanol. Selain itu, ubi jalar yang terdapat di rerumputan di puzzle juga bisa digunakan untuk mengusir kecoa.

Itulah Beberapa macam macam tanaman rumput, Jika Anda ingin mencacah rumput. Anda dapat mengunakan mesin pencacah rumput multifungsi yang dapat memudahkan Anda mencacahnya.