Home news Kertas Art Paper Untuk Mencetak Sampul Buku

Kertas Art Paper Untuk Mencetak Sampul Buku

10
0

Kertas Art Paper Untuk Mencetak Sampul Buku

Kertas Art Paper Untuk Mencetak Sampul Buku – Pada dasarnya terdapat berbagai macam pilihan kertas yang digunakan untuk cover buku di Jasa cetak buku murah. Jenisnya mulai dari kualitas lokal hingga impor. Ada juga kertas yang bertekstur licin maupun halus. Keduanya memiliki fungsi berbeda-beda tergantung media cetaknya.

Kertas Art Paper Terbaik Untuk Mencetak Sampul Buku

Memang banyak jenis kertas yang digunakan dalam mencetak sebuah sampul buku. Tetapi yang lazim dipakai adalah Art Paper atau banyak orang menyebutnya dengan Art Karton. Ini memiliki tekstur mengkilap dengan ketebalan yang berbeda mulai dari 150 gsm – 300 gsm.

Art Paper sendiri dibagi menjadi dua macam satunya adalah matte paper. Ini banyak digunakan di jasa cetak buku murah saat ini. Untuk sebuah sampul buku sebenarnya tidak harus menggunakan kertas ini. Ini karena sebuah cover dilakukan dilaminasi glossy untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Misalnya saja, buku novel yang biasanya menggunakan kertas art karton 230 GSM. Sementara itu untuk kertas art paper 140 GSM biasanya digunakan sebagai sampul untuk majalah. Ini akan memberikan penampakan desain menarik.

Keunggulan Art Paper

Selain banyak digunakan untuk berbagai kegiatan mencetak cover buku, art paper ternyata juga memiliki beberapa keunggulan. Berikut penjelasannya.

  1. Memiliki Pori-Pori Rapat

Salah satu ciri khas dari art paper adalah pori-porinya yang rapat. Untuk pemakaiannya biasanya dikombinasikan dengan penggunaan tinta pigmen. Ini akan menghasilkan warna terlihat lebih merata.

Oleh karena itu, Art paper bisa digunakan untuk mencetak dengan hasil maksimal. Ini juga menghasilkan warna yang cerah dan detail.

  1. Hasil Cetakan Elegan

Pada dasarnya Art Paper mempunyai sifat yang hampir mirip dengan kertas stiker di mana permukaannya bertekstur mengkilap atau glossy. Inilah yang membuat tampilannya semakin menarik.

Bagian permukaan glossy bisa ditemui di kedua sisi kertas. Dengan begitu pemakaian kedua sisi bisa membantu menghilangkan lengkungan serta membuat tinta menjadi lebih pekat.

Itulah penjelasan mengenai jenis kertas yang digunakan untuk sampul pada Jasa cetak buku murah. Pada dasarnya kertas ini menghasilkan finishing bagus dan memuaskan. Anda juga bisa membuat desain sendiri sesuai dengan keinginan.