Home news Kerajinan Dari Limbah Plastik Bekas

Kerajinan Dari Limbah Plastik Bekas

29
0
Kerajinan Dari Limbah Plastik Bekas

Anda ingin tahu kerajinan dari limbah plastik bekas, Jika ingin tahu kerajinan dari limbah plastik bekas, yuk simak artikel berikut.

Plastik adalah yang paling sulit terurai, sehingga menjadi sampah yang paling mencemari lingkungan. Akibatnya, banyak daerah di Indonesia yang mulai melarang penggunaan plastik sekali pakai, menggantinya dengan kantong atau lembaran.

Namun, pengolahan limbah sampah plastik juga dilakukan karena dapat berimplikasi ekonomis. Beberapa kerajinan tangan yang bisa Anda temukan antara lain tas dari kemasan deterjen, pakaian dari kemasan shampo dan asbak dari gulungan plastik bekas.

Kerajinan dari plastik bekas tidak hanya mudah, tetapi dapat memberikan tambahan penghasilan karena dapat memiliki nilai jual di masyarakat.

Agar kamu tidak penasaran dengan kerajinan plastik dan cara membuatnya. Simak ulasan dan inspirasi kerajinan plastik di bawah ini.

Berikut Kerajinan Dari Limbah Plastik Bekas yang jadi Referensi

Kerajinan Dari Limbah Plastik Bekas

1. Kerajinan Bunga dari limbah plastik

Contoh plastik yang mudah dibuat adalah bunga plastik. Anda bisa menggunakan botol bekas atau sedotan plastik bekas untuk membuat kerajinan ini.

Pastikan semua sampah dibersihkan dengan sabun. LaluĀ buat pola untuk membuat bunga yang Anda inginkan. Kerajinan bunga dari plastik bekas mudah dibuat.

Karena peralatan yang digunakan tidak banyak dan sulit ditemukan mis. penggaris, pensil, gunting untuk pisau. Namun, sebelum mulai memotong, buat dulu pola bunga yang diinginkan agar proses handmade tidak salah.

 

2. Kerajinan Pot tanaman dari botol bekas

Jika kamu memiliki botol air mineral bekas di rumah, kamu bisa mencoba membuat pot untuk tanaman. Ya, kerajinan berbahan plastik bekas, terutama botol, memang bisa kamu manfaatkan untuk membuat pot tanaman.

Selain mengurangi sampah plastik di TPA, mengubah botol bekas menjadi pot menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa menghilangkan stres.

Membuat dari plastik dan mengolahnya dalam wadah botol bekas sangatlah mudah. Bersamaan dengan gambar di atas, kamu bisa melihat cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas.

Namun, langkah pertama yang dilakukan Anda adalah mengumpulkan barang-barang bekas seperti botol plastik atau botol plastik.

Kemudian pada langkah kedua, buat pola elips pada badan botol kemudian gunting pola tersebut untuk membuat lubang. Pastikan Anda hanya membuat lubang di bingkai botol di sebelahnya lalu mengisinya dengan tanah dan tanaman.

3. Pot tutup botol plastik

Bukan hanya botol yang bisa dibuat menjadi pot. Tutup botol juga dapat digunakan sebagai plastik yang mudah digunakan yaitu pot.

Membuat pot bunga dari tutup botol memang butuh konsentrasi, namun Sedulur tentunya membuat kerajinan tangan dari plastik bekas.

Langkah pertama yaitu mengumpulkan sebanyak mungkin tutup botol plastik bekas. Kemudian susun tutup botol membentuk lingkaran dan rekatkan dengan lem Korea atau Tinggi.

Susun tutup botol secara konsisten dan akurat, pastikan tidak ada yang hilang. Akhirnya pot bekas tutup botol siap digunakan untuk tanaman

4. Dinding tutup botol plastik

Botol plastik tidak hanya digunakan pada pot tanaman. Namun ternyata tutup botol plastik bisa dijadikan hiasan dinding yang menakjubkan dan tentunya cantik.

Jika Anda ingin Sedulur membuat hiasan bunga, buatlah pola dengan pensil. Kerajinan bunga dari plastik tutup botol air mineral sangat sederhana.

Karena yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan tutup plastik dari botol air mineral dan menempelkannya di dinding tempat Anda membuat pola bunga.

Gunakan lem seperti lem Korea atau lem Castol untuk menempelkan tutup botol ke dinding.

5. Mainan pesawat anak

Kerajinan plastik yang mudah dibuat nantinya adalah mainan anak-anak. Banyak mainan anak yang bisa dibuat dari limbah botol plastik.

Ini termasuk pesawat terbang, mobil mainan, dan bahkan kapal. Jika Sedulur memutuskan membuat mainan pesawat terbang untuk anak-anak, Anda hanya perlu menyiapkan botol bekas, pisau, pensil, dan cat berwarna.

Seputar botol bekas kerajinan, dan juga gambar untuk mainan anak ini. Pertama buat skema bidang yang ingin Anda buat. Anda dapat menemukan ide-ide inspiratif di internet.

6. Mobil mainan

Bukan hanya dijadikan mainan pesawat terbang, ternyata botol plastik bekas juga bisa dijadikan mainan anak yang keren. Anda hanya perlu menyiapkan botol plastik bekas yang bisa ditemukan di lingkungan Anda.

Baru kemudian menyiapkan peralatan pendukung seperti gunting, cat, pisau sedotan bekas untuk dijadikan roda. Mobil mainan untuk anak-anak memiliki kerajinan plastik yang mudah dibuat.

Karena hanya empat lubang yang perlu dibor ke badan botol plastik. Kemudian masukkan sedotan plastik bekas ke dalam masing-masing lubang tersebut.

Selanjutnya buat lubang pada tutup botol plastik agar nantinya bisa ditempelkan pada kedua sedotan yang terpasang. Langkah terakhir: warnai mobil Anda sesuai selera dan akhirnya mobil mainan siap untuk diberikan kepada bayi.

Demikian pembahasan tentang aneka kerajinan tangan dari plastik bekas. Kehadiran plastik bekas dapat menimbulkan berbagai masalah seperti banjir selain mencemari lingkungan.

Jika Anda ingin membuat kerajinan dari limbah plastik, untuk memudahkan Anda membuatnya alangkah baiknya mengunakan mesin pencacah plastik yang bisa Anda dapatkan diĀ rumah mesin.