Home pendidikan Kekurangan dan Kelebihan Homeschooling

Kekurangan dan Kelebihan Homeschooling

21
0
berita pendidikan nasional terkini

Jika anda mempunyai rencana untuk mendaftarkan anak anda dengan sistem homeschooling, maka anda harus memahami beberapa kekurangan dan kelebihannya terlebih dahulu. Sama halnya dengan sekolah formal, sistem sekolah homeschooling juga mempunyai kelemahan dan kelebihannya sendiri. Jika anda sudah mengetahui kekurangan dan kelebihannya, maka anda bisa menjadi lebih siap dan anak anda juga merasa nyaman. Anda bisa dapatkan informasi kelebihan dan kekurangan homeschooling di berita pendidikan nasional terkini.

Kelebihan Homeschooling

Jadwal Pelajaran Lebih Fleksibel

Jadwal sekolah yang cenderung fleksibel menjadi salah satu pertimbangan utama saat memilih homeschooling. Fleksibel artinya pengaturan jam sekolah dapat anda sesuaikan berdasarkan keinginan. Bahkan hal tersebut bisa membantu anak anda menjadi lebih fokus belajar. Sistem homeschooling memang mempunyai waktu belajar lebih singkat, namun lebih berkualitas sehingga anak bisa tetap fokus.

Sistem Mengajar Fokus Pada Satu Anak

Kelebihan lainnya adalah anak bisa mendapatkan perhatian dari guru sepenuhnya jika dibandingkan di sekolah formal. Homeschooling bisa membantu anak tetap fokus dan mudah menyerap pelajaran. Anak lebih mudah paham sepenuhnya pada materi yang diberikan. Bahkan orang tua juga bisa memantau progress belajar.

Bisa Meningkatkan Quality Time

Maksud dari kata quality time disini adalah anda bisa menjalin hubungan dengan anak menjadi lebih erat karena sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah. Jadi hubungan antara anak dan orang tua semakin kuat. tak hanya itu saja, anda juga bisa menjadi lebih maksimal saat memantau perkembangan anak.

Kekurangan Homeschooling

Harga Cenderung Mahal

Tentu saja harga homeschooling lebih mahal jika dibandingkan dengan sekolah biasa. Pastikan anda bisa memilih homeschooling yang benar agar tidak terbuang sia-sia.

Anak Kurang Dalam Berinteraksi

Karena anak menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, salah satu kekurangan homeschooling adalah bisa membuat anak kurang dalam bersosialisasi. Kemampuan interaksi dan sosialisasi sangat penting dalam pertumbuhan anak. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa membiasakan anak untuk bertemu dengan anak seusianya, seperti mengikuti kegiatan lain.

Itulah beberapa kelemahan dan kelebihan sistem homeschooling. Jika anda ingin tahu berita seputar pendidikan, anda bisa dapatkan melalui berita pendidikan nasional terkini dari https://www.depoedu.com/.